7 Kota Ini Jadi Pilihan Kota Terbaik di Indonesia untuk Berwisata, Ada Favoritmu?

Berikut kota-kota di Indonesia yang menjadi pilihan masyarakat sebagai kota terbaik untuk berwisata. Yogyakarta jadi terfavorit.

7 Kota Ini Jadi Pilihan Kota Terbaik di Indonesia untuk Berwisata, Ada Favoritmu? Keindahan alam kota Malang | Freepik

Indonesia telah lama menjadi tujuan wisata trendi bagi banyak orang, baik dari dalam atau turis lokal maupun mancanegara. Terlebih lagi, Indonesia adalah rumah bagi banyaknya keindahan alam, termasuk pantai dan laut dalam, serta hutan tropis dan pegunungan.

Selain menjadi negara kepulauan terbesar dan negara terluas ke-14 di dunia, sebuah studi yang dilakukan oleh money.co.uk memaparkan 50 peringkat negara terindah di dunia dengan menganalisis jumlah keajaiban alam di setiap lokasi dan Indonesia berada di urutan teratas daftar tempat terindah di dunia dengan skor keindahan alam 7,77 dari 10.

Sehubungan dengan hal ini, Goodstats menggunakan panel responden Populix (Poplite) belum lama ini telah melakukan riset bertajuk Kota Madya Terbaik Pilihan Masyarakat dalam Menempuh Pendidikan, Bekerja, Berwisata, Hingga Menikmati Masa Tua di Tahun 2023 yang melibatkan 1000 responden dengan 76,1% di antaranya berasal dari Pulau Jawa dan 23,9% lainnya berasal dari luar Pulau Jawa.

7 kota yang menjadi pilihan kota terbaik di Indonesia untuk berwisata | Goodstats

Sebagai negara kepulauan yang kaya akan keberagaman budaya, kuliner serta destinasi alamnya yang asri, Indonesia memiliki banyak lokasi atau kota unggulan untuk berwisata.

Berdasarkan data yang diperoleh Goodstats, kota yang menjadi pilihan masyarakat sebagai kota terfavorit untuk berwisata adalah Yogyakarta dengan persentase responden mencapai 69%. Denpasar menduduki peringkat kedua dengan persentase responden sebanyak 66%. Setelah itu, disusul oleh Bandung dengan persentase responden 47%.

9 aspek yang menjadi pertimbangan faktor pilihan kota terbaik untuk wisata | Goodstats

Adapun aspek terbesar yang menjadi faktor utama responden dalam memilih kota tersebut untuk berwisata ialah banyaknya pilihan tempat wisata yang menarik dengan jumlah mencapai 89% responden. Aspek keindahan alam yang menakjubkan menyusul di posisi kedua dengan perolehan 74% responden. Dan aspek banyaknya tempat-tempat bersejarah di posisi ketiga dengan jumlah 53% responden.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Miliki 10 UNESCO Global Geopark, Mana Saja?

Tersebar di beberapa pulau, ada dimana saja UNESCO Global Geopark di Indonesia?

Wisman ke Indonesia Capai 1,03 Juta Kunjungan Pada Februari 2024, Terbanyak dari Malaysia

BPS melaporkan, industri pariwisata di Indonesia mengalami pemulihan, ditandai dengan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisman pada Januari-Februari 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X