Indonesia Langganan Imbang di Kualifikasi Piala Dunia R3 Asia

Indonesia menjadi negara peserta kualifikasi Piala Dunia Zona Asia dengan hasil seri terbanyak. Itu berarti, Indonesia belum pernah terkalahkan.

Indonesia Langganan Imbang di Kualifikasi Piala Dunia R3 Asia Pertandingan Indonesia vs Bahrain di Riffa | PSSI

Indonesia memperoleh hasil seri saat melawan Bahrain pada Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Babak Ketiga Zona Asia, Kamis (10/10). Pertandingan yang diadakan di Bahrain National Stadium Riffa ini harus berakhir dengan skor 2-2.

Gol Indonesia dicetak oleh Ragnar Oratmangoen di menit 45+3 dan Rafael Struick di menit ke-74. Sementara itu, Bahrain mencetak dua gol melalui Mohamed Marhoon di menit ke-15 serta 90+9.

Terdapat kontroversi pada saat pertandingan ini berlangsung, terutama saat tercetaknya gol kedua Bahrain. Gol tersebut dicetak di menit ke-90+9, padahal perpanjangan waktu untuk babak kedua yang diberikan Wasit Ahmed Al-Kaf adalah 6 menit saja.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sangat menyayangkan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Ia menilai wasit telah membuat keputusan yang bias. Para pemain Indonesia terlihat kesal dengan berbagai keputusan sang wasit.

“Kedua tim melakukan yang terbaik sampai wasit meniupkan peluit panjang. Akan tetapi, saya harus memastikan kembali terkait dengan keputusan-keputusan wasit di pertandingan tadi. Bila AFC ingin semakin maju, maka keputusan dan kepemimpinan wasit juga perlu diperbaiki,” kata Shin Tae-yong seperti yang dimuat Tempo.

Jadi Tim dengan Hasil Imbang Terbanyak

Negara peserta Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Babak Ketiga AFC dengan hasil imbang terbanyak, per 12 Oktober 2024 | GoodStats

Hasil laga kontra Bahrain tersebut semakin menambah catatan seri Indonesia di gelaran ini. Indonesia tercatat sudah mendapatkan hasil seri sebanyak 3 kali, membuatnya jadi negara dengan hasil imbang terbanyak sementara ini.

Adapun hasil seri Timnas Indonesia adalah saat bertanding melawan Arab Saudi dengan skor 1-1, kontra Australia dengan skor 0-0, serta Bahrain.

Meski semuanya seri, Indonesia berarti juga belum terkalahkan hingga berita ini ditulis, bersama dengan 5 negara lainnya di AFC. Negara-negara tersebut adalah Uzbekistan, Irak, Korea Selatan, Iran, dan juga Jepang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir tetap mengapresiasi hasil Indonesia tersebut. Ia langsung menatap ke depan dan merasa optimis untuk menargetkan kemenangan pada pertandingan melawan China. Pertandingan tersebut akan digelar pada Selasa (15/10) malam WIB.

"Terima kasih untuk seluruh pemain telah memberikan yang terbaik. Semoga kita bisa meraih poin penuh di pertandingan berikutnya," kata Erick mengutip Detik.

Baca Juga: Update Ranking FIFA Indonesia Usai Laga Kontra Bahrain

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Update Ranking FIFA Indonesia Usai Laga Kontra Bahrain

Ranking FIFA Indonesia tetap di peringkat ke-129, namun poinnya bertambah 4,39. Di sisi lain, Bahrain turun ke peringkat ke-79.

Naik Ranking Pasca Tahan Arab Saudi, Ini Poin FIFA Terkini Indonesia

Indonesia membawa poin pertamanya dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2026. Pelatih Shin Tae-yong sebut akan menghadirkan kejutan lainnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook