GoodStats
Pencarian
Masuk

7 PO Bus dengan Trayek Terjauh di Indonesia

Bus menjadi salah satu moda transportasi jarak jauh favorit masyarakat Indonesia. Beberapa perusahaan otobus bahkan melayani rute hingga ribuan kilometer.

7 PO Bus dengan Trayek Terjauh di Indonesia Potret bus AKAP | Dhimi Dasalino Siswanto/Shutterstock

Bus dapat dikatakan sebagai salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk berpergian antar kota antar provinsi (AKAP). Bus hadir sebagai solusi melakukan perjalanan jarak jauh dengan harga yang lebih terjangkau, terlebih kini jasa transportasi bus semakin berkembang dengan menawarkan pelayanan yang lebih baik.

Tidak hanya melayani rute antar kota dalam provinsi maupun AKAP, sejumlah perusahaan otobus (PO) di Indonesia melayani rute antar pulau dengan jarak hingga ribuan kilometer. Dengan panjangnya jarak rute yang ditempuh, para penumpang dapat menghabiskan waktu hingga beberapa hari melalui perjalanan dengan bus.

Mengutip dari Inews.id, berikut merupakan daftar PO bus dengan trayek terjauh di Indonesia saat ini.

1. PO Bus ALS

Peringkat pertama PO bus dengan trayek terjauh di Indonesia jatuh kepada PO Bus Antar Lintas Sumatera (ALS). PO bus ini berasal dari Mandailing, Sumatra Utara yang telah berdiri sejak tahun 1966. PO Bus ALS seringkali dijuluki sebagai raja jalanan dan paket dari Sumatra.

Adapun rute terjauh PO Bus ALS ialah Medan – Jember dengan jarak kurang lebih sekitar 3.000 kilometer. Perjalanan dengan rute ini memakan waktu hingga seminggu atau bahkan lebih.

Zaenal Arifin selaku Ketua Umum BusMania Community bahwa saat ini PO ALS masih menjadi PO dengan trayek terjauh dan sebagian besar rekor trayek terjauh dipegang oleh bus-bus dari Sumatra.

“Kalau diukur secara jarak, itu kayak dari ujung Eropa (Barat) ke ujung Eropa (Timur)” tutur Zaenal mengutip dari detikOto.

PO Bus ALS menawarkan 4 pilihan kelas kepada pelanggannya, di antaranya yakni kelas AC-Toilet, kelas Non-Toilet, kelas AC-Toilet 28 Seat, serta kelas Super Eksekutif. Adapun kisaran harga tiketnya yakni Rp415.000 hingga Rp616.000.

2. PO Bus PMTOH

Sementara itu, posisi ke-2 diraih oleh PO Bus Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan (PMTOH). PO bus asal Banda Aceh ini jadi salah satu yang tertua di Indonesia dan beroperasi sejak tahun 1957.

PO Bus PMTOH melayani trayek dari ujung Sumatra hingga Jawa dengan rute terjauhnya yakni Medan – Solo yang memiliki jarak tempuh sekitar 2.524 kilometer. Adapun perjalanan dengan rute ini memakan waktu kurang lebih selama 55 jam perjalanan.

3. PO Bus Putra Pelangi

Satu lagi PO bus asal Aceh, PO Bus Putra Pelangi menempati posisi ke-3 pemilik rute terjauh di Indonesia. Sekitar tahun 1990-an, PO Bus Putra Pelangi dikenal dengan nama Pelangi.

Rute terjauh yang pernah dilalui ialah Aceh – Jakarta dengan jarak tempuh berkisar 2.524 kilometer. Sementara itu, waktu tempuh perjalanan untuk rute ini kurang lebih ialah selama 55 jam.

4. PO Bus Medan Jaya

Memiliki julukan Sang Peluru dari Medan, PO Bus Medan Jaya berhasil menduduki posisi ke-4 dengan catatan rute terjauh yakni Medan – Jakarta. Adapun jarak tempuh dari rute ini terhitung mencapai 1.993 kilometer dengan kurang lebih 45 jam perjalanan.

Selain itu, PO Bus Medan Jaya juga menawarkan rute jauh lainnya seperti Tangerang – Medan serta Tangerang – Pekanbaru. Harga tiket bus untuk setiap rute pun berbeda yang dipatok berkisar Rp200.000 hingga Rp510.000 tergantung kelas yang dipilih.

5. PO Bus Aneka Jaya

Adapun posisi ke-5 PO bus dengan trayek terjauh di Indonesia diraih oleh PO Bus Aneka Jaya. PO bus satu ini berasal dari Pacitan, Jawa Timur yang berdiri pada tahun 1975 lalu.

Rute terjauh yang ditawarkan oleh PO Bus Aneka Jaya ialah rute Pacitan – Pekanbaru dengan jarak tempuh berkisar 1.969 kilometer. Sementara itu untuk durasi perjalanan memakan waktu sekitar 45 jam perjalanan.

6. PO Siliwangi Antar Nusa (SAN)

Posisi ke-6 diraih oleh PO Siliwangi Antar Nusa (SAN), PO bus asal Bengkulu. Pendiri dari PO SAN ialah Haji Hasunidin Adnan pada tahun 1978 silam.

Trayek terjauh yang dicatatkan oleh PO SAN yakni rute Pekanbaru – Solo dengan jarak tempuh sekitar 1.869 kilometer. Rute ini memakan waktu tempuh selama kurang lebih 40 jam perjalanan.

7. PO Rasa Sayang

Terakhir dalam daftar ini, PO Rasa Sayang berhasil mengamankan posisi ke-7 PO bus dengan trayek terjauh di Indonesia saat ini. Rute terjauh yang ditempuh oleh PO Rasa Sayang yakni Jakarta – Bima dengan jarak sekitar 1.726 kilometer. Perjalanan rute ini memerlukan waktu tempuh kurang lebih 60 jam perjalanan.

Adapun PO Rasa Sayang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) yang didirikan pada tahun 1992. Layanan PO Rasa Sayang sendiri mencakup 3 pulau di antaranya yakni Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Harga tiket yang dipatok oleh PO Rasa Sayang berkisar antara Rp200.000 hingga Rp850.000. PO Rasa Sayang juga memiliki trayek lainnya seperti rute Dompu – Denpasar, Dompu – Semarang, Dompu – Jakarta, serta Bima – Denpasar.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Indonesia Diproyeksi Jadi Pemain Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara pada 2025
Artikel Selanjutnya Mengulik Sebaran Dokter di Indonesia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook