Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024, Terbanyak Dari Provinsi Mana?

Komisi Pemilihan Umum mencatat jumlah DPT pada Pemilu 2024 sebanyak 204,80 juta pemilih

Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024, Terbanyak Dari Provinsi Mana? Gambar surat suara dimasukkan dalam kotak suara saat pilkada bupati Mojokerto | livyah08/Shutterstock

Pemilihan Umum (Pemilu) akan berlangsung pada 14 Februari 2024 yang dilaksanakan serentak. Dalam Pemilu 2024 nanti, masyarakat akan diberikan 5 surat suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memilih wakil-wakil rakyatnya.

Kelima suara yang harus diberikan masyarakat pada Pemilu 2024 diperuntukkan untuk memilih calon Presiden dan calon Wakil Presiden, kemudian calon anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota sekaligus calon anggota DPD.

Salah satu unsur penting dalam pemilu tentu berkaitan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Indonesia. Daftar ini memiliki arti penting seperti untuk distribusi surat suara, pembagian Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan lain sebagainya.

Data DPT untuk pemilu 2024 ini dibacakan langsung oleh masing-masing Ketua Divisi Data dan Informasi KPU yang ada di 38 provinsi pada rapat rekapitulasi DPT di kantor KPU RI, hari minggu(2/7).

Pada pemaparan tersebut diketahui bahwa KPU melakukan penetapan DPT seluruh wilayah Indonesia untuk Pemilu 2024.

“Dengan jumlah laki-laki dan perempuan 204.807.222. Bapak Ibu sekalian, itu lah rekapitulasi daftar pemilih tetap untuk pemilu 2024 oleh KPU” ucap Komisioner KPU RI Betty Epsilon Idroos dikutip dari CNN Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Betty juga membacakan porsi DPT menurut jenis kelamin yang terdiri dari 101,46 juta laki-laki dan 101,58 juta perempuan. Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa terdapat 1,75 juta pemilih berada di luar negeri yang tersebar di 128 negara perwakilan.

Untuk jumlah TPS sendiri, Betty menyebut terdapat 820 ribu TPS yang tersedia di dalam negeri, sementara untuk TPSLN, KSK, dan Pos berjumlah 3.059 lokasi.

Dari pembacaan data oleh KPU ini, diketahui juga jumlah DPT Pemilu 2024 yang terdapat di setiap provinsi.

Berdasarkan data KPU, provinsi dengan jumlah DPT terbanyak mayoritas terletak di Pulau Jawa. Seperti yang kita ketahui bahwa Pulau Jawa merupakan pulau paling padat dengan jumlah penduduk terbanyak dibandingkan pulau-pulau Indonesia lainnya.

Daftar provinsi dengan DPT terbanyak pada Pemilu 2024 | Goodstats

Mengacu pada data di atas, provinsi yang memiliki jumlah DPT terbanyak merupakan Provinsi Jawa Barat dengan jumlah 35,71 juta pemilih. Posisi kedua diisi oleh Jawa Timur dengan 31,40 juta pemilih.

Kemudian disusul Jawa tengah dengan 28,28 juta pemilih. Lalu ada Sumatra Utara yang berjumlah 10,85 juta pemilih, dan urutan kelima diisi oleh Provinsi Banten sebanyak 8,84 juta pemilih.

 

Penulis: Mela Syaharani
Editor: Editor

Konten Terkait

2,5% Orang Indonesia Minum Soft Drink Setiap Hari

Minuman bersoda mengandung 39 gram gula per kaleng, yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Kualifikasi Pengalaman dan Pendidikan Jadi Hambatan Utama dalam Mencari Kerja

Terlepas dari situasi yang semakin kompleks, tetap ada harapan bagi mereka yang gigih dan terus berusaha dalam mencari kerja.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook