Deretan 10 Kota Paling Aman di Dunia 2021, Apakah Jakarta Termasuk?

Keamanan menjadi indikator yang menjadi perhatian masyarakat, Kopenhagen menempati kota paling aman di dunia . Apakah Jakarta juga termasuk dalam daftar ini?.

Deretan 10 Kota Paling Aman di Dunia 2021, Apakah Jakarta Termasuk? Ilustrasi kota | Danila Shtantsov/Shutterstock

Keamanan menjadi salah satu ukuran dan perhatian bagi para pelancong, ketika ingin berkunjung ke sebuah tempat. Terlebih dengan adanya pandemi global beberapa tahun terakhir membuat gagasan ‘aman’ berubah secara signifikan.

The Economist Intelligence Unit merilis peringkat kota paling aman di dunia dalam edisi Safe Cities Index 2021. Penilaian tersebut menggunakan 76 indikator yang dibagi ke dalam lima pilar, yakni keamanan personal, keamanan kesehatan, keamanan infrastruktur, keamanan digital, dan keamanan lingkungan.

10 Kota Paling Aman di Dunia | Goodstats

Ibukota Denmark, Kopenhagen menjadi kota yang paling aman di dunia dengan skor indeks 82,4 dari 100. Dilansir dari CNN Travel, salah satu faktor yang menjadikan Kopenhagen kota paling aman, karena tingkat kriminalitas atau kejahatan yang rendah.

Selain itu, Kopenhagen juga memiliki kohesi sosial yang baik dan kesenjangan ekonomi yang kecil. Ibu kota Denmark ini, juga menduduki urutan pertama dalam pilar keamanan personal dengan skor 86,4.

Kemudian, di urutan kedua ditempati oleh Toronto dengan skor indeks 82,2. Toronto dinilai memiliki keamanan lingkungan yang sangat baik, sehingga mampu mendukung kesejahteraan masyarakat.

Posisi ketiga diduduki oleh Singapura dengan skor indeks 80,7. Selain memiliki aparatur keamanan yang profesional, Singapura juga menjadi kota dengan keamanan infrastruktur yang luar biasa.

Kemudian, Singapura berada di peringkat kedua dalam pilar keamanan digital, keamanan kesehatan, dan keamanan infrastruktur. Hal ini membuatnya mampu bergerak cepat selama masa-masa awal pandemi melanda. Singapura juga menjadi salah satu negara yang memberikan inspirasi bagi negara lain dari berbagai bidang.

Di urutan keempat, terdapat kota Sydney dengan skor indeks 80,1. Melansir BBC Travel, dikarenakan mampu bergerak cepat dalam menanggulangi pandemi, warga dapat merasakan rasa aman yang kuat di Sydney.

Tak hanya itu, Sydney juga menempati peringkat pertama dalam keamanan digital yang mencakup kebijakan privasi kota, perlindungan dan ancaman siber, serta perencanaan smart city.

Selanjutnya, urutan kelima ditempati oleh Tokyo dengan skor indeks 80. Ibu kota Jepang sangat unggul dalam pilar keamanan kesehatan, seperti perawatan kesehatan universal,siap siaga pandemi, harapan hidup, kesehatan mental, dan kematian akibat Covid-19.

Kemudian, di urutan selanjutnya terdapat Amsterdam dengan skor indeks 79,3, diikuti oleh Wellington dengan skor indeks 79, Hong Kong dan Melbourne dengan skor indeks 78,6.

Terakhir, posisi kesepuluh ditempati oleh Stockholm dengan skor indeks 78,0. Posisi Jakarta sendiri berada di urutan ke-46 dengan skor indeks 56,4. Meskipun demikian, Jakarta tetap terus mengembangkan untuk menjadi kota yang lebih baik.

Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia Tenggara 2022

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Didominasi BUMN, Intip 10 Perusahaan Terbesar di Indonesia
Artikel Selanjutnya 5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 2021
Konten Terkait