Inilah Daftar Negara Terbaik untuk kerja Jarak Jauh, Denmark Teratas!

Berdasarkan perhitungan Global Remote Working Index (GRWI), Denmark menempati posisi teratas sebagai negara terbaik untuk kerja jarak jauh pada 2023

Inilah Daftar Negara Terbaik untuk kerja Jarak Jauh, Denmark Teratas! Ilustrasi seorang karyawan sedang melakukan rapat online | Freepik

Sistem kerja jarak jauh atau remote tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Terlebih, sistem kerja ini menjadi semakin populer akibat pandemi Covid-19. Kini, sudah banyak kantor yang menerapkan sistem kerja jarak jauh untuk karyawannya.

Tidak semua negara nyaman dan memiliki ekosistem yang baik untuk memenuhi standar sistem kerja jarak jauh. Sehubungan dengan ini, perusahaan keamanan jaringan, NordLayer, melakukan riset mengenai negara terbaik untuk kerja jarak jauh.

NordLayer mengevaluasi potensi sekitar 108 negara di dunia menggunakan empat indikator utama, yakni keamanan siber, ekonomi, infrastruktur, dan keselamatan sosial untuk memastikan kualitas juga ekosistem kerja jarak jauh di suatu negara.

Kemudian, data-data yang didapatkan dari keempat indikator tersebut diolah menggunakan Global Remote Work Index (GRWI) berskala 0-1. Ini menunjukkan bahwa makin tinggi skornya, maka negara tersebut dianggap paling baik untuk sistem kerja jarak jauh, dan sebaliknya.

10 negara terbaik secara global untuk kerja jarak jauh pada 2023 | Goodstats

Hasilnya, Denmark menempati peringkat pertama dalam daftar negara terbaik untuk kerja remote versi NordLayer pada tahun 2023. Dianggap sebagai negara dengan ekosistem digital yang mumpuni, Denmark berhasil mendapatkan skor sebesar 0,847 poin.

“Denmark menjadi pilihan utama untuk kerja jarak jauh karena infrastruktur digital dan fisiknya yang kuat serta keamanan sosial yang baik. Jika Anda mengunjungi Denmark, bukan hanya lingkungannya yang indah atau proses digital yang efisien, namun juga inklusivitas sosialnya yang baik,” papar NordLayer dalam laporannya.

Belanda menyusul di posisi kedua dengan skor GRWI sebesar 0,843 poin. Lalu, ada Jerman dan Spanyol yang masing-masing mendapatkan skor GRWI sebesar 0,842 poin dan 0,825 poin. Diikuti oleh Swedia dan Portugal yang sama-sama memiliki skor 0,824 poin.

Berikutnya, Estonia berada di peringkat ketujuh dengan skor GRWI mencapai 0,818 poin pada 2023. Posisinya disusul oleh Lithuania dan Irlandia skor GRWI masing-masing mencapai 0,808 poin dan 0,803 poin. Sementara, Slovakia berada di urutan terakhir dalam daftar 10 negara terbaik untuk kerja remote dengan skor sebesar 0,802 poin.

“Meskipun Slovakia mendapatkan poin yang tinggi dalam keamanan virtual dan daya tarik pariwisata, namun infrastruktur digital dan fisik negara ini perlu diperhatikan.  Meski begitu, secara keseluruhan Slovakia masih menjadi negara yang baik untuk kerja jarak jauh,” tulis NordLayer.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Editor

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X