Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia Tenggara 2022

Setiap wilayah tidak terlepas dari ancaman tindak kriminalitas. Berikut daftar kota di Asia Tenggara dengan tingkat kriminalitas tertinggi tahun 2022.

Kota dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di Asia Tenggara 2022 Ilustrasi kriminalitas | Proxima Studio/Shutterstock

Setiap daerah di belahan dunia manapun tidak terlepas dari ancaman tindak kriminalitas. Kriminalitas secara umum merupakan perilaku melanggar hukum atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

Bentuk dari kriminalitas sangat beragam seperti pencurian, kekerasan, hingga pembunuhan. Situs Numbeo telah merilis hasil survei indeks kriminalitas tahun 2022. Survei ini memetakan tingkat kriminalitas berbagai negara hingga kota dari rentang 0 hingga 100.

Kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia Tenggara tahun 2022 | Agaphier/GoodStats

Kota Klang dari Malaysia menempati peringkat pertama kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Adapun pada tahun 2022 ini indeks kriminalitas yang dimiliki kota ini sebesar 64,52.

Ibu kota Filipina, Manila menempati peringkat ke-2 dengan skor indeks kriminalitas sebesar 64,39. Selanjutnya Ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur menyusul di posisi ke-3 dengan skor indeks kriminalitas sebesar 63,58.

Kembali lagi ke Filipina, Quezon City menempati peringkat ke-4 dengan indeks kriminalitas sebesar 60,66. Sementara itu, Johor Bahru yang terletak di Malaysia menempati peringkat ke-5 dengan skor indeks kriminalitas sebesar 55,96.

Dalam jajaran 10 kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di Asia Tenggara, Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia menempati peringkat ke-8 dengan indeks kriminalitas sebesar 55,30.

Chiang Mai dari Thailand menjadi kota dengan tingkat kriminalitas terendah di Asia Tenggara dalam daftar survei Numbeo pada tahun 2022 dengan skor indeks kriminalitas sebesar 23,31.

Lebih lanjut, dalam survei Numbeo dijelaskan bahwa bila suatu negara memiliki skor indeks kriminalitas kurang dari 20 maka tingkat kriminalitas di negara tersebut dapat dikatakan sangat rendah. Suatu negara dikatakan memiliki tingkat kriminalitas sangat tinggi apabila memiliki skor indeks kriminalitas di atas 80.

Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa 10 besar kota dengan tingkat kriminalitas tertinggi di wilayah Asia Tenggara pada tahun 2022 dapat dikategorikan pada tingkat sedang hingga tinggi. Kemudian, sebanyak 7 dari 22 kota di Asia Tenggara yang terdaftar pada survei masuk dalam kategori negara dengan tingkat kriminalitas rendah.

Kekuatan Paspor Negara-Negara Asia Tenggara 2022, Indonesia Urutan Berapa?

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Tembus 100 Miliar Dolar AS, Inilah Deretan Orang Terkaya di Dunia
Artikel Selanjutnya Menilik Proporsi Pencari Kerja dengan Lowongan Kerja Terdaftar di Indonesia 2021
Konten Terkait