Pasca Dibekuk Jepang, Bagaimana Peluang Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar?

Jangan putus asa! masih ada beberapa skenario meloloskan Indonesia ke babak 16 besar.

Pasca Dibekuk Jepang, Bagaimana Peluang Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar? Pertandingan Indonesia vs Jepang | Foto: PSSI

Pertandingan penyisihan pada Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia melawan Jepang telah usai. Laga tadi dilakukan pada Rabu (24/01) di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar dengan wasit bernama Khamis Al-Marri asal Qatar.

Pertandingan ini harus diakhiri dengan hasil kekalahan Indonesia, dengan skor 3-1. Gol dari Jepang dicetak oleh Ayase Ueda pada menit ke-6 (melalui tendangan penalti) dan ke-52, serta gol bunuh diri dari Justin Hubner pada menit ke-88. Indonesia hanya bisa mencetak gol sekali melalui Sandy Walsh pada menit ke 90+1.

Meskipun begitu, antusiasme penonton pada laga kali ini cukup tinggi. Data dari AFC menyebutkan bahwa terdapat 26.453 penonton, membuatnya menjadi pertandingan di Grup D dengan penonton terbanyak kedua.

Dari sisi penguasaan bola, Indonesia tertinggal jauh dari Jepang, dengan presentase masing-masing di angka 27% dan 73%. Indonesia hanya mampu melakukan tembakan sebanyak 3 kali, sementara Jepang sebanyak 14 kali.

"Statistik ini menunjukkan bahwa Jepang memiliki kontrol yang lebih baik atas permainan dengan penguasaan bola yang lebih tinggi, jumlah operan yang jauh lebih banyak, dan akurasi operan yang lebih tinggi," menurut sebuah rilis pertandingan dari Akurat.

Poin akhir Grup D Piala Asia 2023

Poin akhir babak penyisihan Piala Asia 2023 pada Grup D

Sementara itu, pada pertandingan Grup D lainnya di jam yang sama, Irak berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-2 di Stadion Jassim bin Hamad Doha, Qatar.

Gol dari Irak dicetak oleh Rebin Sulaka pada menit ke-47 dan Aymen Hussein pada menit ke-73 dan ke-90+12 (penalti). Sementara itu, gol dari Vietnam dicetak oleh Bùi Hoàng Việt Anh pada menit ke-42, serta Nguyễn Quang Hải pada menit ke-90+1

Alhasil, pada klasemen akhir Grup D Piala Asia 2023, Irak sukses bertengger di puncak klasemen Grup D dengan total 9 poin, disusul Jepang dengan total 6 poin. Hal ini membuat kedua tim ini dipastikan lolos ke babak selanjutnya yaitu 16 besar.

Sementara itu, Indonesia berada di posisi ketiga dengan 3 poin, sehingga masih harus menunggu hasil pertandingan grup lainnya untuk dilihat pada klasemen peringkat ketiga terbaik.

Vietnam dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar setelah tidak memperoleh poin pada seluruh rangkaian penyisihan.

Skenario agar Indonesia lolos babak 16 besar

Klasemen peringkat ketiga terbaik sementara pada Piala Asia 2023, 24 Februari 2024

Pada susunan peringkat ketiga terbaik, Palestina dan Suriah dipastikan lolos pada babak 16 besar usai memperoleh masing-masing 4 poin.

Sedangkan Bahrain, Indonesia, dan Oman masih harus menunggu hasil pertandingan lainnya untuk memastikan apakah lolos atau tidak.

Bahrain dan Indonesia sama-sama mengantongi 3 poin, namun Bahrain lebih tinggi karena perbedaan angka memasukkan dan kemasukan gol.

Tiongkok dipastikan tidak lolos ke babak berikutnya karena telah bermain 3 kali dan memperoleh 2 poin akhir.

Sebuah analisis dari BolaSport mengungkap bahwa Squad Garuda Nusantara harus memenuhi salah satu syarat dari beberapa skenario pertandingan di Grup E dan Grup F antara Bahrain, Yordania, Oman, serta Kirgistan.

"Skenario pertama adalah Bahrain kalah dengan selisih 3 gol berapapun skornya, Bahrain kalah 0-2, atau Bahrain kalah 1-3, dengan catatan disciplinary points-nya harus lebih kecil dari Indonesia," tulis analisis tersebut

"Skenario kedua adalah Kirgistan vs Oman imbang berapapun skornya, Kirgistan menang dengan skor 1-0 maupun 2-1, atau Kirgistan menang dengan skor 3-2, dengan catatan disciplinary points-nya harus lebih kecil dari Indonesia," tambahnya

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X