Indonesia Jadi Negara Asia Tenggara dengan Jumlah Menteri Terbanyak

Dengan 48 menteri, Indonesia melampaui Kamboja, Thailand, dan Malaysia yang memiliki lebih dari 30 menteri di kabinetnya.

Indonesia Jadi Negara Asia Tenggara dengan Jumlah Menteri Terbanyak Keterangan Pers Prabowo Subianto Mengenai Nama-nama Menteri di Kabinet Merah Putih | BPMI Setpres

Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto telah menyebutkan jajaran nama yang akan ia jadikan menteri pada kabinet miliknya, yang diberi nama Kabinet Merah Putih. Nama-nama tersebut ia sampaikan di Istana Merdeka Jakarta pada Minggu (20/10) malam WIB.

“Dengan kesepakatan para ketua umum koalisi kami, kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih. Dan saya ingin umumkan susunan Kabinet Merah Putih periode 2024-2029,” sebut Prabowo dalam VOA Indonesia.

Mantan Presiden Joko Widodo menyatakan menyambut baik apapun nama dalam kabinet pilihan dari Prabowo, Menurutnya, hal tersebut sepenuhnya merupakan hak presiden, dan telah melewati berbagai pertimbangan yang matang.

"Saya meyakini pilihan Pak Prabowo adalah yang terbaik dari yang ada," kata Joko Widodo dalam Tribun.

Total 48 Menteri, Terbanyak di Asia Tenggara

Perbandingan jumlah menteri pada kabinet negara-negara di Asia tenggara, 2024 | GoodStats

Kabinet Merah Putih terlihat cukup gemuk. Terdapat 48 kementerian yang akan dibentuk oleh Prabowo, ditambah 5 kepala lembaga setingkat menteri yang berada di luar koordinasi kementerian koordinator. Adapun jumlah kementerian koordinatornya sebanyak 7 kementerian.

Terdapat kenaikan jumlah menteri di kepemimpinan Prabowo. Sebelumnya, Kabinet Indonesia Maju memiliki 32 menteri yang berada di bawah naungan 4 kementerian koordinator.

Jumlah anggota pada Kabinet Merah Putih juga terpantau lebih banyak dibanding anggota berbagai kabinet era Orde Baru. Adapun kabinet dengan jumlah anggota terbanyak sepanjang sejarah Indonesia adalah Kabinet Dwikora II. Kabinet di era Orde Lama ini memiliki 132 orang anggota, yang bertugas pada Februari 1966.

Hal tersebut juga membuat Indonesia menjadi negara Asia Tenggara dengan jumlah menteri dan kepala lembaga terbanyak. Di bawah Indonesia, terdapat Kamboja dengan 42 menteri, serta Thailand dengan jumlah 35 menteri.

3 negara di Asia Tenggara dengan jumlah menteri paling sedikit adalah Laos (21 menteri), Brunei Darussalam (20 menteri), serta Singapura (19 menteri).

Setelah Dilantik, Lanjut Pembekalan 5 Hari

Prabowo menyebut bahwa setelah mengumumkan nama jajaran menteri pada Kabinet Merah Putih, ia langsung melantik mereka pada Senin (21/10) pagi, dengan jadwal pelantikan menteri dahulu kemudian pelantikan wakil menterinya.

"Rencananya, besok pagi akan saya lantik para menteri pukul 10.00 WIB, dan pada siang harinya, akan lantik para wakil menteri," ujar Prabowo mengutip Detik.

Setelah itu, pada tanggal 23-27 Oktober 2024 Prabowo telah menjadwalkan pembekalan kepada jajaran kabinet di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Kegiatan ini dikonfirmasi langsung oleh Penjabat Sementara Wali Kota Magelang Ahmad Aziz.

"Retret, menterinya semuanya ada di tenda-tenda. Pak Presiden juga di tenda. Setelah dilantik beliau bersama-sama dengan semua menteri, wakil menteri, kepala lembaga, ke Akmil Magelang untuk mengadakan acara retret," kata Ahmad Aziz pada Kamis (17/10) yang dimuat di Detik.

Baca Juga: Simak Daftar Kementerian dengan Alokasi Anggaran Terbesar di RAPBN 2025

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

61,3% Masyarakat Tak Puas dengan Kinerja KPK, Apa Sebabnya?

Survei Litbang Kompas menyatakan bahwa 61,3% masyarakat merasa tidak puas dengan kinerja KPK periode 2019-2024.

Ganti Rugi Akibat Korupsi Rendah, Koruptor Indonesia Malah Untung

Korupsi terus meningkat, apakah ganti rugi yang diberikan kepada negara telah setimpal?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook