Indonesia Masuk 15 Besar Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia

Italia menempati urutan teratas, diikuti oleh Yunani dan Spanyol.

Indonesia Masuk 15 Besar Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia Masakan Indonesia | Enam Pagi

Bagi para pelancong, berlibur tak hanya sekadar mengunjungi destinasi atau tempat wisata saja. Namun, juga bisa sekaligus untuk mencicipi kuliner khas negara tersebut. Taste Atlas kembali meluncurkan daftar negara dengan masakan terbaik di dunia 2021 (world best cuisines in the world 2021).

Taste Atlas merupakan situs yang mengulas mengenai makanan tradisional, resep lokal, dan restoran autentik di seluruh dunia. Situs ini juga telah membuat lebih dari 10.000 katalog makanan dan minuman.

Dalam meluncurkan daftar negara dengan masakan terbaik di dunia, Taste Atlas telah menghitung lebih dari 100.000 peringkat untuk semua hidangan. Indonesia masuk dalam jajaran 15 besar sebagai negara dengan masakan terbaik 2021.

15 Negara dengan masakan terbaik di dunia 2021 | Goodstast

Italia 

Italia berada di urutan teratas dengan skor 4,78 poin. Selain wisata alam dan sejarah, Italia juga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner dunia. Pasalnya, kuliner khas Italia dikenal dan dinilai memiliki cita rasa lezat. Bahkan, beberapa hidangan memiliki reputasi internasional dan digemari oleh masyarakat dari berbagai negara.

Kuliner yang terpopuler adalah hidangan pasta dan roti. Siapa yang tak kenal pasta, hidangan yang memiliki berbagai jenis, mulai dari spaghetti, fettucine, penne, fusilli, ravioli, dan sebagainya menjadi favorit sebagian masyarakat. Rating hidangan pasta meraih skor sempurna, yakni 5 poin.

Kemudian, Focaccia Barese menjadi hidangan roti terbaik dari Italia. Kuliner yang terbuat dari adonan semolina, tepung terigu dan kentang tumbuk mendapatkan skor hampir sempurna, yakni 4,9.

Yunani 

Kemudian, peringkat kedua berhasil ditempati oleh Yunani dengan skor 4,73 poin. Negara yang terletak di ujung selatan Semenanjung Balkan di bagian tenggara Eropa, ternyata memiliki kuliner yang nikmat dan menarik untuk dicicipi.

Yunani memiliki hidangan terbaik dengan nama Hortopita. Hortopita merupakan kue tradisional dengan menyajikan rasa gurih yang terbuat dari berbagai jenis sayuran, bumbu aromatik dan keju. Hidangan ini mampu meraih skor 4,8.

Spanyol 

Urutan selanjutnya, Spanyol dengan skor 4,58 poin. Makanan khas spanyol terkenal akan olahan hidangan laut, daging, roti yang berbahan aneka produk lokal serta kaya akan rempah.

Salah satu hidangan terbaik asal Spanyol dengan skor sempurna adalah Rabo de toro. Hidangan ini terbuat dari kombinasi buntut sapi, minyak zaitun, wortel, seledri, anggur merah, dan berbagai bumbu dasar lainnya. Selain itu, hidangan Gambas la plancha yang terbuat dari udang juga menjadi salah satu masakan terbaik asal Spanyol dengan skor 4,7.

Romania 

Sama dengan Spanyol, Romania memiliki skor 4,58 poin. Faktanya, selain terkenal akan kastil-kastil sebagai tempat wisatanya, Rumania juga memiliki masakan yang enak. Salah satu yang menjadi hidangan terbaik adalah Tochitura Moldoveneasca. Hidangan ini menyajikan aneka daging bersama dengan bawang bombay, bawang putih, rempah-rempah, anggur putih.

Tak hanya itu, sajian ini biasa disantap dengan polenta krim, keju parut, dan telur goreng. Tochitura Moldoveneasca meraih skor 4,8 sebagai masakan terbaik asal Romania. Selain itu, juga masih ada hidangan Salata de boeuf dan Zacusca yang patut dicicipi ketika berkunjung ke Romania.

Meksiko 

Menempati urutan kelima, Meksiko memiliki skor 4,56. Belakangan ini, masakan Meksiko kian populer di Indonesia, terlebih kemunculan gerai fast food ala Meksiko. memiliki makanan yang unik dan rasanya lezat, Meksiko juga dinilai sebagai negara dengan makanan bergizi.

Hal ini dikarenakan, banyak kuliner mereka terbuat dari campuran alpukat, tomat, jeruk nipis, kacang, bawang putih, dan cabai yang kaya akan antioksidan. Salah satu makanan terbaik ala Meksiko adalah Antojitos dengan skor 4,8 poin.

Antojitos terdiri dari beberapa jenis, yakni fajitas, tortas, tacos, chalupas, nachos, quesadillas, dan sebaginya. Sajian ini dapat disantap sebagai makanan pembuka, makanan ringan atau makanan utama. Selain itu, juga masih ada hidangan lain seperti Caldo de queso dan Carlota de limon.

Indonesia 

Selain lima negara tersebut, Indonesia juga masuk dalam jajaran masakan terbaik dengan menempati urutan ke-12 dan skor 4,47. Dalam Taste Atlas, masakkan terbaik Indonesia diraih oleh Nasi Padang dengan skor 4,6 serta Nasi uduk dan Bubur ayam dengan skor 4,5.

Selain masuk dalam negara dengan masakan terbaik, salah satu kota di Indonesia juga masuk jajaran kota dengan makanan tradisional terbaik, yakni Bandung.

Kota dengan Makanan Tradisional Terbaik 2021 | Goodstats

Bandung berhasil menempati urutan ke 11 dengan skor 4,39 poin. Menurut Taste Atlas kuliner khas Bandung yang terkenal adalah batagor, mie kocok, kupat tahu, dan soto Bandung.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Daftar Produk Perawatan Rumah Tangga dengan Nilai Konsumen Tertinggi
Artikel Selanjutnya 10 Daerah Destinasi Terbaik untuk Solo Traveler 2022, 1 dari Indonesia
Konten Terkait