Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti masih ada 34% penduduk dunia yang belum terkoneksi internet.

Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet Ilustrasi Internet | rawpixel/Freepik

Internet telah menjadi kebutuhan tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pada era di mana teknologi telah maju dengan pesat, hampir semua kini bisa dilakukan secara daring dengan memanfaatkan internet, mulai dari menjalin komunikasi, menyelesaikan pekerjaan, berbelanja, bahkan hingga mencari hiburan.

Rasanya tidak ada yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Meski begitu, nyatanya masih terdapat sekitar 34% penduduk dunia yang tidak terkoneksi internet.

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet dunia di tahun 2024
Terdapat 5,35 miliar pengguna internet dunia di tahun 2024

Menghimpun data dari We Are Social. dalam beberapa dekade terakhir, jumlah pengguna internet terus mengalami peningkatan.  Jumlah individu pengguna internet di dunia pada awal tahun 2024 ini mencapai 5,35 miliar orang, setara dengan 66,2% dari penduduk dunia yang totalnya sebanyak 8,08 miliar.

Nilai tersebut sebenarnya telah bertambah sebanyak 97 juta individu dibandingkan tahun 2023 lalu. Sementara itu, total populasi tidak terkoneksi di dunia adalah sebanyak 2,73 miliar penduduk. Dari semuanya itu, India menjadi negara dengan total populasi tidak terkoneksi internet terbanyak, mencapai 683,7 juta penduduk, atau setara dengan 47,6% populasi negara tersebut. Hal ini berarti, hampir setengah warga India tidak menggunakan internet.

Menariknya, Indonesia turut masuk ke dalam 10 besar negara dengan total populasi tidak terkoneksi terbanyak di dunia, pada posisi ke-7. Terdapat sekitar 93,4 juta penduduk Indonesia yang masih belum menggunakan internet, setara dengan 33,5% total populasi. Itu artinya, terdapat 1 dari 3 penduduk Indonesia yang tidak terkoneksi internet.

1 dari 3 penduduk Indonesia masih belum terkoneksi internet
1 dari 3 penduduk Indonesia masih belum terkoneksi internet

Direktur dari International Telecommunication Union (ITU), Cosmas Luchyson Zavazava, mengungkapkan bahwa masih ada jutaan orang, terutama dari negara berpenghasilan rendah, yang belum bisa menikmati keuntungan penggunaan internet di era digital seperti saat ini. Kurang dari sepertiga populasi di negara berpenghasilan rendah yang bisa menikmati internet saat ini.

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Studi: Twitter (X) Jadi Platform Medsos yang Paling Banyak Digunakan Orang Berpendidikan Tinggi

Twitter (X) menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan orang berpendidikan tinggi di dunia dengan persentase mencapai 49%

Indonesia Masuk 7 Besar Negara dengan Jumlah Penduduk yang Paling Banyak Tak Terkoneksi Internet

Indonesia menempati posisi ketujuh dalam jajaran negara dengan penduduk terbanyak yang belum terkoneksi internet menurut data We Are Social per Oktober 2023

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook