Capai 1 Juta Pengguna dalam Satu Jam Rilis, Apa Kabar “Threads” Sekarang?

Sukses di awal peluncurannya, bagaimana kabar aplikasi Threads saat ini?

Capai 1 Juta Pengguna dalam Satu Jam Rilis, Apa Kabar “Threads” Sekarang? Aplikasi Threads. Sumber: Getty Images oleh Loic Venance

Aplikasi berbasis teks keluaran Meta, Threads, mencuri perhatian dunia di waktu perilisannya. Rilis pada 6 Juli 2023, aplikasi tersebut langsung dihuni oleh 1 juta pengguna dalam waktu satu jam. Jumlah pengguna kian meningkat signifikan pada hari yang sama.

Jumlah pengguna Threads terus meningkat meskipun tidak sesignifikan di awal peluncurannya.
Jumlah pengguna Threads terus meningkat meskipun tidak sesignifikan di awal peluncurannya.

Threads berhasil mencapai 70 juta pengguna hanya dalam waktu dua hari. Mark Zuckerberg memposting responnya atas pencapaian tersebut.

“70 juta pendaftar di Threads pagi ini. Jauh melampaui ekspektasi kami,” tulis Mark pada akun Threads-nya.

Apabila ditinjau dari jumlah pengguna harian, jumlahnya sempat menurun hingga 50% di awal peluncurannya. Di hari pertama diluncurkan, Threads mencapai 41,79 juta pengguna aktif harian. 

Akan tetapi, jumlah tersebut turun drastis hingga 23,6 juta pengguna aktif harian pada seminggu setelahnya, yaitu 14 Juli 2023. Jumlahnya juga terus menurun hingga mencapai 10,3 juta pengguna aktif harian di Agustus 2023.

Di kuartal awal 2024, Threads kembali stabil dengan 150 juta pengguna aktif bulanan. Jumlah ini tentu masih kalah jauh dari pesaingnya, Twitter atau X, yang memiliki 259 juta pengguna aktif harian.

Hingga saat ini, Threads masih menjadi aplikasi dengan waktu tersingkat untuk mencapai 1 juta dan 10 juta pengguna. Instagram, sebagai produk pendahulunya, mencapai 1 juta pengguna dalam waktu 2,5 bulan dan mencapai 10 juta pengguna dalam 355 hari.

Dalam catatan Statista, rekor aplikasi yang paling cepat memiliki 1 juta pengguna, sebelumnya dipegang oleh ChatGPT. Aplikasi tersebut membutuhkan 5 hari untuk mendapatkan 1 juta pengguna. 

Kemudian, baru disusul Instagram dengan 2,5 bulan, Spotify dengan 5 bulan, dan Dropbox dengan 7 bulan. Beberapa aplikasi lain mendapatkan 1 juta pengguna dalam waktu 10 bulan atau lebih.

Pada 2 April 2024, Threads baru saja memperbarui fiturnya, yaitu kemampuan untuk meninjau dan menilai kesalahan informasi secara langsung di platform tersebut. Fitur ini telah direncanakan sejak akhir tahun 2023 dan kini mulai berjalan.

Threads juga sudah terhubung dengan fediverse dan membuatnya dapat saling berbagi di web tersebut. Fitur tersebut masih diujinya di beberapa negara, sejak 21 Maret 2024.

Threads telah digunakan banyak public figure dunia, diantaranya memimpin dengan jumlah pengikut terbanyak. Neymar memiliki 15,7 juta pengikut dan menjadi orang yang paling banyak memiliki pengikut di Threads hingga kini. 

Neymar memimpin perolehan pengikut terbanyak di Threads.
Neymar memimpin perolehan pengikut terbanyak di Threads.

Posisi berikutnya diisi oleh Selena Gomez dengan 14,8 juta pengikut. Mr Beast, sebagai orang pertama yang mencapai 1 juta pengikut di Instagram, kini memiliki 8,2 pengikut di Threads.

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Mayoritas Warganet ASEAN Mengikuti Influencer di Media Sosial

Warganet ASEAN memiliki variasi besar dalam jumlah influencer yang mereka ikuti, dengan mayoritas mengikuti antara 1 hingga 10 influencer.

Influencer Manakah yang Paling Dipercaya Warganet ASEAN?

Di ASEAN, mega influencer memiliki tingkat kepercayaan warganet yang paling tinggi, yang mencerminkan pentingnya jumlah pengikut dalam pemasaran digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook