Bukan Indonesia, Ini Negara Pemilik Hutang Terbanyak di Dunia

World Population Review tahun 2022 merupakan organisasi independen menyajikan data demografis menampilkan 10 negara yang memiliki utang terbanyak di dunia.

Bukan Indonesia, Ini Negara Pemilik Hutang Terbanyak di Dunia Ilustrasi utang global | William Potter/Shutterstock

Dalam roda kehidupan maupun pemerintahan dan negara, utang juga kerap muncul yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negara.

Utang negara atau sovereign debt dikeluarkan atau dijamin oleh pihak pemerintah pada suatu negara. Dalam artian bahwa utang negara adalam surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintahan nasional.

Utang negara secara global tidak memandang wilayah baik itu Eropa maupun Asia. Bahkan, beberapa utang terbanyak di dunia didominasi oleh negara maju dan di wilayah Eropa.

Negara utang terbanyak berdasarkan persen dari PDB negara | GoodStats

Berdasarkan data yang dirilis dari  World Population Review pada tahun 2022 yang merupakan organisasi independen menyajikan data demografis menampilkan 10 negara yang memiliki utang terbanyak di dunia.

Berikut negara yang memiliki utang terbanyak di dunia pada tahun 2022 yang berasal dari World Population Review.

1. Jepang

Negara yang dijuluki sebagai negara sakura tersebut menjadi negara yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Populasi penduduk Jepang sebanyak 127.185.332 jiwa dengan jumlah utang sebesar 9.087 triliun dolar AS atau bila dirupiahkan sebesar Rp132.300.000 triliun. Dimana persentase utang negara tersebut sebesar 234,18 persen dari PDB.

Utang dari negara Asia Timur tersebut melonjak dikarenakan jatuhnya pasar saham dan keputusan pemerintah Jepang untuk penyelamatan terhadap bank serta perusahaan asuransi dengan memberikan kredit rendah.

2. Yunani

Yunani menjadi negara diposisi kedua yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Negara tersebut memiliki utang sebesar 379 miliar dolar AS atau bila dirupiahkan setara dengan Rp5.571 triliun.

Perekonomian negara tersebut mengandalkan sektor pariwisata sebesar 16 persen dari pendapatan negara. Namun, negara yang memiliki populasi penduduk sebanyak 10,3 juta jiwa tersebut memiliki utang dengan persentase yang menyentuh 174,15 persen dari PDB.

Akibat dari utang tersebut, para investor Yunani menghentikan pembelian surat utang yang diterbitkan dari Yunani. Selain itu, pemerintah Yunani menerapkan beberapa kebijakan untuk memangkas gaji pegawai negeri sipil, menaikkan pajak, membekukan anggaran pensiun baru, dan melarang pension dini.

3. Italia

Italia menjadi negara diposisi ketiga yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Negara tersebut memiliki utang sebesar 2,17triliun dolar AS atau bila dirupiahkan setara dengan Rp33.616 triliun.

Perekonomian Italia sebagian besar didominasi dari sektor industri. Dimana populasi penduduk Italia mencapai 60.267.770 jiwa memiliki utang dengan persentase yang menyentuh 133,34 persen dari PDB.

4. Portugal

Portugal menjadi negara diposisi keempat yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Negara tersebut memiliki utang sebesar 264 miliar dolar AS atau bila dirupiahkan setara dengan Rp3.880 triliun. Dimana populasi penduduk Portugal sebesar 10.140.570 jiwa memiliki utang dengan persentase 119,46 persen dari PDB.

Bila dilihat, Portugal secara finansial lebih baik terlebih lagi selama krisis keuangan tahun 2008-2009. Hanya saja Portugal kurang berinvestasi dalam infrastruktur hingga kecil kemungkinan mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan terutama dalam hal jalan dan trasnportasi.

5. Spanyol

Spanyol menjadi negara diposisi kelima yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Negara tersebut memiliki utang sebesar 1,24 triliun dolar AS atau bila dirupiahkan sebesar Rp18.228 triliun. Dimana persentase utang negara tersebut sebesar 234,18 persen dari PDB.

Meskipun jumlah utang yang tinggi, Spanyol tetap memiliki populasi penduduk yang rendah dibandingkan dengan negara Eropa Barat lainnya. Selain itu, akses perawatan dan kualitas hidup seperti air dan sanitasi relatif baik.

6. Singapura

Singapura menjadi negara diposisi keenam yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Negara tetangga Indonesia tersebut memiliki utang sebesar 254 miliar dolar AS atau bila dirupiahkan sebesar Rp3.674,7 triliun. Dimana persentase utang negara tersebut sebesar 109,37 persen dari PDB.

Salah satu negara Asia Tenggara yang tergolong maju tersebut, mengamdalkan perekonomiannya dengan bertumpu pada industri dan jasa non agraris. Produk eskpor dari negara Singapura antara lai produk dalam bidang elektronik dan kimia. Selain itu, terkenal akan pelayanan jasa dan pariwisata yang berkualitas.

7. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara diposisi ketujuh yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Populasi penduduk Amerika Serikat sebanyak 334.805.269 jiwa dengan jumlah utang sebesar 19,23 triliun dolar AS atau bila dirupiahkan sebesar Rp278.207 triliun. Dimana persentase utang negara tersebut sebesar 106,7 persen dari PDB.

Meskipun Amerika memiliki ekonomi keseluruhan terbesar di dunia, tetapi PDB per kapitanya bukan yang tertinggi di dunia. Bahkan, Amerika Serikat hanya masuk urutuan ke sepuluh PDB tertinggi di dunia.

8. Bhutan

Bhutan menjadi negara diposisi kedelapan yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Populasi penduduk Bhutan sebanyak 787.941 jiwa dengan jumlah utang sebesar 2,33 miliar dolar AS atau bila dirupiahkan setara dengan Rp33,7 triliun. Dimana persentase utang negara tersebut sebesar 103,83 persen dari PDB.

Secara geografis, Bhutan terkurung pada daratan di Asia Selatan di ujung Himalaya. Berbatasan dengan India di Barat, Selatan dan Timur, dan China di Utara.

9. Siprus

Siprus menjadi negara diposisi kesembilan yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Populasi penduduk Siprus sebanyak 1.223.387 jiwa dengan jumlah utang sebesar 21,64 miliar dolar AS atau bila dirupiahkan setara dengan Rp318 triliun. Dimana persentase utang negara tersebut sebesar 101,04 persen dari PDB.

Secara geografis, Siprus merupakan negara kepulauan di Laut Mediterania Timur yakni pulau terbesar dan terpadat ketiga wilayah tersebut terletak di sebelah Timur Yunani.

10. Belgia

Belgia menjadi negara diposisi kesepuluh yang memiliki utang terbanyak di dunia tahun 2022 yang dilihat secara persentase dari PDB negara.

Negara yang ditemukan di Eropa Barat, di sepanjang Laut Utara antara Belanda dan perancis tersebut memiliki populasi penduduk sebesar 11.668.278 jiwa. Utang Belgia sebesar 456,18 miliar dolar AS atau bila dirupiahkan lebih dari Rp6.705 triliun. Dimana persentase utang negara tersebut sebesar 99,57 persen dari PDB.

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Kasus Covid-19 Tak Kunjung Mereda, WHO Tegaskan Endemi Masih Jauh
Artikel Selanjutnya Menu Favorit Masyarakat Saat Berbelanja Makanan Online 2022
Konten Terkait