Furious 7 jadi Film 'Fast and Furious' dengan Pendapatan Tertinggi di Box Office

Salah satu franchise film terpopuler di dunia, Fast and Furious, telah menghasilkan 7,47 miliar dolar AS di box office seluruh dunia

Furious 7 jadi Film 'Fast and Furious' dengan Pendapatan Tertinggi di Box Office Fast and Furious (Sumber: Digitalspy)

Terjadi perdebatan mengenai dampak franchise film besar-besaran terhadap industri film. Dari Marvel Cinematic Universe hingga Star Wars. Salah satu franchise film terpopuler di dunia, Fast and Furious, telah menghasilkan 7,47 miliar dolar AS di box office seluruh dunia.

Bahkan setelah lebih dari 20 tahun sejak film pertama dirilis, ada sesuatu dari film-film ini yang membuat penonton tetap tertarik. Kini setelah film terbaru Fast X telah tayang di bioskop dan para penggemar menunggu Fast and Furious 11 yang dijadwalkan rilis pada tahun 2025.

Berikut ini adalah peringkat film Fast & Furious berdasarkan pendapatan kotor terbesar di box office.

1. Furious 7

Fast & Furious 7
Fast & Furious 7. (Sumber: Hardrock FM)

Furious 7 berada di urutan teratas dengan pendapatan terbesar. Hilangnya Paul Walker adalah salah satu momen paling menyedihkan bukan hanya bagi Fast and Furious secara keseluruhan tetapi juga bagi seluruh industri hiburan.

Para pembuat film dipaksa untuk memasukkan kejadian tragis ke dalam film tersebut, dan para penonton tertarik dan bersemangat untuk melihat ke mana mereka bisa membawa cerita tersebut, dan hal itu menghasilkan angka box office terbesar untuk franchise tersebut: 353 juta dolar AS di dalam negeri dan 1,51 miliar dolar AS di seluruh dunia.

2. The Fate of the Furious

Fast & Furious 8. (Sumber: Google)

Film Fast & Furious kedelapan keluar pada tahun 2017. The Fate of the Furious menghasilkan 226 juta dolar AS dalam jumlah besar di box office domestik, sedangkan pendapatan kotor di seluruh dunia mencapai 1,23 miliar dolar AS.

3. Furious 6

Watch Fast & Furious 6 | Prime Video
Fast & Furious 6. (Sumber: Amazon.com)

Film ini menghasilkan 238 juta dolar AS di box office domestik dan 788 juta dolar AS di seluruh dunia, menunjukkan bahwa franchise ini semakin cepat.

4. Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw

Review Film: 'Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw'
Pada akhirnya, 'Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw' menjadi film laga biasa dengan selipan humor di sana-sini. (Sumber: Universal Pictures)

Hobbs & Shaw berhasil melampaui Fast 9, film ini menghasilkan 173 juta dolar AS di dalam negeri dan 760,7 juta dolar AS di seluruh dunia. Film thriller aksi tahun 2019 memberi kita pertarungan Hobbs dan Shaw vs Lorr.

5. F9: The Fast Saga

Ada Fast Furious 9, Ini Daftar Film yang akan Tayang di Netflix dan Viu  Indonesia pada April 2023
Poster Film F9: The Fast Saga. (Sumber: YouTube Universal Pictures)

Film berikutnya dalam daftar ini adalah F9: The Fast Saga. Pada titik ini, bahkan beberapa penggemar paling berdedikasi pun menggaruk-garuk dagu, bertanya-tanya apakah franchise ini akan berakhir. Meski begitu, bukan berarti masyarakat akan berhenti menonton.

Fast 9 memang menghasilkan cukup banyak pendapatan di box office domestik, meraup sekitar 173 juta dolar AS, dan akhirnya berakhir dengan 726 juta dolar AS di seluruh dunia.

Film ini awalnya dijadwalkan rilis pada tahun 2020 namun ditunda hingga musim panas 2021 karena pandemi COVID-19.

6. Fast X

Urutan Lengkap Film Fast and Furious dan Cara Menontonnya Halaman all -  Kompas.com
Poster Film Fast X. (Sumber: Twitter/@TheFastSaga)

Fast X sukses di box office sekaligus mengecewakan. Film ini memperoleh pendapatan kotor lebih sedikit dibandingkan pendahulunya, termasuk F9, yang dirilis saat bioskop dibuka kembali pada puncak pandemi COVID-19.

Film ini mengikuti petualangan baru Dom dan krunya melawan Dante Reyes, yang diperankan oleh Jason Mamoa, putra gembong narkoba terkenal Herman Heyes yang dihadapi kru dalam film Fast Five.

Film ini meraup 704 juta dolar AS di seluruh dunia. Itu akan sangat mengesankan jika anggarannya tidak memecahkan rekor 340 juta dolar AS, menjadikannya film termahal dalam franchise tersebut. Perlu juga dicatat bahwa film tersebut hanya meraup 145 juta dolar AS di dalam negeri.

7. Fast Five

Lots of familiar faces have returned for the latest "Fast" installment.
Pemeran film Fast Five. (Sumber: CNN)

Fast Five membawa waralaba ini ke tingkat yang baru. Berbeda dengan beberapa film lain dalam franchise ini, film ini secara umum berhasil mendapatkan ulasan dan reaksi yang baik baik dari kritikus maupun penonton.

Brian, Dominic, dan Mia sedang dalam pelarian dan hanya tinggal menunggu waktu untuk mendapatkan kebebasan. Namun, dengan musuh yang mengincar mereka dan Hobbs yang membuntuti mereka, kehidupan bahagia selamanya tidak akan mudah. Fast Five menghasilkan 209 juta dolar AS di box office domestik dan 626 juta dolar AS di seluruh dunia.

8. Fast & Furious 

Sinopsis Fast & Furious 2009 Big Movies GTV Jam 21.00 WIB Aksi Dom Toretto  cs di Meksiko - Tribunjateng.com
Fast & Furious. (Sumber: Tribun Jateng)

Tahun 2009 film keempat Fast & Furious menghasilkan 155 juta dolar AS di box office domestik dan 360 juta dolar AS di seluruh dunia. Film ini merupakan kemajuan besar dari film ketiga dan menunjukkan bahwa serial tersebut masih memiliki bahan bakar.

Fast & Furious membuat penonton menyaksikan kerja sama ikonik antara Dominic Toretto dan Brian O'Conner untuk menyelidiki pembunuhan salah satu orang yang dicintai Toretto. Membawa kembali pemeran aslinya tentu membantu menjual film tersebut dan menjadikannya sebuah gambar acara.

9. 2 Fast 2 Furious

Sinopsis 2 Fast 2 Furious yang Tayang di Global TV Malam Ini
Film 2 Fast 2 Furious. (Sumber: FOTO/imdb)

2 Fast 2 Furious merupakan film kedua dari franchise tersebut dan dirilis pada tahun 2003. Kehadiran Paul Walker dalam franchise ini sangat terasa di seluruh industri film. Dalam film ini, Brian O'Conner (Walker) memasuki dunia balap jalanan Miami, dan ketika dia mendapat sedikit masalah, dia harus membuat kesepakatan dengan FBI untuk menangkap seorang pengedar narkoba besar.

Film ini menghasilkan 127 juta dolar AS di box office domestik dan, meskipun mendapat skor kritik yang rendah, merupakan favorit penggemar dalam franchise tersebut. Di seluruh dunia, film ini meraup 236,41 juta dolar AS.

10. The Fast and The Furious

How to Watch Fast and Furious Movies in Chronological Order
The Fast and Furious. (Sumber: IGN SEA)

Film pertama, The Fast and the Furious yang dirilis pada tahun 2001. Film Fast pertama menceritakan kerja sama antara Dominic Toretto (Vin Diesel) dan Brian O'Conner (Walker) dalam game balap mobil jalanan. Namun, segalanya menjadi rumit karena Brian kebetulan adalah seorang polisi yang menyamar. Film ini menghasilkan 144 juta dolar AS di box office domestik dan 207 juta dolar AS di seluruh dunia.

11. The Fast and the Furious: Tokyo Drift

The Fast and The Furious: Tokyo Drift Tayang Global TV Malam Ini
Film The Fast and the Furious. (Sumber: FOTO/imdb)

Kesuksesan box office domestik terendah dalam franchise ini adalah The Fast and the Furious: Tokyo Drift. Ini mungkin bukan hal yang paling mengejutkan dalam daftar ini, mengingat film tersebut menghasilkan 158 juta dolar AS (62 juta dolar AS di dalam negeri) dibandingkan dengan anggaran produksinya yang sebesar 85 juta dolar AS.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Editor

Konten Terkait

Ini Dia Negara dengan Kualitas Kesehatan Terbaik, Ada Indonesia?

Kembali menimbulkan polemik dengan kebijakan BPJS Kesehatan, peringkat berapa kualitas layanan kesehatan RI?

5 Kasus Korupsi dengan Kerugian Terbesar di Indonesia

Kasus korupsi merupakan hal yang sering terjadi di Indonesia. Dari semua kasus, ternyata ada 5 kasus korupsi yang menyebabkan kerugian negara hingga triliunan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X