Inilah Deretan Kota Ternyaman Untuk Habiskan Masa Tua, Adakah Kotamu?

Ada beberapa kota pilihan masyarakat untuk menghabiskan masa tua setelah pensiun berdasarkan hasil survei Goodstats. Manakah yang menjadi pilihanmu?

Inilah Deretan Kota Ternyaman Untuk Habiskan Masa Tua, Adakah Kotamu? Ilustrasi perencanaan masa pensiun | David Franklin/Shutterstock

Lokasi merupakan salah satu faktor pendorong di balik setiap tahap kehidupan, termasuk masa pension. Pada kondisi ketika sudah tidak ingin bekerja dan hanya ingin menikmati masa tua, maka ke mana kota tujuan yang tepat untuk pergi?

Goodstats telah merangkum beberapa kota ternyaman untuk dijadikan preferensi dalam menentukan tujuan tempat dalam menikmati masa pensiun. Data di dapat berdasarkan hasil survei kota pilihan masyarakat Indonesia 2022.

Kota pilihan masyarakat untuk menikmati masa tua | Fauziah/Goodstats

Menyadur laporan Goodstats teranyar, Kota Yogyakarta mendapatkan suara terbanyak sebagai kota ternyaman untuk ditinggali pada masa pensiun dengan persentase sebanyak 51 persen. Disusul oleh Bandung dengan persentase sebesar 40 persen.

Kemudian, di posisi ketiga ada Kota Solo dengan jumlah 35 persen. Sementara, Kota Malang dan Padang menyusul di posisi keempat dan kelima dengan persentase masing-masing sebanyak 33 persen dan 25 persen.

Terdapat beberapa faktor penunjang terkait pilihan kota yang nyaman untuk ditinggali. Berdasarkan hasil survei, mayoritas atau 71 persen responden menyebutkan bahwa suasana kota yang tenang dan damai merupakan faktor terpenting ketika memilih lokasi untuk menikmati masa tua.

Sebanyak 67 persen responden juga sepakat dengan menyatakan bahwa suasana kota yang sejuk dan asri adalah faktor pendukung preferensi kota untuk ditinggali. Selanjutnya, faktor biaya hidup yang murah berada di urutan ketiga dengan persentase responden sebanyak 50 persen.

Selain menjadi kota ternyaman untuk ditinggali selama masa pensiun, Yogyakarta rupanya juga menjadi pilihan kota terbaik untuk menempuh pendidikan. Menurut survei, mayoritas atau sekitar 80 persen responden memilih Yogyakarta sebagai tempat tebaik untuk belajar.

Ada beberapa alasan yang membuat responden memilih kota untuk menempuh pendidikan, yakni memiliki banyak kampus berkualitas (83 persen), fasilitas umum dan transportasi yang memadai (51 persen), terkenal dengan kota pelajar (43 persen), hingga biaya hidup murah (40 persen).

Adapun, survei ini dilaksanakan dalam rentang waktu 20 November hingga 4 Desember 2022 dan diikuti oleh 300 responden. Mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki sebanyak 62,1 persen, sementara sisanya berjenis kelamin perempuan dengan jumlah 37,9 persen. Responden didominasi berasal dari dari Pulau Jawa dengan persentase sebanyak 64,8 persen.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Kunjungan Wisatawan Meningkat, Berikut Event International yang Diselenggarakan di Indonesia pada 2024

Kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia mencapai 4,09 juta dari Januari-April 2024, hal ini didorong oleh banyaknya event internasional di Indonesia.

Museum dan Cagar Budaya di Indonesia Diproyeksikan Mengalami Kenaikan Pendapatan pada 2025

Dengan komitmen yang kuat dan kolaborasi yang efektif, kekayaan budaya dan sejarah Indonesia dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook