Instagram vs Twitter: Mana Pilihan Penduduk Dunia?

Peluncuran Threads Instagram pada hari Rabu (5/7/2023) membuat persaingan kedua platform media sosial raksasa itu semakin memanas

Instagram vs Twitter: Mana Pilihan Penduduk Dunia? Ilustasi seseorang sedang menggunakan media sosial | RoBird/Shutterstock

Baru-baru ini, dunia dihebohkan dengan peluncuran aplikasi terbaru Meta yang digadang-gadang menjadi pesaing Twitter. Pada hari Rabu (5/7/2023), Meta merilis Threads, sebuah aplikasi bebasis text yang terhubung langsung dengan Instagram. Dalam kurun waktu kurang dari 1 hari, aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 50 juta kali.

Banyak pihak mengungkapkan bahwa Threads sejatinya adalah tiruan dari Twitter, bahkan Twitter juga berkata serupa. Threads sendiri adalah aplikasi berbasis text dengan tampilan yang hampir mirip dengan Twitter. Cara mengunduh Threads juga sederhana. Pengguna cukup masuk dengan akun Instagram masing-masing dan seluruh data dari akun tersebut akan otomatis masuk ke akun Threads. Akun Threads hanya bisa dihapus apabila akun Instagram juga dihapus.

Melihat hal ini, si Biru mulai memerah. Melansir CNN, Alex Spiro, salah satu pengacara untuk Twitter, kabarnya telah mengirimkan surat kepada CEO Meta, Mark Zucherberg atas tuduhan plagiarisme. Dalam surat tersebut, Twitter menuduh Meta mencuri informasi rahasia dari Twitter, bahkan sengaja mempekerjakan mantan pegawai Twitter untuk merancang aplikasi Threads tersebut.

Instagram dan Twitter memang pantas mendapat julukan rival lama. Dari tahun ke tahun, kedua aplikasi tersebut mengalami perkembangan yang signifikan. Hal tersebut terutama terlihat dari jumlah penggunanya yang terus menerus mengalami kenaikan.

Apabila diintip dari jumlah pengguna aktifnya, memang Instagram masih menang di atas Twitter. Hampir di setiap negara di dunia, jumlah pengguna Instagram mendominasi jumlah pengguna Twitter.

Per tahun 2023, terdapat 327,9 juta pengguna Twitter, membuatnya duduk di peringkat ke-15 media sosial yang paling aktif di dunia. Meski begitu, Instagram berhasil menorehkan prestasi dengan duduk di posisi ke-4 media sosial yang paling aktif digunakan di tahun 2023 dengan total users mencapai 1,6 miliar. Hal tersebut berarti 20,3% dari populasi dunia kini menggunakan Instagram.

Tidak berbeda jauh dengan preferensi dunia, jumlah pengguna Instagram di Indonesia juga jauh lebih banyak ketimbang Twitter. Indonesia merupakan negara ke-4 dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak di dunia tahun 2023, dengan jumlah users mencapai 106 juta. Pengguna Twitter di Indonesia sendiri jauh lebih sedikit, hanya 14,8 juta pengguna.

Tidak hanya di Indonesia, negara-negara lain juga nampaknya lebih memilih menggunakan Instagram ketimbang Twitter. Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah pengguna Twitter terbanyak di dunia, nyaris mencapai 65 juta penguna. Meski begitu, jumlah pengguna Twitter ini masih kalah dengan jumlah pengguna Instagram di Amerika Serikat yang mencapai 169 juta pengguna.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Mayoritas Warganet ASEAN Mengikuti Influencer di Media Sosial

Warganet ASEAN memiliki variasi besar dalam jumlah influencer yang mereka ikuti, dengan mayoritas mengikuti antara 1 hingga 10 influencer.

Influencer Manakah yang Paling Dipercaya Warganet ASEAN?

Di ASEAN, mega influencer memiliki tingkat kepercayaan warganet yang paling tinggi, yang mencerminkan pentingnya jumlah pengikut dalam pemasaran digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook