Deretan Bandara Terbaik di Asia Tenggara 2022, Indonesia Peringkat Berapa?

Skytrax kembali merilis daftar 100 bandara terbaik di seluruh dunia pada tahun 2022. Untuk kawasan Asia Tenggara, 2 bandara dari Indonesia masuk daftar terbaik.

Deretan Bandara Terbaik di Asia Tenggara 2022, Indonesia Peringkat Berapa? Ilustrasi bandara | Dima Moroz/Shutterstock

Skytrax yang merupakan perusahaan riset dan konsultan industri transportasi udara asal London baru-baru ini merilis daftar 100 bandara terbaik di dunia pada tahun 2022. Survei ini dilaksanakan setiap tahun terhadap lebih dari 500 bandara di seluruh dunia.

Hasilnya, Changi Airport asal Singapura kembali menjadi bandara terbaik di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2022. Changi Airport berhasil mempertahankan posisi ke-3 global selama 2 tahun berturut-turut sejak tahun 2021. 

5 bandara terbaik di Asia Tenggara tahun 2022, 2 dari Indonesia | Siti Hannah/GoodStats

Changi Airport sempat berhasil memuncaki klasemen bandara terbaik di seluruh dunia pada tahun 2020. Meskipun mengalami penurunan pada tahun berikutnya, Changi Airport berhasil mempertahankan konsistensi selama 8 tahun berturut-turut sebagai bandara terbaik di Asia Tenggara.

Berikutnya, posisi ke-2 bandara terbaik di Asia Tenggara diraih oleh Soekarno-Hatta International Airport yang berhasil meraih posisi global ke-51. Sayangnya, raihan ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya di mana Soekarno-Hatta International Airport meraih posisi ke-34 secara global.

Adapun Kuala Lumpur International Airport menempati posisi ke-3 di Asia Tenggara serta posisi ke-62 global. Bandara satu ini juga mengalami penurunan peringkat global dari tahun sebelumnya yang berada di posisi ke-55.

Sementara itu, Suvarnabhumi Airport yang terletak di Thailand menduduki posisi ke-4 di Asia Tenggara serta peringkat ke-77 global. Raihan ini turun dari tahun sebelumnya yang tercatat menduduki posisi ke-66.

Terakhir, peringkat ke-5 kembali diraih oleh bandara milik Indonesia, tepatnya I Gusti Ngurah Rai International Airport yang terletak di daerah pusat pariwisata, Bali. Bandara yang berada dekat dengan Pantai Kuta ini berhasil memperoleh peringkat ke-89 global.

Raihan yang diperoleh oleh kedua bandara di Indonesia ini melengkapi catatan prestasi positif Indonesia dalam ranah transportasi udara.

Adapun beberapa indikator yang menjadi penilaian bandara terbaik di antaranya ialah transportasi publik, keamanan, pelayanan imigrasi, kedatangan dan keberangkatan penumpang, serta masih banyak lagi.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Kasus Kebakaran Kian Marak Terjadi di Ibu Kota, Korsleting Listrik jadi Penyebab Utama
Artikel Selanjutnya Viral Kasus Adam Levine dan Reza Arap, Bagaimana Perselingkuhan dalam Kacamata Statistik?
Konten Terkait