7 Negara di Eropa Menjadi Negara Paling Aman di Dunia

Tujuh negara di Eropa menjadi negara paling aman di dunia, Islandia berada di urutan pertama dengan skor 1.124

7 Negara di Eropa Menjadi Negara Paling Aman di Dunia Pegunungan Es di Islandia. (Sumber: Suara Surabaya)

Tahun ini, Institute for Economics and Peace (IEP) kembali merilis daftar negara paling aman dan negara terdamai yang diperingkatkan berdasarkan Global Peace Index (GPI).

GPI disusun berdasarkan berbagai data, dengan tiga acuan utama, yakni tingkat keamanan dan keselamatan masyarakat, adanya konflik domestik dan internasional, serta tingkat militerisasi. Dengan ukuran tersebut, IEP menilai 99,7% populasi dunia.

Tingkat rata-rata kedamaian negara memburuk sebesar 0,42 persen dalam Indeks Perdamaian Global 2023. Ini adalah tahun kesembilan berturut-turut bahwa kedamaian global telah memburuk. Tingkat rata-rata kedamaian hanya meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun sejak 2008.

Dalam satu tahun terakhir, tercatat 84 negara mengalami peningkatan, sedangkan 79 negara lainnya mengalami penurunan kedamaian.

Invasi Rusia ke Ukraina merupakan pendorong utama penurunan perdamaian secara global. Baik Rusia maupun Ukraina sekarang berada di peringkat di antara sepuluh negara paling tidak damai, dan Ukraina mengalami penurunan terbesar dari negara mana pun menurut Global Peace Indeks 2023.

Angka kematian dari konflik global meningkat 96% dibandingkan tahun lalu, dengan jumlah 238 ribu. Hal ini dipengaruhi oleh konflik yang terjadi di Etiopia dan Ukraina.

Lebih dari separuh dunia (56%) terlibat dalam konflik eksternal. Selain itu, jumlah konflik di berbagai negara seperti Myanmar, Israel, dan Afrika Selatan juga bertambah.

Berdasarkan data GPI 2023, Islandia menjadi negara peringkat pertama sebagai negara paling aman di dunia. Islandia telah menduduki peringkat teratas sejak 2008. Negara ini konsisten menjadi negara paling aman di dunia selama bertahun-tahun. Islandia menjadi 1 dari 7 negara Eropa yang mendominasi 10 teratas. Dengan itu, Eropa menjadi benua terdamai di bumi.

Dua negara luar Eropa yang berada di posisi teratas adalah Selandia Baru dan Jepang. Pada 2022, Singapura menempati posisi 9, satu tingkat di atas Jepang. Namun tahun ini, Singapura menduduki posisi lebih tinggi. 

Meskipun Eropa dinobatkan menjadi benua paling aman, konflik di Rusia memberikan pengaruh besar dalam keamanan Eropa secara umum. Rusia sendiri berada di peringkat 158 dengan skor 3.142. Peringkat ini adalah peringkat terendah keenam.

Sementara itu, Indonesia berada di peringkat 53 dengan skor 1.829. Afghanistan menjadi negara terakhir dalam daftar, menempati peringkat 163 dengan skor 3.448. Negara ini telah menjadi negara paling tidak aman selama 8 tahun berturut-turut.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X