Hewan-Hewan Langka di Dunia, Salah Satunya Ada dari Indonesia

Dilansir dari Discover Magazine, berikut adalah daftar hewan langka di dunia yang terancam punah berdasarkan data dari IUCN.

Hewan-Hewan Langka di Dunia, Salah Satunya Ada dari Indonesia Gajah Sri Lanka. Sumber: iStock

Keberagaman flora dan fauna dari berbagai negara bila diulik memang tidak ada habisnya. Keunikan dari keberagaman hayati yang dimiliki dari setiap wilayah mulai dari wilayah tropis hingga subtropis menjadi ikon dan menarik perhatian banyak orang. Untuk tetap menjaga kelestarian dan keindahan alam dari berbagai dunia, ada sebuah organisasi internasional yang tujuan didirikannya didedikasikan khusus untuk konservasi sumber daya alam. Organisasi tersebut adalah International Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), yang beranggotakaan 78 negara.

Sesuai dengan tujuan didirikannya, IUCN membantu komunitas yang ada di seluruh belahan dunia dalam melakukan konservasi alam. IUCN memiliki beberapa daftar, salah satunya Daftar Merah, yaitu berisi spesies-spesies di dunia yang terancam punah. IUCN menyebutkan bahwa ada lebih dari 38.500 spesies di dunia kini yang terancam punah.

Dilansir dari Discover Magazine, berikut adalah daftar hewan langka di dunia yang terancam punah berdasarkan data dari IUCN.

  1. Penyu Belimbing

Sumber: Greeners.Co

Penyu yang dikenal sebagai penyu terbesar di bumi ini dikabarkan terancam punah karena berbagai faktor, yaitu polusi laut, kehilangan habitat untuk bersarang, hingga perubahan iklim yang terjadi. Sebagai penyu terbesar yang ada, penyu ini bisa tumbuh hingga mencapai 2.200 kilogram.

  1. Orang Utan

Sumber: Gembira Loka Zoo

Hewan yang dikenal sebagai hewan cerdas ini adalah satwa endemik Indonesia. Orang Utan dapat dijumpai di hutan hujan Kalimantan dan Sumatera. Langkanya hewan ini mayoritas dikarenakan kehilangan habitat akibat kegiatan deforestasi, terutama pembukaan hutan untuk keperluan industri atau pun perkebunan kelapa sawit. Orang Utan diperkirakan akan punah dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

  1. Panda Merah

Sumber: Greeners.Co

Panda merah dapat ditemukan di pegunungan kawasan hutan tinggi di Asia. Hewan ini hidup di atas pohon dan turun dari pohon hanya untuk mengambil air. Diidentifikasi pertama kali pada tahun 1825, hewan ini kini terancam punah karena adanya perburuan liar. Panda merah diburu untuk diambil daging dan kulitnya. Selain itu, Panda Merah juga terancam punah karena kehilangan habitatnya.

  1. Gajah Sri Lanka

Sumber: BBC

Gajah yang termasuk dalam salah satu gajah Asia ini adalah gajah yang terkenal sangat cerdas. Hewan ini dapat bertahan hidup hingga 60 tahun lamanya di alam liar, bahkan lebih. Lagi-lagi, hewan ini terancam punah karena kehilangan habitatnya. Terjadinya pembukaan hutan membuat rute migrasi mereka terganggi, sehingga hanya ada beberapa ribu gajah saja yang tersisa.

  1. Lumba-Lumba Vaquita

Sumber: BBC

Lumba-lumba ini menjadi mamalia laut yang paling langka di dunia. Hewan ini dapat ditemukan di Teluk California Atas, Meksiko, dan hanya dapat ditemui di sana. Tingkat kepunahannya bahkan sudah mengkhawatirkan, lebih dari beberapa hewan yang sebelumnya disebutkan. Ditemukan pada tahun 1957, kini Lumba-lumba Vaquita diketahui hanya ada sekitar sepuluh ekor yang tersisa.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ular-ular Mematikan di Dunia, Racunnya Bisa Melelehkan Daging Manusia

Dilansir dari A-Z Animals, berikut daftar lima ular yang paling berbahaya

Tanaman-tanaman Langka di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Dilansir dari rarest.og, berikut beberapa daftar tumbuhan yang keberadaannya kini dinyatakan langka

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook