Ini Deretan Hewan Tercepat di Dunia, Cheetah Nomor Empat

Menurut Live Science, alap-alap kawah merupakan hewan tercepat di dunia yang mampu terbang dengan kecepatan 354 km/jam

Ini Deretan Hewan Tercepat di Dunia, Cheetah Nomor Empat Ilustrasi cheetah yang ditemukan di wilayah Kenya | AfricaWildlife/Shutterstock

Memiliki kecepatan yang tinggi merupakan kelebihan bagi hewan-hewan di alam liar untuk tetap bertahan hidup. Hewan predator biasanya menggunakan kemampuan tersebut untuk mengejar mangsanya. Sedangkan, ada juga hewan lain yang menggunakannya untuk melarikan diri dari musuh atau pemangsa.

Berdasarkan beberapa penelitian, batas maksimal kecepatan manusia berlari adalah 40 mil/jam atau sekitar 64 km/jam. Namun, kecepatan tersebut tentunya masih tertinggal jauh dari sejumlah hewan tercepat di dunia.

Melansir Live Science, hewan-hewan yang memiliki kecepatan tinggi di dunia ditemukan dari berbagai habitat, seperti darat dan laut. Hewan yang memiliki kecepatan paling tinggi di dunia adalah burung alap-alap kawah dengan kecepatan mencapai 354 km/jam.

Daftar hewan tercepat di dunia | Goodstats

Disusul oleh elang emas di posisi kedua dengan kecepatan mencapai 322 kilometer/jam. Selanjutnya, ada juga kelelawar ekor Brasil dan cheetah dengan kecepatan masing-masing sekitar 160 km/jam dan 112 km/jam. Selengkapnya, berikut daftar hewan tercepat di dunia versi Live Science.

1. Alap-alap kawah

Potret alap-alap kawah yang sedang terbang | Wang LiQiang/Shutterstock

Alap-alap kawah (falco peregrinus) atau peregrine falcon merupakan hewan tercepat di dunia dan mampu melesat hingga 220 mph (354 km/jam) dengan sayapnya. Hewan ini biasanya menggunakan kemampuannya ketika berburu burung lain.

Menurut laman Universitas Boston, elang ini memiliki sayap runcing dan ramping, tulang dada yang dimodifikasi untuk perlekatan otot yang kuat dan bulu kaku untuk mengurangi hambatan udara ketika sedang terbang.

Tempat berkembang biak alap-alap kawah biasanya meliputi wilayah daratan, dari tundra hingga daerah beriklim tropis. Alap-alap kawah dapat ditemukan di seluruh dunia dan di setiap benua kecuali Antartika, menurut National Wildlife Federation.

2. Elang emas

Potret elang emas | Ridzwan09/Shutterstock

Elang emas (Aquila chrysaetos) adalah salah satu burung terbesar di wilayah Amerika Utara dan memiliki lebar sayap mencapai lebih dari 7 kaki (220 cm). Meeki memilki ukuran yang besar, namun mereka memiliki kecepatan tinggi ketika sedang mengejar mangsanya.

Menurut penelitian dari Cornell Lab of Ornithology, maksimum kecepatan yang dimiliki oleh elang emas mencapai 200 mph (322 km/jam). Adapun, habitat alami mereka membentang di belahan bumi utara, termasuk Amerika Utara, Eropa, Afrika, serta Asia.

3. Kelelawar ekor Brasil

Foto kelelawar ekor Brasil | GTW/Shutterstock

Hewan yang memiliki kemampuan terbang paling cepat selanjutnya bukanlah dari spesies burung, melainkan mamalia. Mengutip Live Science, kelelawar ekor Brasil mampu terbang dengan kecepatan hingga 44,5 meter per detik atau setara 100 mph (160 km/jam). Kemampuan tersebut ditemukan pada kelelawar betina yang beratnya hanya sekitar 0,4 ons.

Tidak seperti namanya, ternyata kelelawar ekor Brasil tidak hanya dapat ditemukan di Brasil. Habitat alami mereka membentang dari Argentina hingga Chili di Amerika Selatan, melalui Amerika Tengah dan Amerika Serikat, termasuk Oregon dan Ohio.

4. Cheetah

Potret seekor cheetah jantan di Afrika Selatan | Stu Porter/Shutterstock

Kucing besar satu ini menempati peringkat keempat dalam daftar hewan tercepat di dunia. Cheetah merupakan hewan darat tercepat yang mampu berlari dengan kecepatan maksimu, yaitu 60 hingga 70 mph (96 hingga 112 km/jam).

Live Science melaporkan, seekor cheetah bernama Sarah dari Kebun Binatang Cincinnati tercatat mampu berlari hingga 100 meter dalam waktu 5,95 detik. Pelari olimpiade Usain Bolt yang memegang rekor dunia tercatat mampu berlari dengan jarak yang sama dalam waktu 9,58 detik.

Habitat alami cheetah berada di wilayah Afrika utara, timur dan selatan, dan populasi yang lebih kecil juga ditemukan di Iran. Cheetah memiliki tubuh yang panjang dan ramping serta kaki yang kuat untuk membantu mereka berlari, sehingga mereka dapat mengejar mangsanya, seperti rusa.

5. Ikan layar

Foto ikan layar | WorldStrides.com

Peringkat kelima ditempati oleh ikan layar sebagai ikan tercepat di lautan dengan kecepatan maksimum mencapai 68 mph (110 km/jam) menurut penelitian dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Ikan layar memiliki ciri-ciri berwarna biru keabu-abuan dan sirip yang mirip dengan layar kapal. Ciri penting lainnya adalah moncong yang memanjang, yang menyerupai moncong ikan todak. Siripnya biasanya terlipat saat berenang, namun juga bisa naik apabila sedang merasa terancam.

6. Ikan todak

Potret ikan todak | The New York Times

Ikan todak (Xiphias gladius) menduduki peringkat keenam dalam daftar hewan tercepat di dunia dengan perkiraan kecepatan maksimum lebih dari 62 mph (100 km / jam). Ikan menggunakan tubuh dan moncongnya yang seperti pedang untuk mengurangi hambatan ketika berenang.

Moncong ikan todak memanjang berbentuk pedang pipih dan kuat, yang berukuran hampir sepertiga badan mereka. Ikan todak bukanlah jenis ikan yang suka hidup berkelompok. Mereka lebih senang menyendiri dan berenang berjauhan sekitar 10 meter dari jenisnya.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Intip Suku Bunga Student Loans di 5 Negara, Apa yang Bisa Dipelajari Indonesia?

Kenaikan UKT berujung wacana student loans. Berapa tambahan bunga yang harus dibayar mahasiswa di luar negeri?

Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024

2,3 juta honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK, namun hanya 1,7 juta orang yang terdata BKN dan formasi untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook