10 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022, Indonesia Termasuk?

Dari 146 negara yang mengikuti survei ini, urutan teratas masih dipegang oleh negara-negara di benua Eropa.

10 Negara Paling Bahagia di Dunia 2022, Indonesia Termasuk? Negara Finlandia | Shutterstock/Mistervlad

Menghitung ukuran kebahagiaan suatu negara bukanlah hal yang mudah serta tidak ada standar yang pasti. Meskipun begitu, terdapat beberapa aspek dan faktor yang dapat dilihat dalam menentukan kebahagiaan sebuah negara.

Happiness World Report mengukur kebahagiaan suatu negara dari aspek yang meliputi harapan hidup sehat, PDB (Produk Domestik Bruto) per kapita, dukungan sosial, korupsi rendah, kepercayaan sosial, kedermawanan dalam komunitas, hingga kebebasan dalam membuat keputusan penting dalam hidup.

Tak hanya itu, World Happiness Report juga mengkaji dampak Covid-19 terhadap kualitas hidup masyarakat. Mulai dari kesehatan mental, interaksi sosial, keamanan kerja, dan respons pemerintah terhadap pandemi.

Dari 146 negara yang mengikuti survei ini, terdapat 10 negara teratas yang diklaim sebagai negara paling bahagia di dunia.

Negara paling bahagia di dunia | Goodstats

Urutan teratas masih dipegang oleh Finlandia. Negara dengan Ibu Kota Helsinki ini telah menduduki peringkat pertama selama lima tahun berturut-turut. Dengan skor total 7,82 dari 10, Finlandia unggul dalam bidang dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan, korupsi yang rendah, dan penentuan pilihan hidup.

Kemudian disusul oleh Denmark dengan skor 7,63. Negara yang kaya akan air ini mampu menduduki peringkat kedua dikarenakan memiliki pemerintahan yang stabil, pendidikan dan perawatan kesehatan gratis, hingga menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Selanjutnya di urutan ketiga ditempati oleh Islandia dengan skor 7,55. Negara kepulauan ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah, akses pendidikan berkualitas secara gratis, hingga tingkat pengangguran yang rendah.

Peringkat keempat terdapat Swiss dengan skor 7,51. Negara ini memiliki PDB yang stabil dan tinggi. Pendapatan rata-rata penduduk Swiss lebih tinggi 75 persen dibandingkan Amerika Serikat. Swiss juga masuk dalam kategori negara paling sehat, dikarenakan jumlah obesitasnya sangat rendah.

Urutan kelima ditempati oleh Belanda dengan skor 7,41. Dilansir dari Travel and Leisure, penduduk Belanda dinilai memiliki keseimbangan kehidupan kerja terbaik di dunia, pendidikan berkualitas, tingkat kejahatan yang rendah, serta pendapatan yang dapat dibelanjakan tinggi. Kemudian, diikuti oleh Swedia dengan skor 7,38. 

Selanjutnya, ditempati oleh Norwegia dan Israel dengan skor 7,36, kemudian Selandia Baru dengan skor 7,2. Peringkat kesepuluh ditempati oleh Austria dengan skor 7,16. Indonesia masih belum berhasil menduduki jajaran teratas. Saat ini, Indonesia menempati urutan ke-87 dengan skor 5,24.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Islandia Jadi Juara Penghasil Energi Terbarukan, Indonesia Peringkat Berapa?

Indonesia kian mendekati capaian global untuk pemanfaatan energi baru terbarukan.

Negara-Negara Ini Paling Sering Dilanda Gempa

Indonesia termasuk negara yang rawan mengalami gempa bersama negara lainnya di daftar berikut ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X