Calon Pesaing Burj Khalifa akan Rampung 25 Tahun Mendatang?

Kuwait mengumumkan bahwa berencana akan membangun Menara tertinggi di dunia, yang akan menjadi pesaing Burj Khalifa dengan nama Burj Mubarak al-Kabir.

Calon Pesaing Burj Khalifa akan Rampung 25 Tahun Mendatang? Burj Khalifa. Sumber: Viator

Gedung pencakar langit memang merupakan hasil arsitektur modern yang seringkali membuat takjub. Dengan konstruksinya yang menjulang tinggi di langit, gedung tersebut sering kali digunakan sebagai pusat perkantoran, bisnis, hotel, hingga pusat perbelanjaan.

Gedung pencakar langit yang didesain sedemikian rupa dengan hasilnya yang memikat mata pun tak jarang menjadi ikon dari sebuah kota atau pun sebuah negara, seperti Burj Khalifa.

Pertengahan tahun 2023 lalu, Kuwait mengumumkan bahwa berencana akan membangun Menara tertinggi di dunia, yang akan menjadi pesaing Burj Khalifa dengan nama Burj Mubarak al-Kabir.

Proyek Burj Mubarak al-Kabir ini rencananya akan berlokasi di distrik Subiya, Kota Kuwait. Dengan jumlah lantai yang akan mencapai 234 lantai dan berkapasitas untuk menampung 7.000 orang, pembangunan gedung ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 25 tahun. Perkiraan waktu pembangunan tersebut memungkinkan untuk kota di sekitar pembangunan Burj Mubarak al-Kabir dapat berkembang.

Pembangunan Burj Mubarak al-Kabir ini merupakan bagian dari upaya Kuwait yang lebih meluas untuk memberikan banyak variasi terhadap dinamika perekonomian dan mengurangi ketergantungannya pada ekspor minyak. Proyek besar ini diharapkan dapat menyediakan sebanyak 43.000 lapangan kerja serta menarik investor asing dalam jumlah besar ke negara tersebut.

Melansir The Siasat Daily, dengan jumlah lantai yang mencapai lebih dari 200 lantai tersebut, Burj Mubarak al-Kabir akan memiliki tinggi sebesar 1001 meter. Angka tersebut juga bukanlah merupakan angka biasa, namun angka tersebut merupakan sebuah penghargaan terhadap cerita rakyat terkenal “Seribu Satu Malam” yang legendaris dan berlatar di teluk dan tempat lain di timur tengah.

Bila Kuwait merampungkan proyek Burj Mubarak al-Kabir ini, predikat gedung tertinggi di dunia yang dipegang selama lebih dari satu decade sejak 2010 oleh Burj Khalifa akan beralih. Selain Burj Khalifa, saat ini tercatat ada beberapa gedung-gedung di dunia yang tidak kalah tingginya. Dilansir dari Al Arabiya English, berikut daftar gedung-gedung tertinggi di dunia.

  1. Burj Khalifa, Dubai (830 meter)
  2. Shanghai Tower, China (632 meter)
  3. Mecca’s Royal Clock Tower, Saudi Arabia (601 meter)
  4. Ping An Finance Center, China (599 meter)
  5. Lotte World Tower, Korea Selatan (555 meter)
  6. One World Trade Center, New York (541 meter)
  7. Guangzhou CTF Finance Centre, China (530 meter)

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Majelis Umum PBB Sahkan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, Mayoritas Suara Mendukung

Sebanyak 153 negara anggota PBB mendukung resolusi gencatan senjata di Gaza pada Selasa, (12/12/2023) kemarin

Ratusan Pengungsi Ditolak di Aceh, Mengapa Etnis Rohingya Tak Diakui Myanmar?

Konflik etnis Rohingya merupakan permasalahan panjang di Myanmar dan menjadi PR besar bagi ASEAN

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook