7 Gereja Terbesar di Dunia yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Perayaan Natal

St Peter’s Basilica hingga Liverpool Cathedral , 7 gereja terbesar ini bisa kamu kunjungi saat perayaan natal sekaligus berlibur!

7 Gereja Terbesar di Dunia yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Perayaan Natal Dokumentasi Milan Cathedral | Getty Images

Gereja sebagai bangunan suci yang digunakan untuk tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya bagi agama Kristen, dalam awal sejarahnya, hanya merupakan rumah sederhana yang terletak di kota kuno Dura-Europos di Suriah dan diubah menjadi gereja antara tahun 233 dan 256 Masehi.

Kini, gereja telah berkembang pesat, baik dalam ukuran maupun pengaruhnya. Tak terkecuali dengan bangun-bangunan katedral besar berkapasitas hampir menyaingi stadion atletik.

Ada banyak bangunan gereja atau katedral tertinggi di dunia, tapi beberapa di antaranya dinobatkan sebagai yang terbesar. Berikut 7 gereja terbesar di dunia berdasarkan luas bangunannya yang bisa dikunjungi untuk perayaan natal:

1. St Peter’s Basilica (15.160 m²)

Keindahan St Peter’s Basilica | Pixabay

St Peter’s Basilica atau Basilika Santo Petrus, Kota Vatikan, adalah gereja terbesar di dunia berdasarkan luas interior dan kapasitasnya, serta merupakan bangunan penting dalam Katolik Roma. Dibangun selama 120 tahun dari tahun 1506 hingga 1626.

Gereja ini memiliki luas internal 15.160 meter persegi (m²), luas eksterior 21.095 m², dan kapasitas pengunjung 60.000 orang—lebih besar dari kapasitas pengunjung kebanyakan stadion sepak bola.

2. Cathedral Basilica of the National Shrine of Our Lady Aparecida (12.000 m²)

Keindahan Cathedral Basilica of the National Shrine of Our Lady Aparecida | Getty Images

Basilika Kuil Nasional Bunda Maria Aparecida, Brasil, adalah Gereja Katolik terbesar kedua di dunia yang juga dianggap sebagai pusat ziarah Maria terpenting di Brasil. Terkenal dengan atap berwarna biru dan kubahnya setinggi 70 m.

Katedral ini berukuran 12.000 m² di bagian dalam dan 18.331 m² di bagian luar dan dapat menampung 45.000 jamaah. Area parkirnya mampu menampung 4.000 bus dan 6.000 mobil.

3. Cathedral of St. John the Divine (11.200 m²)

Keindahan Cathedral of St. John the Divine | Untapped New York

Katedral Saint John the Divine, New York, Amerika adalah katedral Anglikan terbesar di dunia dan gereja terbesar di Amerika Serikat. Kerap kali disebut “St. John the Unfinished” karena konstruksinya masih belum selesai. Gereja ini ditahbiskan pada tahun 1911, tetapi hanya dua pertiga bangunannya yang selesai.

Memiliki luas internal 11.200 m² dengan panjang 183,2 m. Terkenal juga dengan jendela mawarnya yang terbuat dari 10.000 keping kaca berwarna-warni.

4. Basilica of Our Lady of Lichen (10.090 m²)

Keindahan Basilica of Our Lady of Lichen | Wikipedia

Terletak di negara terbesar kesembilan di Eropa, Basilica Our Lady of Lichen di Licheń Stary, Polandia merupakan salah satu Gereja Katolik Roma terbaru yang selesai dibangun pada tahun 2004. Gereja ini juga merupakan salah satu gereja tertinggi di dunia dengan menara gereja setinggi 141,5 meter.

Terkenal dengan tiga puluh tiga langkah menuju gereja ini yang melambangkan kehidupan awal Yesus. 365 jendela, 52 pintu, dan satu kolom yang mewakili hari, minggu, dan 12 Rasul dalam satu tahun.

Gereja ini memiliki luas tanah 10.090 m² dengan luas interior lebih dari 10.000 m² dan kapasitas untuk 7.000 orang.

5. Milan Cathedral (10.000 m²)

Keindahan Milan Cathedral | Getty Images

Metropolitan Cathedral-Basilica of the Nativity of Saint Mary atau yang lebih dikenal dengan Milan Cathedral terletak di Kota Milan, Italia. Dibutuhkan waktu hampir enam abad untuk menyelesaikan pembangunan katedral yang selesai pada tahun 1965 ini. Jendela kaca patri, patung, dan menara yang mengesankan menjadikan gereja ini objek wisata populer dan merupakan salah satu landmark paling terkenal di Italia.

Hal yang paling menarik dari gereja ini adalah 135 menara yang dimahkotai dengan patung-patung yang mewakili orang-orang penting dan mereka yang dianggap sebagai pahlawan dalam sejarah Italia.

Memiliki luas 10.000 m² dengan puncak menara tertinggi memiliki tinggi 108,8 m yang dipasangi patung Perawan Maria.

6. The Basilica of the Holy Trinity (8.700 m²)

Keindahan The Basilica of the Holy Trinity | Getty Images

Dibangun untuk memperingati penampakan Perawan Maria kepada tiga anak gembala pada tahun 1917, Basilika Tritunggal Mahakudus terletak di Fatima, Portugal dan selesai dibangun antara tahun 2004-2007.

Gereja ini bahkan dianugerahi Penghargaan Struktur Luar Biasa oleh Asosiasi Internasional untuk Teknik Jembatan dan Struktural pada tahun 2009.

Memiliki luas internal 8.700 m² yang mampu menampung 9.000 jamaah. Gereja ini juga memiliki beberapa kapel dan 44 ruang pengakuan dosa.

7. Liverpool Cathedral (8.400 m²)

Keindahan Liverpool Cathedral | Wikipedia

Sebagai salah satu gereja terbesar di dunia, Katedral Liverpool adalah landmark ikonik di kota asal Inggris yang menjadi asal mula namanya. Dibangun pada awal abad ke-20, antara tahun 1904 dan 1978. Terkenal dengan gaya bernuansa gotik dengan interior yang dihiasi banyak warna.

Bangunannya tidak bertingkat, dengan ketinggian 101 m dan puncak setinggi 67 meter yang merupakan tertinggi dan terberat di dunia. Dengan panjang 188,7 meter, gereja ini juga merupakan salah satu gereja terpanjang di dunia.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Di Belakang Brasil, Indonesia Miliki Ragam Hayati Terbesar Kedua di Dunia

Indonesia menjadi rumah bagi beragam jenis tumbuhan dan hewan, negara mana saja yang miliki anugerah serupa?

Influencer dengan Followers Terbanyak di Instagram, Ada Messi dan Ronaldo!

Mulai dari Messi hingga Kylie Jenner, berikut influencer luar negeri dengan followers terbanyak di Instagram!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X