6 Provider Asuransi Kesehatan yang Paling Banyak Dimiliki Masyarakat

Menurut riset Populix, Prudential menjadi provider asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan persentase mencapai 52 persen responden.

6 Provider Asuransi Kesehatan yang Paling Banyak Dimiliki Masyarakat Ilustrasi logo salah satu provider asuransi, Prudential | Konektus Photo/Shutterstock

Berdasarkan riset Populix teranyar bertajuk Indonesia’s Perceptions and Attitude: Towards Health & Life Insurance Product, asuransi kesehatan menjadi jenis asuransi terbanyak yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia dengan persentase responden mencapai 80 persen dari total

Daftar ini diikuti oleh jenis asuransi jiwa dengan persentase 55 persen per Januari 2023. Kemudian, ada asuransi pensiun (35 persen), asuransi pendidikan (33 persen), asuransi kendaraan (31 persen), asuransi jiwa unit link (12 persen), dan asuransi properti (8 persen).

Di antara pemilik asuransi swasta, mayoritas dari mereka membayar premi dari budget mereka sendiri, dengan lebih dari setengahnya membayar kurang dari Rp 750 ribu per bulan. Perlindungan aset dan dukungan medis adalah alasan utama mengapa mereka membeli asuransi menggunakan dana pribadi mereka. Oleh karena itu, mereka memilih penyedia asuransi yang dapat menyediakan layanan yang mereka cari.

Daftar jenis asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan di Indonesia | Goodstats

Adapun, Prudential menjadi provider asuransi kesehatan yang banyak digunakan di Indonesia dengan persentase sebanyak 52 persen dari total 151 responden menurut survei Populix. Selain Prudential, terdapat beberapa provider swasta yang juga banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut data selengkapnya.

1. Prudential

Ilustrasi logo Prudential | Rafapress/Shutterstock

Menurut survei Populix, Prudential menempati peringkat nomor satu sebagai perovider asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan persentase sebanyak 52 persen responden.

2. Manulife

Ilustrasi logo perusahaan asuransi Manulife | JHVEstudio/Shutterstock

Perusahaan asuransi multinasional asal Kanada Manulife menduduki posisi kedua di bawah Prudential dengan persentase responden mencapai 21 persen. Perusahaan ini beroperasi di Kanada dan Asia sebagai "Manulife" dan di Amerika Serikat terutama melalui divisi John Hancock Financial.

3. Allianz

Ilustrasi logo perusahaan Allianz | Marlon Trottmann/Shutterstock

Allianz menenpati peringkat ketiga dalam daftar provider asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dengan persentase sebesar 20 persen. Allianz merupakan perusahaan asuransi multinasional yang berpusat di Munich, Jerman.

4. AIA

Ilustrasi logo perusahaan AIA | msyaraafiq/Shutterstock

AIA Group Limited atau yang sering dikenal dengan AIA merupakan perusahaan asuransi dan layanan keuangan multinasional asal Hongkong. Menurut survei Populix, AIA menempati posisi keempat dalam daftar dengan persentase sebanyak 20 persen.

5. AXA

Ilustrasi logo perusahaan asuransi AXA | HJBC/Shutterstock

Perusahaan asal Perancis ini tidak hanya menyediakan layanan asuransi saja, melainkan juga menyediakan layanan keuangan dan manajemen investasi. AXA menempati peringkat kelima dalam daftar provider asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan persentase mencapai 18 persen.

6. Sinarmas

Ilustrasi logo perusahaan asuransi Sinarmas | Yessi Frenda/Shutterstock

Asuransi Sinarmas merupakan perusahaan asuransi yang berasal dari Indonesia. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi yang mencakup asuransi mobil, motor, kesehatan, rumah, travel, asuransi mikro, dan lainnya.

Berdasarkan riset Populix, Sinarmas menempati posisi kelima dalam daftar provider asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Persentase responden yang memilih provider ini mencapai 13 persen.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024

Berdasarkan hasil survei GoodStats pada Februari 2024, sebanyak 24% responden menempatkan Honda Supra sebagai motor bebek favoritnya.

18.000 Kasus Kanker Kulit Terjadi di Tanah Air, Berikut Daftar Tabir Surya Paling Favorit Indonesia

Kanker kulit menjadi ancaman masyarakat. Pemakaian tabir surya ampuh menjadi langkah preventif, berikut merek tabir surya penerima Top Brand Award 2023!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook