Terbaru! Ini Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia 2022

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi politeknik terbaik di Indonesia menurut Webometrics. PENS menduduki ranking ke-33 di Indonesia.

Terbaru! Ini Daftar Politeknik Terbaik di Indonesia 2022 Visualisasi kegiatan pembelajaran | fizkes/Shutterstock

Ranking Web of Universities - Webometrics baru saja memperbarui pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia pada Januari lalu. Hasilnya, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya berhasil menduduki posisi tiga besar universitas terbaik di Indonesia dengan ranking dunia masing-masing 649, 859, dan 956.

Indikator pemeringkatan politeknik di Indonesia menurut Webometrics | GoodStats

Saat ini, indikator pemeringkatan universitas yang digunakan Webometrics berdasar pada tiga poin utama, antara lain visibilitas yang merujuk pada sumber Ahrefs Majestic, transparansi atau keterbukaan dalam hal sitasi dari akademisi merujuk pada Google Scholar, dan keunggulan dalam hal sitasi untuk periode lima tahun terakhir dari eksistensi universitas tersebut. Masing-masing indikator memiliki porsinya masing-masing antara lain visibility 50 persen, transparency 10 persen dan excellence 40 persen.

Namun, pilihan untuk melanjutkan studi dari tingkat menengah atas tidak selalu merujuk pada perguruan tinggi berbentuk universitas. Masih banyak jalan lain yang dapat dipertimbangkan para pelajar untuk menata karier di masa depan, salah satunya adalah melanjutkan pendidikan ke politeknik.

Politeknik merupakan perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan vokasi atau keilmuan yang menjurus pada suatu keahlian tertentu sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Lalu, bagaimana dengan pemeringkatan politeknik di Indonesia?

10 politeknik terbaik di Indonesia menurut Webometrics | Angelia Gunawan/GoodStats

Ternyata, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi politeknik terbaik di Indonesia menurut Webometrics. Politeknik yang memiliki kekhususan pada bidang teknik elektro ini memiliki nilai impact 5.321, openness 2.923, dan excellence 4116. Jika digabungkan dengan universitas lain di Indonesia, PENS menduduki ranking ke-33 di Indonesia dan ke 3.446 di dunia.

Posisi dua diduduki oleh Politeknik Negeri Lhoseumawe. Satu-satunya politeknik negeri yang berada di Provinsi Aceh ini berada di peringgkat 68 nasional dan 4934 dunia. Posisi ketiga dihuni oleh Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Politeknik yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan ini sebelumnya merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin dan mulai berdiri pada 1987.

Posisi keempat hingga kesembilan dihuni oleh politeknik-politeknik negeri yang berdomisili di pulau Jawa, antara lain Poltekkes Jakarta 1, Poltekkes Kemenkes Malang, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan Poltekkes Yogyakarta. Sementara itu, posisi sepuluh diduduki oleh Politeknik Negeri Tanah Laut, sebuah politeknik yang berdomisili di Kalimantan Selatan.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Miliki Gurita Bisnis, Ini 10 Orang Terkaya di Indonesia 2021
Artikel Selanjutnya Menyorot Jumlah Tenaga Kesehatan Indonesia yang Gugur Sejak Awal Pandemi
Konten Terkait