Hasil Indonesia Masters 2022: Fajar/Rian Juara Ganda Putra, China Borong Tiga Gelar

Tuan rumah mendapatkan satu gelar di nomor ganda putra lewat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil mengalahkan wakil China.

Hasil Indonesia Masters 2022: Fajar/Rian Juara Ganda Putra, China Borong Tiga Gelar Aksi Fajar/Rian ketika berlaga di Malaysia Masters 2018 | Hafiz Johari/Shutterstock

Salah satu turnamen bulu tangkis terbuka yang diselenggarakan di Indonesia, yakni Indonesia Masters 2022 baru saja usai (12/6) sore waktu Jakarta. Turnamen bertitel BWF World Tour Super 500 ini menghasilkan empat jawara baru dan satu jawara yang sebelumnya telah mendapat tiga gelar Indonesia Masters berturut-turut, yakni pasangan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Pada nomor tunggal putra, wakil Denmark sekaligus unggulan pertama dunia Viktor Axelsen menyusul rekan senegaranya Anders Antonsen (2019) meraih gelar Indonesia Masters di tahun ini. Di partai final, Axelsen berhasil mengandaskan wakil China Taipei yang juga merupakan unggulan ketiga dunia, Chou Tien Chen (CTC) dengan skor meyakinkan 21-10 dan 21-12.

Sebelumnya di partai semifinal Axelsen berhasil menumbangkan wakil tuan rumah, Anthony Sinisuka Ginting dengan rubber game 18-21, 21-16, dan 21-15. Sementara itu, CTC berhasil menggagalkan unggulan kedelapan dunia asal Singapura, Loh Kean Yew dengan skor 21-15 dan 21-19.

Tuan rumah mendapatkan satu gelar di nomor ganda putra lewat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil mengalahkan wakil China Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-10 dan 21-17. Indonesia gagal menciptakan All Indonesian Finals setelah di semifinal langkah Marcus Gideon/Kevin Sanjaya harus terhenti oleh wakil China yang Fajar/Rian kalahkan tersebut dengan skor 10-21, 21-11, dan 21-18.

Sementara itu, China berhasil memborong tiga gelar sisanya lewat Chen Yu Fei di nomor tunggal putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di nomor ganda putri, dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di nomor ganda campuran. Chen Yu Fei sendiri berhasil menaklukan wakil terkuat Thailand, Ratchanok Intanon dengan skor 13-21, 21-14, dan 21-18.

Kemudian, wakil ganda putri China berhasil merebut gelar setelah mengalahkan debutan dari tuan rumah, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti dengan skor 21-21, 21-14, dan 21-14. Sementara wakil ganda campuran China berhasil membawa pulang gelar keempatnya setelah mengalahkan wakil Prancis Thom Gicquel/Delphine Delrue dengan skor 21-13 dan 21-14.

Setidaknya terdapat 9 negara yang berhasil tembus ke semifinal Indonesia Masters 2022

Dengan hasil ini, maka China menjadi negara dengan wakil paling banyak meraih gelar di Indonesia Masters tahun ini, diikuti oleh Indonesia dan Denmark. Masing-masing satu wakil Thailand berhasil menyentuh semifinal dan final, serta masing-masing satu wakil China Taipei dan Prancis berhasil menembus final.

Pemenang Indonesia Masters 2022 di nomor ganda berhak mendapatkan hadiah uang senilai 28.440 dolar AS dan pemenang di nomor tunggal akan mendapat hadiah uang senilai 27 ribu dolar AS. Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan poin sebesar 9.200 yang akan terus diakumulasikan hingga gelaran BWF World Tour Finals.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Koleksi Gelar Thomas dan Uber Cup: China dan RI Paling Banyak

Indonesia memiliki koleksi Piala Thomas terbanyak yaitu 14 gelar juara, sedangkan China memiliki koleksi Piala Uber terbanyak yaitu 16 gelar juara.

Update Ranking BWF Usai Piala Thomas dan Uber 2024

Setelah Piala Thomas dan Uber 2024, Komang Ayu menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang berhasil naik 5 peringkat pada kategori tunggal putri.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X