Inilah Deretan Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat Tiga

Indonesia menempati peringkat ketiga negara produksi kopi tertinggi per 2022/2023 ini dengan mengantongi produksi hingga 11,9 juta kantong

Inilah Deretan Negara Produsen Kopi Terbesar di Dunia, Indonesia Peringkat Tiga Ilustrasi kopi | Vecstock/Freepik

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat dunia, tidak peduli tua ataupun muda. Kopi kerap menjadi pilihan untuk menemani obrolan, menemani mengerjakan tugas atau pekerjaan, atau sekadar menyegarkan mata dari kantuk. Tidak heran, beberapa tahun terakhir, perkembangan industri kian meroket, terutama di Indonesia. Bisnis coffeshop menjamur, minuman kopi kemasan juga kian subur.

Seiring eskalasi permintaan kopi di pasar, produksi kopi di Indonesia pun kian meningkat tajam. Mengacu pada data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Indonesia menempati peringkat ketiga negara produksi kopi tertinggi per 2022/2023 ini dengan mengantongi produksi hingga 11,9 juta kantong.

Sementara peringkat pertama setia diduduki Brazil. Brazil memasok kurang lebih 40% kebutuhan kopi di dunia. Berikut daftar lengkap 10 negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Deretan negara penghasil kopi terbesar di dunia 2022/2023 | Goodstats

1. Brazil

Iklim hujan dan panas yang seimbang serta perubahan iklim yang rendah menjadikan Brazil tempat sempurna untuk tumbuh kembang biji kopi. Brazil berhasil memproduksi 62,6 juta kantong kopi tahun ini.

2. Vietnam

Sejarah kopi di Vietnam berawal dari pendudukan Perancis pada tahun 1800-an. Hingga saat ini, Vietnam masih menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Produksinya yang terbanyak adalah kopi robusta yang terkenal pahit dan tidak terlalu asam.

3. Indonesia

Di Indonesia sendiri, kopi awalnya dikenalkan oleh Kolonial Belanda di akhir abad 1600. Hasil produksi di Indonesia beragam sekali mulai dari kopi jawa hingga kopi luwak.

4. Kolombia

Di bawah Indonesia ada Kolombia yang mampu memproduksi 11,3 juta kantong kopi tahun ini. Kopi yang terkemuka dari negara ini yakni kopi arabica dengan ciri khas aroma nutty dan sedikit harum citrus.

5. Ethiopia

Kopi menjadi 10% penghasilan Gross Domestic Product negara Ethiopia. Berbeda dengan negara-negara lainnya, orang Ethiopia justru memakai kopi terbaiknya khusus untuk orang-orang lokal saja.

6. Uganda

Uganda banyak ditumbuhi tanaman kopi robusta liar. Kopi ini terkenal akan rasanya yang asam seperti wine dan rasa notes coklat yang kuat.

7. India

Produksi kopi di India per 2022/2023 mencapai 6,3 juta kantong menempatkannya ke peringkat keenam di dunia. Jenis kopi India yang banyak diekspor yakni arabica dan robusta.

8. Honduras

Memiliki iklim yang mirip dengan Costa Rica dan Guatemala, daratan di Guatemala sangat cocok ditanami kopi. Kopi yang diproduksi Honduras kebanyakan berasal dari petani kecil di sebuah desa di Gunung fincas. Oleh sebabnya, kopi ala Honduras memiliki aroma halus dengan sedikit hint vanilla dan buah-buahan.

9. Meksiko

Sebagian besar kopi produksi Meksiko adalah kopi arabika. Namun, dalam dekade terakhir, produksi robusta juga makin meningkat di negara Mesoamerika ini.

10. Peru

Di peringkat 10 ada Peru dengan produksi kopi yang mencapai 3,6 juta karung 60 kilogram. Kopi Peru akhir-akhir menyita perhatian dunia karena memproduksi kopi berkualitas tinggi.

Penulis: Alir Bening Firdausi
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X