Inilah 5 Pemain Sepak Bola Tertua di Piala Dunia Qatar 2022

Sebagian besar hampir menginjak usia kepala empat, berikut merupakan daftar pemain sepak bola tertua yang ikut serta di Piala Dunia Qatar tahun 2022.

Inilah 5 Pemain Sepak Bola Tertua di Piala Dunia Qatar 2022 Alfredo Talavera, pemain tertua di Piala Dunia Qatar 2022 | Imago7

Penyelenggaraan Piala Dunia Qatar tahun 2022 tidak hanya menjadi ajang bagi pesepak bola muda untuk saling menunjukkan taring, namun juga bagi para pemain sepak bola veteran yang ingin menunjukkan penampilan terbaik dalam laga Piala Dunia terakhir bagi mereka.

Dihadapkan dengan situasi panas ekstrem di Qatar, para pemain sepak bola memerlukan upaya adaptasi, termasuk di antaranya pemain-pemain veteran yang sudah cukup berumur. Meski demikian, para pemain ini masih menunjukkan antusias untuk meraih trofi turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia.

Pemain tertua yang pernah berlaga di Piala Dunia sejauh ini ialah penjaga gawang asal Mesir, Essam El-Hadary. Pada waktu itu Essam El-Hadary berusia 45 tahun 3 bulan 10 hari saat bertanding melawan Arab Saudi di Piala Dunia Rusia tahun 2018.

Situs Sports Quotes and Facts (SQaF) kemudian merangkum daftar pemain sepak bola dengan usia tertua yang berlaga di Piala Dunia Qatar tahun 2022 ini. Sebagian besar hampir menyentuh usia kepala empat, siapa sajakah?

5 pemain sepak bola tertua di Piala Dunia Qatar 2022 | GoodStats

1. Alfredo Talavera

Alfredo Talavera, el portero titular con más edad en la selección mexicana  | Marca
Alfredo Talavera | Imago7

Penjaga gawang cadangan, Alfredo Talavera berhasil menduduki peringkat pertama pemain sepak bola tertua yang berlaga di Piala Dunia Qatar tahun 2022. Usia Alfredo Talavera yakni 40 tahun 63 hari saat Piala Dunia Qatar dimulai pada 20 November 2022 lalu.

Pemain timnas Meksiko ini telah tampil memenangkan 39 pertandingan sepak bola skala internasional mewakili negaranya. Di samping itu, selama 3 tahun berturut-turut, Alfredo Talavera berpartisipasi di Piala Dunia dan turnamen di Qatar tahun 2022 ini menjadi tahun ketiga.

Sayangnya, Alfredo Talavera belum pernah sekalipun turun bermain di lapangan dalam laga Piala Dunia Qatar 2022.

2. Atiba Hutchinson

CanMNT's Atiba Hutchinson on Beyond the Pitch: “It's a different mentality  in the way that we approach games” – Canadian Premier League
Atiba Hutchinson | Canadian Premier League

Posisi ke-2 pemain sepak bola tertua di Piala Dunia Qatar 2022 diraih oleh Atiba Hutchinson dengan raihan usia 39 tahun 285 hari per 20 November 2022.

Atiba Hutchinson merupakan pemain outfield tertua yang berlaga di Piala Dunia Qatar 2022. Kapten timnas Kanada ini memiliki karir yang cemerlang di Eropa. Ia juga bermain untuk Helsingborg, Kopenhagen, serta PSV Eindhoven.

Pemain gelandang ini telah mencatatkan 97 penampilan untuk Kanada. Atiba Hutchinson debut pada tahun 2003 dan sejauh ini sudah mencetak 9 gol di turnamen skala internasional. Adapun pada Februari tahun 2023 mendatang, Atiba Hutchinson akan memasuki usia ke-40 tahun.

3. Pepe

Pepe Bidik Gelar Piala Dunia 2022 Bersama Timnas Portugal | Goal.com  Indonesia
Pepe | Goal.com

Sementara itu, Pepe menempati posisi ke-3 pemain sepak bola tertua yang berpartisipasi dalam Piala Dunia Qatar 2022. Adapun per 20 November 2022, usia Pepe menginjak angka 39 tahun 267 hari.

Pepe merupakan pemain bek tengah yang ikonik. Rekam jejak pemain timnas Portugal satu ini dapat dikatakan kontroversial, namun tak ada yang bisa membantah rekornya. Pepe akan menjadi pemain outfield tertua ke-2 setelah Atiba Hutchinson di Piala Dunia Qatar 2022.

Saat ini bermain untuk Porto, Pepe telah memperoleh 128 caps serta bermain di 3 turnamen Piala Dunia. Pada Piala Dunia Rusia tahun 2018, Pepe berhasil mencetak gol saat melawan Uruguay. Namun selama turnamen Piala Dunia tahun 2014 melawan Jerman, ia dikeluarkan dari lapangan.

4. Eiji Kawashima

Football: Japan GK Eiji Kawashima joins French side Strasbourg
Eiji Kawashima | Kyodo News

Adapun posisi-4 pemain dengan usia tertua di Piala Dunia Qatar 2022 diraih oleh Eiji Kawashima. Usia pemain timnas Jepang satu ini ialah 39 tahun 267 hari per 20 November 2022.

Penjaga gawang Strasbourg ini telah mewakili Jepang untuk yang keempat kalinya di Piala Dunia. Eiji Kawashima pertama kali ikut serta pada Piala Dunia tahun 2010 yang kemudian berlanjut pada edisi-edisi berikutnya yakni tahun 2014, 2018, dan tahun 2022 ini.

Eiji Kawashima merupakan penjaga gawang tertua ke-2 di turnamen Piala Dunia Qatar 2022 setelah Alfredo Talavera. Ia tampil 95 kali untuk Jepang dan sempat bermain di Inggris selama musim tahun 2015-2016. Selain itu, Eiji Kawashima juga pernah tampil 14 kali untuk Dundee United di Liga Utama Skotlandia.

5. Dani Alves

Sudah Tak Sabar? Dani Alves Akan Debut Bersama Barcelona Pekan Ini |  Goal.com Indonesia
Dani Alves | Goal.com

Terakhir dalam daftar ini, Dani Alves menduduki posisi ke-5 pemain sepak bola tertua di Piala Dunia Qatar 2022. Terhitung per 20 November 2022 saat Piala Dunia Qatar dimulai, Dani Alves telah menginjak usia 39 tahun 198 hari.

Pemain bek kanan legendaris Brasil ini secara luas dinilai sebagai pesepakbola paling berprestasi. Ia telah memenangkan 46 trofi dalam perjalanan karirnya yang gemerlap. Ia tampil sebanyak 128 kali untuk Brasil dan Piala Dunia Qatar 2022 adalah penampilan ketiga kalinya setelah sebelumnya absen pada Piala Dunia Rusia 2018 akibat cedera.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengukur Performa 5G di Indonesia
Artikel Selanjutnya 6 Pemain Sepak Bola Tertinggi di Piala Dunia Qatar 2022
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook