Didominasi Pemain Asing, Ini 5 Pencetak Gol Terbanyak di Piala Presiden 2022

Meski berstatus juara, tidak ada pemain Arema FC yang berhasil merangsek ke lima besar daftar pencetak gol terbanyak di Piala Presiden 2022.

Didominasi Pemain Asing, Ini 5 Pencetak Gol Terbanyak di Piala Presiden 2022 Potret Carlos Fortes sebagai salah satu penyerang andalan PSIS Semarang | Dok. Piala Presiden

Arema FC telah dinobatkan sebagai jawara Piala Presiden 2022, sekaligus mengoleksi gelar ketiganya pada turnamen pramusim paling bergengsi di Indonesia saat ini. Hal itu ia dapatkan setelah berhasil mengalahkan Borneo FC pada babak final dengan agregat 1-0.

Final berlangsung dalam dua leg. Leg pertama diselenggarakan di Stadion Kanjuruhan, Malang (14/7). Pada laga tersebut, tuan rumah berhasil unggul 1-0 lewat gol Abel Camara. Pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, tidak ada gol yang tercipta.

Meski berstatus juara, tidak ada pemain Arema FC yang berhasil merangsek ke lima besar daftar pencetak gol terbanyak di Piala Presiden 2022. Arema sendiri hanya berhasil mencetak tujuh gol dari total sembilan pertandingannya.

Pencetak gol terbanyak Arema jatuh pada nama rekrutan terbarunya, Abel Camara dan Gian Zola dengan total masing-masing dua gol. Posisi tersebut masuk ke dalam daftar enam besar pencetak gol terbanyak Piala Presiden dengan jumlah yang mencetak gol sama sebanyak 12 orang.

Posisi lima besar pencetak gol terbanyak Piala Presiden 2022 masih didominasi para pemain asing, kecuali rekrutan anyar Borneo FC Stefano Lilipaly. Namun, Lilipaly pun merupakan warga negara Indonesia hasil naturalisasi dari Belanda pada 2013 lalu.

Lalu, siapa saja lima besar daftar pencetak gol terbanyak di Piala Presiden musim ini?

5 besar pencetak gol terbanyak di Piala Presiden 2022 | GoodStats

1. Matheus Pato (6)

Matheus Pato (tengah) kala selebrasi dengan rekan setimnya, Borneo FC | Dok. Piala Presiden

Penyerang anyar Borneo FC Samarinda kelahiran Rio Branco, Brasil ini mengawali musimnya dengan Pesut Etam dengan impresif. Dari total sembilan pertandingannya di Piala Presiden 2022, Pato berhasil mencetak enam gol dan satu asis. Enam gol ini berhasil ia catatkan masing-masing ke gawang Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, dan PSM Makassar. Sementara itu, ia telah mencetak tiga gol kala dua leg bertemu PS Sleman pada babak semifinal.

Pemain berumur 27 tahun yang memiliki nama lengkap Matheus Antonio Souza dos Santos ini direkrut pada Mei lalu oleh Borneo FC dengan nilai pasar dilansir Transfermarkt sekitar 4,35 miliar rupiah. Pada tahun 2021 lalu, Pato bermain di divisi dua Liga Korea Selatan dengan klub Daejeon Hana Citizen.

2. Carlos Fortes (5)

Carlos Fortes kala berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Persita Tangerang pada Piala Presiden 2022 | Mohammad Ayudha/tom/ANTARA Foto

Carlos Manuel dos Santos Fortes atau yang akrab disapa Carlos Fortes berhasil mencetak lima gol dari enam penampilannya bersama PSIS Semarang, sekaligus membuatnya berada di posisi kedua pemain dengan gol terbanyak di Piala Presiden 2022.

Pemain berumur 27 tahun asal Portugal ini berhasil mencetak dua gol ke gawang Persita Tangerang dan PS Sleman. Sementara itu satu gol sisanya ia cetak ketika PSIS menjamu Persis Solo di Stadion Manahan Solo (21/6) lalu.

Selain itu, dirinya juga telah mengoleksi tiga asis selama berseragam PSIS Semarang. Sementara itu, Musim lalu Fortes berhasil mencetak 20 gol dan 2 asis dari total 32 penampilannya bersama Arema FC.

3. Stefano Lilipaly (4)

Stefano Lilipaly kala berlatih bersama Borneo FC Samarinda | Dok. Borneo FC

Stefano Lilipaly menjadi gelandang satu-satunya yang masuk ke dalam lima besar pencetak gol terbanyak pada Piala Presiden 2022. Lilipaly berhasil mencetak empat gol dari delapan pertandingannya bersama Pesut Etam di Piala Presiden.

Keempat gol tersebut ia catatkan kala Borneo berjumpa Persija Jakarta (1), PS Sleman (1), dan RANS Nusantara FC (2). Selain itu, dirinya juga berhasil mencatatkan dua asis selama berseragam Borneo FC sejak Mei lalu.

Pada tahun lalu, pemain dengan tinggi 175 cm ini telah mencatatkan 8 gol dan 8 asis dalam 39 pertandingannya bersama Bali United di beberapa kompetisi seperti Liga 1, Piala Menpora 2021, dan Kualifikasi Ronde 2 Liga Champions AFC. Selain itu, dirinya menjadi salah satu pemain yang turut dipercaya Shin Tae-yong kala Timnas Indonesia berhasil lolos dalam Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait Juni lalu.

4. Jonathan Cantillana (3)

Aksi Jonathan Cantillana (kiri) saat membela PSIS Semarang di Piala Presiden 2022 | Mochamad Sadeli/Kompas

Selain Carlos Fortes, Jonathan Cantillana juga menjadi salah satu pemain yang tampil secara impresif pada kubu Laskar Mahesa Jenar di Piala Presiden 2022. Pemain berusia 30 tahun asal Palestina ini telah mencatat tiga gol dalam lima pertandingannya di turnamen tersebut.

Dua gol berhasil ia cetak kala PSIS Semarang berjumpa dengan PS Sleman di babak grup Piala Presiden 2022 (24/6), sementara satu gol sisanya menjadi satu-satunya gol penghibur di babak semifinal leg kedua Piala Presiden kala menjamu Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang (11/7).

Sebelumnya, Jonathan juga berhasil mencetak 7 gol dan 1 asis dalam 29 penampilannya bersama PSIS Semarang di tahun lalu. Menurut Transfermarkt, saat ini nilai pasar Jonathan berada di angka 5,21 miliar rupiah.

5. Rafael Silva (3)

Rafael Silva ketika beraksi membela Barito Putra pada Liga 1 musim 2021/2022 lalu | Dok. Barito Putra

Pemain bernama lengkap Rafael Feital da Silva ini mengoleksi total tiga gol dalam lima penampilannya di Piala Presiden 2022. Ketiga gol tersebut ia cetak kala Barito Putra menahan imbang RANS Nusantara FC (14/6) dan Madura United FC (25/6), serta kala menang atas tim ibu kota Persija Jakarta pada babak grup (18/6) lalu.

Pada pertengahan 2021 lalu, Rafael Silva berhasil mencetak enam gol dari 13 penampilannya bersama Madura United FC. Direkrut Barito Putra pada Desember 2021 lalu, kini Rafa telah mencetak 8 gol dan 3 asis dari total 22 penampilannya bersama Laskar Antasari.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Meninjau Peluang Resesi Negara Asia Pasifik, Bagaimana dengan Indonesia?
Artikel Selanjutnya Tak Hanya Pemain Terbaik, Adilson Maringa Juga Jadi Kiper dengan Saves Terbanyak di Piala Presiden 2022
Konten Terkait