Daftar Top Skor Piala AFF 2022: Teerasil Dangda dan Nguyen Tien Linh Teratas

Pemain Thailand, Teerasil Dangda dan Penyerang Vietnam Nguyen Tien Linh berhasil menjadi top skor Piala AFF 2022 dengan total 6 gol.

Daftar Top Skor Piala AFF 2022: Teerasil Dangda dan Nguyen Tien Linh Teratas Pemain Vietnam berselebrasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang Thailand pada final Piala AFF 2022 | AFF Mitsubishi Electric Cup

Piala AFF 2022 cukup memberikan hasil yang impresif bagi statistik gol sepanjang turnamen berlangsung. Pada AFF kali ini, Thailand berhasil menjadi juara setelah menumbangkan Vietnam di babak final dengan agregat 3-2.

Sepanjang gelaran Piala AFF 2022 berlangsung, terdapat total 90 gol bersarang ke gawang atau 3,46 gol dicetak per laganya (total 26 pertandingan). Angka yang bisa dibilang cukup produktif bagi turnamen sepak bola dengan skala yang cukup kecil.

Pertandingan dengan jumlah gol terbanyak sepanjang Piala AFF 2022 terjadi pada laga Brunei menjamu Timnas Indonesia pada Senin (26/12) sore waktu Kuala Lumpur, Malaysia. Timnas Garuda berhasil mencetak tujuh gol tanpa balas ke gawang Brunei yang dicatatkan oleh Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok, dan Yakob Sayuri.

19 gol dari total 90 gol tersebut dicetak oleh sang kampiun Thailand, disusul Vietnam yang mencetak 16 gol, dan Indonesia yang mencetak 12 gol. Seluruh gol tersebut berhasil dicatatkan dari total 715 tembakan ke arah gawang.

Predikat pencetak gol terbanyak pada turnamen ini pun harus diakhiri oleh dua nama tertinggi. Lalu, siapa sajakah daftar top skor pada Piala AFF 2022 ini?

7 pemain dengan gol terbanyak sepanjang Piala AFF 2022 berlangsung | GoodStats

1. Teerasil Dangda (Thailand) = 6 Gol

Pemain senior Thailand, Teerasil Dangda saat berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Malaysia | AFF Mitsubishi Electric Cup

Pemain senior Thailand yang saat ini menjadi top skor Piala AFF sepanjang masa ini juga berhasil menjadi top skor Piala AFF 2022. Penyerang berumur 34 tahun ini mencatatkan enam gol dari enam penampilannya bersama Tim Gajah Putih pada turnamen edisi kali ini. Keenam gol tersebut Dangda cetak kala Thailand berjumpa dengan Brunei Darussalam (20/12), Malaysia (13/1) dan dua gol kala bertemu Filipina (26/12) dan Kamboja (2/1).

1. Nguyen Tien Linh (Vietnam) = 6 Gol

Nguyen Tien Linh kala berselebrasi setelah menjebol gawang Nadeo Argawinata | AFF Mitsubishi Electric Cup

Serupa dengan Dangda, penyerang bernomor punggung 22 asal Vietnam Nguyen Tien Linh ini juga berhasil mencetak enam gol dari delapan penampilannya bersama Vietnam di Piala AFF 2022. Ini berarti, Linh tidak pernah absen di tiap laga Vietnam.

Keenam gol Linh tersebut dicetak kala Vietnam bertemu dengan Laos (21/12),  Malaysia (17/12), Myanmar (3/1), Thailand (13/1) dan dua gol saat bertemu Indonesia di semifinal leg kedua (9/1). Ini artinya Linh hanya tidak berhasil mencetak gol di laga melawan Singapura, Indonesia semifinal leg pertama, dan Thailand final leg kedua.

3. Faisal Halim (Malaysia) = 4 Gol

Pemain bernomor punggung tujuh, Faisal Halim berselebrasi setelah menjebol gawang Thailand | AFF Mitsubishi Electric Cup

Pemain yang sering disebut sebagai Cristiano Ronaldo cabang Malaysia, Faisal Abdul Halim berhasil mengoleksi empat gol dari total enam penampilannya bersama Harimau Malaya di Piala AFF 2022. Pemain bernomor punggung tujuh itu mencetak gol kala Malaysia bertemu Myanmar (21/12), dua gol saat bertemu Laos (24/12), dan satu gol terakhir kala Malaysia menang tipis 1-0 atas Thailand di laga semifinal leg pertama (7/1).

4. Kenshiro Daniels (Filipina) = 3 Gol

Kenshiro Daniels berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Brunei | AFF Mitsubishi Electric Cup

Meski negaranya harus puas finis di peringkat empat Grup A dan gagal melaju ke semifinal, Kenshiro Daniels tampil cukup maksimal pada Piala AFF 2022. Daniels berhasil mencetak dua gol kala The Azkals bertemu Kamboja (20/12) dan satu gol sisanya melawan Brunei (23/12) di babak grup. Saat ini, pemain berumur 28 tahun ini baru saja dipinang oleh klub Thailand, Sukhotai FC.

4. Sebastian Rasmussens (Filipina) = 3 Gol

Sebastian Rasmussen berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Indonesia | AFF Mitsubishi Electric Cup

Tak hanya Daniels, penampilan apik juga dicatatkan oleh rekan senegaranya Sebastian Rasmussen yang berhasil mencetak tiga gol dari tiga penampilannya bersama The Azkals. Rasmussen berhasil mencetak dua gol kala Filipina pesta gol melawan Brunei (23/12) dan satu gol saat bertemu Indonesia di pertandingan terakhir Grup A (2/1). Penyerang muda berumur 20 tahun ini sedang berkiprah di salah satu klub Denmark, Randers Sportsklub Freja.

4. Maung Maung Lwin (Myanmar) = 3 Gol

Maung Maung Lwin saat mengadang tembakan pemain Malaysia | AFF Mitsubishi Electric Cup

Serupa dengan Rasmussen, penyerang bernomor punggung 11 asal Myanmar Maung Maung Lwin juga berhasil mencetak tiga gol dari total tiga penampilannya bersama Timnas Myanmar. Dua gol berhasil ia cetak kala Myanmar harus kalah dari Singapura pada laga kedua babak grup (24/12) dan satu gol lainnya dicetak kala Myanmar ditahan imbang Laos 2-2 pada laga ketiga babak grup (30/12). Saat ini, Lwin tengah berkiprah bersama klub Thailand, Lamphun Warrior.

4. Stuart Wilkin (Malaysia) 3 Gol

Pemain bernomor pungguh delapan, Stuart Wilkins kala melepaskan tendangan pada laga Malaysia vs Singapura | AFF Mitsubishi Electric Cup

Pemain naturalisasi Malaysia asal Inggris, Stuart Wilkin juga berhasil mencetak tiga gol pada gelaran AFF kali ini. Wilkin berhasil mencetak satu gol kala Malaysia berjumpa Laos (24/12) dan dua gol kala berjumpa Singapura (3/1). Wilkin sendiri saat ini sedang membela klub Sabah, setelah sebelumnya berstatus pinjaman dari Johor Darul Tazim II.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Piala AFF 2022 dalam Angka: Thailand Raih Gelar Ketujuh, Top Skor Diisi Dua Pemain
Artikel Selanjutnya 5 Pertandingan dengan Jumlah Penonton Terbanyak Sepanjang Piala AFF 2022, Didominasi Indonesia dan Malaysia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook