Intip 6 Sekolah Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp2 Miliar

Laporan Briefly mengatakan, Collège Alpin Beau Soleil, Swiss merupakan sekolah dengan biaya paling mahal di dunia. Lalu berapa total biayanya?.

Intip 6 Sekolah Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp2 Miliar Ilustrasi biaya pendidikan I Billion Photos/Shutterstock

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan sumber daya manusia terkhusus bagi perkembangan anak. Maka dari itu, orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberi pendidikan berkualitas bagi anaknya. Pendidikan yang terbaik adalah hadiah yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak mereka.

Tidak jarang, banyak dari para orang tua rela merogoh kocek jutaan demi membayar biaya sekolah anak. Lembaga-lembaga sekolah termahal ini membantu para pelajar mencapai tujuan akademik dan karir mereka.

Berbicara mengenai biaya sekolah, laporan Briefly merangkum daftar sekolah termahal di dunia. Deretan sekolah ini memiliki berbagai fasilitas mewah seperti puri tepi danau, jacuzzi, hingga ruang sauna. Tidak hanya menawarkan berbagai fasilitas, beberapa lembaga sekolah ini juga memiliki program pembelajaran yang berkualitas.

Top 6 sekolah termahal di dunia 2021 I GoodStats

Laporan yang diterbitkan pada 11 Juli 2022 tersebut mengatakan, Collège Alpin Beau Soleil, Swiss merupakan sekolah dengan biaya paling mahal di dunia. Lalu berapa total biayanya? Berikut adalah daftar sekolah termahal di dunia.

1. Collège Alpin Beau Soleil, Villars-sur-Ollon, Swiss

Collège Alpin Beau Soleil I @BeauSoleil_ch/ Twitter

Masuk dalam peringkat pertama sekolah termahal di dunia, Collège Alpin Beau Soleil merupakan sekolah asrama yang hanya menerima 200 siswa setiap tahunnya, dan dalam satu kelas hanya dihuni empat orang siswa. Sekolah bergengsi tersebut sudah berdiri sejak tahun 1910.

Perkiraan biaya yang harus dibayarkan, yakni mencapai 123.328 dolar AS atau sekitar Rp1,8 miliar dolar AS per tahun dengan biaya seragam sekolah mencapai 6.200 dolar AS atau sekitar Rp92.910 atau hampir menyentuh angka seratus juta rupiah.

Sekolah ini menawarkan pemandangan lingkungan sekolah yang menghadap langsung ke Rhone Valley. Para siswa juga diberikan fasilitas berupa restoran mewah, pusat kesian, hingga pusat balapan yang harapannya dapat digunakan sebagai sarana mengasah kemampuan para siswa.

2. Institut Le Rosey, Rolle, Swiss

Institut Le Rosey, Rolle, Swiss / rosey.ch

Masih di negara Swiss, Institut Le Rosey, Rolle, Swiss menjadi sekolah termahal kedua di dunia yakni mencapai 129.192 dolar AS atau sekitar Rp1,93 miliar per tahun. Dengan biaya kuliah mahal tersebut, siswa diberikan fasilitas untuk berkuda, kolam renang se-ukuran Olimpiade, lapangan tenis, hingga tempat bermain ski. Fasilitas dan harga yang fantastis tersebut menjadikan sekolah ini serius untuk mendidik setiap siswanya. Bahkan, satu kelas hanya dihuni kurang dari 10 siswa saja.

Sekolah ini memiliki kegiatan harian yang sangat unik. Pada siang hari, siswa akan disuguhi makan prasmanan dan coklat panas, dan para siswa wajib mengenakan pakaian formal saat makan malam. Pada satu meja makan diperuntukkan bagi 6-8 siswa dengan 1-2 guru. Setiap siswa memiliki tempat duduk yang sudah ditandai dengan serbet pribadi.

3. Aiglon College, Villars-sur-Ollon, Swiss

Aiglon College, Villars-sur-Ollon, Swiss/aiglon.ch

Berlokasi di Pegunungan Alpen, Swiss, sekolah Aiglon College, Villars-sur-Ollon, menjadi sekolah ketiga termahal di dunia dengan total biaya 120.563 dolar AS per tahun atau sekitar Rp1.8 miliar.

Tidak heran, lulusan dari sekolah ini berasal dari keturunan bangsawan seperti, Putri Tatiana dari Yunani dan Denmark, Leka putra mahkota Albania, dan anggota keluarga bangsawan Borghese

Karena lokasi sekolah yang dekat dengan alam, Aigon College menyediakan kurikulum khusus seperti panjat tebing, berkemah, mendaki gunung, hiking, dan kayak.

4. St George's International School, Montreux Suisse, Swiss

St George's International School I schoolstgeorgeslux/Linkedin

Sekolah termahal nomor 4 di dunia ini merupakan lembaga yang dibangun oleh Lorna Southwell dan Osyth Potts, seorang lulusan bahasa Inggris dari Universitas Oxford pada 1927. Maka dari itu, kualitas pendidikan di sekolah ini tidak perlu diragukan lagi. Setiap tahun nya, para siswa wajib membayar 108.646 dolar AS atau sekitar Rp1,62 miliar.

George's International School memiliki lebih dari 64 cabang di Eropa, Asia-Pasifik, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Sekolah ini mempersiapkan para siswa untuk mendapatkan sertifikat pendidikan menengah internasional.

5. Leysin American School, Leysin, Swiss

Leysin American School, Leysin, Swiss / las.ch

Sekolah termahal yang ada dalam peringkat 5 besar, yakni Leysin American School, Swiss. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1960 ini menyediakan berbagai fasilitas mewah seperti klub ski, ballroom besar dan pusat kesenian. Maka dari itu total biaya yang harus dikeluarkan per tahunnya yakni sebesar 103.254 dolar AS atau sekitar Rp1.54 miliar.

Sekitar 12 persen siswa dari Leysin American School berasal dari orang Amerika. Orang ternama yang merupakan lulusan dari sekolah tersebut adalah Scions of Vanderbilt dan keluarga Rockefeller.

6. Hurtwood House School, Surrey, Inggris

Hurtwood House School, Surrey, Inggris /hurtwoodhouse.com

Lalu kemudian di posisi 6 teratas terdapat sekolah Hurtwood House School, Inggris dengan biaya mencapai 103.005 dolar AS atau sekitar Rp 1,53 miliar. Harganya yang fantastis menjadikannya sekolah dengan biaya tertinggi di Inggris.

Sekolah yang berdiri di tanah seluas 200 hektar ini memberikan sistem sekolah asrama tradisional. Hal ini dilakukan merupakan bentuk rasa hormat pada keunggulan akademik.

Selain nama-nama di atas, Briefly juga menyebut beberapa sekolah termahal lainnya seperti Collège du Léman, Versoix, Swiss dengan biaya 96.475 dolar AS, dan Brillantmont International School, Lausanne, Swiss sebesar 89.695 dolar AS.

Lalu kemudian disusul oleh Think Global School (87.870 dolar AS) dan The American school, Ticino, Swiss (87.295 dolar AS).

==

Mari menjadi bagian responden survei GoodStats mengenai "Preferensi Liburan Masyarakat Indonesia" dengan mengisi link survei berikut.

https/LiburanSobatGoodstats

Hadiah saldo eMoney bagi responden terpilih

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Supermarket dengan Gerai Terbanyak di Indonesia 2021
Artikel Selanjutnya Darurat Wabah Cacar Monyet, WHO Tegaskan Agar Perketat Pengawasan
Konten Terkait