Bali Jadi Daerah Favorit Turis Asing Berkunjung ke Indonesia

Dari 34 provinsi di Indonesia, Bali masih menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara ketika mengunjungi Indonesia

Bali Jadi Daerah Favorit Turis Asing Berkunjung ke Indonesia Wisatawan Asing mempelajari kebudayaan Bali. (Sumber: Shutterstock)

Pesona tempat wisata di Indonesia memang tidak diragukan lagi. Setiap provinsi di Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata yang hampir tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi yang penting di Indonesia. Pariwisata juga salah satu bidang penyumbang devisa utama bagi Indonesia. Dikutip dari indonesia.go.id, pada 2022 peringkat pariwisata di Indonesia naik pesat dari urutan 44 ke urutan 32. Data peringkat itu dirilis oleh World Economic Forum pada Mei 2022. Hal ini menyebabkan Indonesia untuk pertama kalinya berada di atas Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Indonesia punya banyak pilihan destinasi wisata atau daerah yang bisa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara alias turis asing. Dari banyak daerah, ternyata Bali tetap menjadi destinasi utama para wisatawan ketika berkunjung ke Indonesia.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), Bali masih menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara (wisman) saat berkunjung ke Indonesia pada 2022. Dari 5,89 juta wisman yang berkunjung ke dalam negeri, sebanyak 46,72 persen di antaranya pergi ke Bali.

Angka itu paling tinggi jika dibandingkan dengan destinasi lainnya. Dengan jarak yang cukup jauh, DKI Jakarta menyusul di posisi kedua, sebesar 13,03 persen. Kemudian, 11,81 persen wisman berkunjung ke Kepulauan Riau.

Tingginya kunjungan ke DKI Jakarta karena provinsi ini merupakan pusat pemerintahan sekaligus pusat bisnis yang memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.

Sebanyak 3,76 persen wisman memilih Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi wisatanya saat berkunjung ke Indonesia. Ada pula 3,41 persen wisman yang berkunjung ke Jawa Timur. Persentase wisman yang pergi ke Jawa Barat dan Yogyakarta masing-masing sebanyak 3,40 persen dan 3,37 persen. Sementara, 2,84 persen wisman terpantau berkunjung ke Riau.

Total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tembus 945 ribu kunjungan pada Mei 2023. Secara profil pekerjaan, turis asing itu didominasi kelompok profesional, manajer, dan karyawan, serta pelajar. Adapun tujuan kunjungannya untuk berlibur, bisnis, dan hal personal lainnya.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Kunjungan Wisatawan Meningkat, Berikut Event International yang Diselenggarakan di Indonesia pada 2024

Kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia mencapai 4,09 juta dari Januari-April 2024, hal ini didorong oleh banyaknya event internasional di Indonesia.

Museum dan Cagar Budaya di Indonesia Diproyeksikan Mengalami Kenaikan Pendapatan pada 2025

Dengan komitmen yang kuat dan kolaborasi yang efektif, kekayaan budaya dan sejarah Indonesia dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook