Inilah 5 Universitas Tertua di Indonesia, Ada Kampusmu?

Perkembangan pendidikan di Indonesia sudah mulai ada sejak pemerintahan kolonial Belanda. Berikut universitas-universitas tertua yang ada di Indonesia.

Inilah 5 Universitas Tertua di Indonesia, Ada Kampusmu? Ilustrasi Universitas. Sumber: Freepik

Program pendidikan di Indonesia salah satunya dengan adanya perguruan tinggi dimulai pada oemerintahan Hindia Belanda. Program pendidikan yang dibuat oleh pemerintah Hindia Belanda ini merupakan hasil dari diberlakukannya Politik Etis. Maka dari itu, program pendidikan di Indonesia kala itu yang hanya sekolah dasar saja dan mempelajari cara membaca, menulis, dan berhitung, diperluas menjadi sekolah menengah dan perguruan tinggi.

Kala itu pun pendidikan perguruan tinggi di Indonesia terbatas hanya di bidang kesehatan saja. Namun, seiring berjalannya waktu, berdiri sekolah hukum, sekolah pertanian, hingga program studi lain yang lebih bervariasi. Melihat sejarah perguruan tinggi yang dimulai jauh sejak pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia, melansir dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), berikut lima perguruan tinggi tertua di Indonesia.

  1. Universitas Indonesia (UI)

Sumber: Situs resmi Universitas Indonesia

Universitas Indonesia telah ada sejak tahun 1849. Dengan nama awal Nood-universiteit, pada tahun 1947 nama tersebut diubah menjadi Universitei van Indonesie dan berpusat di Jakarta. Pada tahun 1950, universitas ini sudah memiliki beragam program studi seperti kedokteran, hukum, sastra, hingga beberapa fakultas yang tersebar di beberapa daerah.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sumber: Situs resmi Institut Teknologi Bandung

Berdiri tahun 1920, pemerintah kolonial Belanda mendirikan ITB dengan nama de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH). Pendirian perguruan tinggi ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang terbatas kala itu karena pecahnya Perang Dunia pertama. Pada tahun 1924, ITB berganti status dari swasta menjadi instansi pemerintah. Dengan perkembangannya, pada tahun 1990-an, ITB sudah memiliki banyak program sarjana dengan berbagai departemen.

  1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Sumber: Situs resmi Universitas Islam Indonesia

Berdiri dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI), Universitas Islam Indonesia berdiri pada tahun 1945. UII merupakan pendidikan tinggi swasta pertama yang dibentuk setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. UII lahir dari sidang umum Masjoemi yang dihadiri oleh beberapa tokoh politik terkemuka kala itu seperti KH. Wahid Hasjim dan Moh. Hatta. UII menjadi jawaban akan permintaan sebuah perguruan tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan umum dengan ajaran-ajaran Islam.

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Sumber: Good News From Indonesia

Diresmikan oleh pemerintah RI di Yogyakarta tahun 1949, dilansir dari situs resmi UGM, perguruan tinggi ini didaulat sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional. UGM memiliki perkembangan yang pesat hingga pada tahun 1960-an fasilitas yang sudah tersedia ada rumah sakit, pemancar radio, dan sarana-sarana lain yang tentunya bisa mendukung proses pembelajaran mahasiswa.

  1. Universitas Nasional (Unas)

Sumber: Situs resmi Universitas Nasional

Didirikan pada tahun 1949, Universitas Nasional adalah perguran tinggi swasta tertua di Jakarta dan kedua tertua di Indonesia. Tujuan awal pendirian perguruan tinggi ini adalah untuk menampung lulusan SLTA di Jakarta yang tidak mau masuk Universitas Van Indonesia milik pemerintah kolonial Belanda.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Editor

Konten Terkait

"Agak Laen" Tembus 6 Juta Penonton, Masuk 10 Film Indonesia Terlaris

Agak Laen masuk ke dalam 10 film terlaris di Indonesia dan film paling sukses di awal tahun 2024.

Sekuat Apa "Jokowi Effect" di Pemilu 2024?

Secara langsung maupun tidak langsung, Presiden Jokowi menjadi salah satu tolak ukur masyarakat dalam memilin Capres-Cawapres di Pemilu 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook