Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027, UEA dan Arab Saudi Beri Dukungan

Indonesia akan ikut bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2027. Dari 24 edisi, sudah ada 21 negara yang menjadi tuan rumah turnamen ini.

Indonesia Bidik Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027, UEA dan Arab Saudi Beri Dukungan Trofi Piala Dunia U-20 | Aset FIFA

Usai gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023, Indonesia kini tengah membidik posisi tuan rumah Piala Dunia U-20 2027.

Sejumlah pejabat negara lain pun dikabarkan sudah menyatakan komitmen dukungannya untuk Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia sudah memenangkan bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Namun, turnamen tersebut mesti diundur ke tahun 2023 lantaran pandemi Covid-19 melanda.

Sayangnya, beberapa bulan jelang kick-off turnamen, Fédération Internationale de Football Association (FIFA) mencabut posisi Indonesia sebagai tuan rumah.

Dalam rilis resminya (29/3/2023), FIFA tak memberikan keterangan spesifik soal alasan pencabutan tersebut.

FIFA kemudian menunjuk Argentina sebagai tuan rumah pengganti, sekaligus menjadi yang kedua kalinya bagi Argentina menggelar turnamen 2 tahunan itu setelah sebelumnya pada tahun 2001.

Sementara itu, Indonesia akhirnya mendapat jatah menyelenggarakan turnamen kelompok umur lainnya, Piala Dunia U-17 di tahun yang sama, usai Peru mengundurkan diri sebagai tuan rumah.

Adapun pada gelaran Piala Dunia U-20 tahun 2025 mendatang, FIFA sudah menunjuk Cile sebagai tuan rumah berdasarkan hasil rapat Dewan FIFA di Jeddah, Arab Saudi (17/12/2023).

Jika terlaksana, ini juga bakal menjadi yang kedua kalinya bagi negara yang beribukota di Santiago itu setelah menjadi penyelenggara ajang yang sama di tahun 1987.

Dapat Dukungan UEA dan Arab Saudi

Demi menyukseskan bidding Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2027, pemerintah pun aktif mengumpulkan dukungan dari negara-negara lain.

Hal ini seperti yang dilakukan Menpora Dito Ariotedjo dalam kunjungan kerja ke Timur Tengah.

Dalam kunjungannya ke Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/4), Dito melakukan pertemuan dengan Ahmad Belhoul Al Falasi, General of Authority Sports UEA, untuk membahas kerja sama pengembangan olahraga kedua negara.

Dalam pertemuan itu, Ahmad Belhoul yang juga menjabat Menteri Pendidikan UEA menyatakan dukungannya untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2027.

“UAE dengan senang hati mendukung pencalonan Indonesia untuk Piala Dunia U-20 di tahun 2027,” kata Menteri Ahmad Belhoul, dikutip dari keterangan Kemenpora RI, Jumat (3/5).

Selain UEA, dukungan juga didapat dari Arab Saudi. Hal ini disampaikan oleh Dito usai melakukan pertemuan dengan Bader bin Abdul Rahman Al-Qadi, Wakil Menteri Olahraga Arab Saudi, Kamis (2/5).

“Pertemuan ini kemudian ditutup manis dengan komitmen Arab Saudi yang siap mendukung bidding Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA 2027!” tulis Dito dalam caption unggahan di akun Instagram pribadinya.

Boleh dikatakan ini menjadi timbal balik positif, lantaran Indonesia sendiri sudah menyatakan dukungan untuk Arab Saudi dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034, seperti dilansir situs resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) (18/10/2023).

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Sepak Bola Semakin Populer, Apa Saja Kompetisi Liga Sepak Bola Terpopuler di Eropa?

Dominasi Liga Inggris dalam hal koefisien klub asosiasi menegaskan posisinya sebagai salah satu liga terdepan di Eropa.

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X