Serba Serbi Piala Dunia U-17 Indonesia

Setelah drama pembatalan Piala Dunia U-20 di Indonesia, akhirnya Indonesia kembali ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023

Serba Serbi Piala Dunia U-17 Indonesia Para pemain Timnas Indonesia U-17 menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Sumber: Antara Foto/M Risyal Hidayat)

Sepak bola masih menjadi olahraga yang paling populer dan diminati. Tak heran bila sepak bola sering juga disebut olahraga rakyat. Dibandingkan dengan berbagai jenis olahraga yang lain, sepak bola adalah olahraga paling favorit masyarakat. 

Kinerja PSSI yang kini dipimpin oleh Erick Tohir dievaluasi secara positif oleh masyarakat. Mayoritas masyarakat tahu bahwa Erick Tohir adalah ketua umum PSSI yang terpilih melalui KLB Februari lalu. Diantara yang tahu, hampir semuanya (88,7%) menyatakan puas atas kinerja Ketua Umum PSSI.

Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. 

Indonesia sebagai tuan rumah otomatis akan lolos menjadi salah satu peserta, dengan mengirimkan Timnas U-17. Sebanyak 19 tim lainnya saat ini sudah lolos, sedangkan empat tiket dari Asia masih diperebutkan.

Fakta Tentang Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17 kali ini merupakan edisi ke-19. Brasil merupakan juara bertahan. Piala Dunia edisi kali ini awalnya akan digelar pada 2021 tapi mundur karena pandemi Covid-19. Peru ditetapkan sebagai tuan rumah melalui pertemuan Dewan FIFA pada 24 Oktober 2019 di Cina dan tetap memegang hak tersebut ketika turnamen dimundurkan.

Namun, Namun Peru kemudian gagal memenuhi kesiapan infrastruktur setelah empat tahun dinyatakan sebagai tuan rumah. FIFA kemudian membatalkan status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada awal April silam.

Sekitar 48% tahu dalam Sidang FIFA di Swiss pada 23 Juni 2023, Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, dari yang tahu mayoritas juga tahu jika pelaksanaan pertandingan sepakbola Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember 2023

Dalam situs resmi FIFA tidak dijelaskan secara detil alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi pesepak bola usia muda ini.

Namun Erick menyampaikan kemungkinan penetapan Indonesia sebagai tuan rumah dikarenakan faktor positif yang ditunjukkan Indonesia selama tiga bulan terakhir seperti perbaikan sarana-sarana stadion dan pertandingan FIFA Match Day yang menyita perhatian FIFA.

Drama Piala Dunia U-20 di Indonesia

Indonesia juga pernah melalui drama pencabutan status tuan rumah ketika bersiap menggelar turnamen FIFA lainnya, yakni Piala Dunia U-20 2023 pada bulan Mei lalu.

PSSI bersama panitia lokal telah melakukan segala persiapan untuk menyukseskan turnamen yang melahirkan banyak bintang sepak bola dunia itu. Bahkan, perwakilan FIFA juga sudah beberapa kali datang ke Indonesia untuk melakukan inspeksi dan meninjau kelayakan enam stadion yang dipersiapkan menjadi venue pertandingan.

Namun, beberapa bulan sebelum kompetisi terjadi berbagai penolakan yang ada dari sejumlah elemen masyarakat Indonesia terkait kedatangan timnas Israel, membuat FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah ajang bergengsi tersebut pada pertengahan April.

Dua sosok politisi, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menentang kehadiran Israel di Tanah Air walau telah menandatangani Host City agreement.

FIFA secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang kemudian berpindah ke Argentina sebagai tuan rumah.

Meski PSSI melalui Ketua Umum Erick Thohir sudah melakukan beberapa upaya untuk tetap bisa menggelar turnamen. Pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah membuat banyak pihak terpukul, terutama para atlet yang sudah menggantungkan mimpi besar pada ajang Piala Dunia U-20 2023.

Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia Jadi Pembuktian

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun menyadari hal tersebut. Menurut dia, penting untuk menjaga dan membuktikan kepercayaan FIFA. Ketika Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, penolakan terhadap Israel diperkirakan menjadi faktor utama.

Saat ini, hal serupa tak akan terjadi dalam persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Sebab, Israel sudah dipastikan tak lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 2023 setelah mereka tak ikut tampil pada Piala Eropa U-17.

Padahal, Piala Eropa U-17 merupakan ajang kualifikasi bagi para anggota UEFA untuk tampil pada putaran final Piala Dunia U-17 2023.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X