10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh 2021, TikTok dan Instagram Teratas

Apptopia kembali merilis daftar aplikasi paling banyak diunduh di dunia sepanjang 2021. Hasilnya bukan main menyentuh ratusan juta unduhan.

10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh 2021, TikTok dan Instagram Teratas Ilustrasi mengunduh aplikasi di perangkat mobile | A_B_C/Shutterstock

Semenjak kemunculan wabah Covid-19, terbatasnya aktivitas masyarakat di luar menyebabkan lonjakan jumlah unduhan berbagai aplikasi dalam jaringan (daring). Selain memenuhi kebutuhan produktivitas seperti bekerja dari rumah, tidak sedikit orang yang mengunduh aplikasi untuk memperoleh hiburan hingga melakukan eksperimen kreatif.

Apptopia, perusahaan analitik yang menyajikan ragam statistik berbagai aplikasi di dunia maya merilis hasil survei aplikasi dengan jumlah unduhan terbanyak di dunia pada tahun 2021. Hasil penghitungan diperoleh dari data unduhan gabungan di perangkat iOS (App Store) serta Android (Google Play Store).

Tidak tanggung-tanggung, jumlah unduhan aplikasi yang masuk dalam daftar sanggup menyentuh angka ratusan juta. Lantas, aplikasi mana saja yang termasuk dalam daftar dan siapakah jawaranya?

Aplikasi paling banyak diunduh di dunia pada tahun 2021 | Angelia/GoodStats

1. TikTok

TikTok berhasil menjadi aplikasi jawara dengan total unduhan sebanyak 656 juta pengguna sepanjang tahun 2021. TikTok berhasil booming sejak pandemi Covid-19 yakni sekitar pertengahan tahun 2020 dan konsisten meraup atensi masyarakat dunia hingga saat ini.

Sempat diremehkan, TikTok berhasil membalikkan keadaan dan melejitkan eksistensinya sebagai aplikasi paling banyak diunduh masyarakat di dunia. Raihan yang dicapai oleh TikTok bahkan mengalahkan berbagai aplikasi di bawah naungan raksasa teknologi Meta. Aplikasi berbagi video ini banyak digemari khususnya pada kalangan anak muda di dunia.

Meskipun menjadi pemuncak klasemen pada tahun 2021, tak dapat dipungkiri pertumbuhannya justru turun 22,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Instagram

Posisi ke-2 ditempati oleh Instagram dengan total unduhan sebanyak 545 juta pengguna pada tahun 2021. Aplikasi berbagi foto dan video ini diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Pertumbuhan aplikasi di bawah naungan Meta ini menunjukkan pencapaian yang positif yakni naik sebesar 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

3. Facebook

Aplikasi jejaring sosial media besutan Mark Zuckerberg ini berhasil meraih posisi ke-3 dengan total unduhan sebanyak 416 juta pengguna. Facebook merupakan induk dari semua aplikasi di bawah naungan Meta.

Sayangnya sama seperti TikTok, jumlah unduhan terhadap aplikasi Facebook menurun sebesar 23 persen daripada tahun sebelumnya.

4. WhatsApp

Aplikasi bertukar pesan serta panggilan WhatsApp meraih posisi ke-4 dengan total 395 juta unduhan sepanjang tahun 2021. Dirilis sejak tahun 2009 lalu oleh Brian Acton dan Jan Koum, saat ini WhatsApp juga menjadi salah satu aplikasi miliki platform Meta.

Pertumbuhan jumlah unduhan aplikasi WhatsApp juga mengalami penurunan pada tahun 2021 sebesar 34,2 persen dibandingkan secara year-on-year (YoY).

5. Telegram

Memiliki total unduhan mencapai 329 juta pengguna menjadikan Telegram berada di posisi ke-5 aplikasi paling banyak diunduh di dunia pada 2021. Aplikasi layanan pengirim pesan instan instan yang diciptakan oleh kakak beradik Nikolai dan Pavel Durov ini berhasil mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 29 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

6. Snapchat

Snapchat memperoleh 327 juta unduhan sepanjang tahun 2021, menempatkannya di posisi ke-6. Aplikasi pesan foto ini dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat berkuliah di Universitas Stanford.

Dirilis sejak 2011, aplikasi ini masih eksis dengan rekor pertumbuhan positif sebesar 16 persen pada tahun 2021.

7. Zoom

Zoom berada di posisi ke-7 dengan total unduhan sebanyak 300 juta pengguna sepanjang tahun 2021. Aplikasi telekonferensi video ini sangat populer terutama digunakan sebagai alternatif untuk mengadakan pertemuan daring baik pada perusahaan maupun sekolah dan perguruan tinggi.

Sejak berlangsungnya pandemi Covid-19, segala rapat perusahaan, kegiatan belajar mengajar, dan aktivitas lainnya diselenggarakan secara daring menggunakan platform online meeting salah satunya ialah Zoom ini. Namun pada tahun 2021, pertumbuhannya merosot sebesar 37,1 persen dari tahun sebelumnya.

8. Messenger

Messenger menempati posisi ke-8 dengan total unduhan sebanyak 268 juta pengguna sepanjang tahun 2021. Pertumbuhan aplikasi ini menurun sebesar 33, 7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berbeda dengan aplikasi media sosial lainnya yang menyematkan fitur berbagi pesan di dalam aplikasi, Messenger hadir sebagai aplikasi berbagi pesan milik Facebook yang diunduh secara terpisah.

9. CapCut

Posisi ke-9 diraih oleh aplikasi CapCut dengan total unduhan mencapai 255 juta pengguna. CapCut mencatatkan pertumbuhan yang fantastis sepanjang tahun 2021 yakni sebesar 230 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Aplikasi edit video besutan ByteDance Ltd ini sebelumnya bernama Viamaker. Aplikasi ini populer di kalangan para editor pemula maupun yang sudah ahli dengan menawarkan kemudahan mengedit video di perangkat mobile.

10. Spotify

Terakhir dalam daftar ini, Spotify menempati posisi ke-10 dengan total unduhan sebanyak 203 juta pengguna. Aplikasi streaming musik secara daring ini berhasil meraup pertumbuhan positif sebesar 4 persen secara YoY pada tahun 2021.

Tidak hanya mendengarkan musik secara digital, Spotify juga menjadi platform berbagai podcast yang dapat didengarkan secara gratis oleh seluruh pengguna. Spotify menjadi aplikasi hiburan yang kian digemari oleh masyarakat dunia.

Masyarakat Indonesia gemar menghabiskan waktu bermain TikTok

Sebagai aplikasi yang berhasil memperoleh jumlah unduhan terbanyak di dunia, TikTok membuktikan bahwa platform-nya digemari oleh banyak masyarakat. Hasil survei yang dirilis oleh We Are Social pada Januari 2022 merangkum daftar negara dengan durasi bermain TikTok terlama.

Negara dengan durasi bermain TikTok paling lama per 26 Januari 2022 | GoodStats

Hasilnya, Inggris menempati peringkat pertama dengan rata-rata durasi penggunaan TikTok selama 27,3 jam per bulan. Berikutnya disusul Rusia di posisi ke-2 dengan durasi selama 26,3 jam per bulan dan Amerika Serikat di posisi ke-3 dengan durasi 25,6 jam per bulan.

Indonesia sendiri menempati posisi ke-7 dengan rata-rata durasi penggunaan TikTok selama 23,1 jam per bulan. Sementara itu, rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna TikTok di seluruh dunia untuk berselancar di aplikasi ini ialah selama 19,6 jam per bulan.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 7 Negara Terbaik di Dunia, Mana Saja Ya?
Artikel Selanjutnya Angka Putus Sekolah di Indonesia Menurun Selama Pandemi
Konten Terkait