5 Website E-commerce Terpopuler di Indonesia 2022

Melansir Statista, terdapat sejumlah e-commerce terpopuler berdasarkan jumlah klik paling banyak pada kuartal kedua 2022. Siapa saja yang masuk dalam daftar?

5 Website E-commerce Terpopuler di Indonesia 2022 Ilustrasi berbelanja online | William Potter/Shutterstock

Kegiatan berbelanja online melalui e-commerce di Indonesia telah menjadi tren yang digemari sejak beberapa tahun terakhir, terlebih pada masa pandemi Covid-19. Tiap e-commerce bersaing satu sama lain untuk menawarkan layanan dan promo untuk menarik konsumen, selaras dengan minat berbelanja online yang kian meningkat.

Bahkan menurut Statista, tren e-commerce di Indonesia diprediksi tidak akan berhenti dalam waktu dekat karena tingginya angka konsumen. Berdasarkan data.ai, warga RI telah menghabiskan setidaknya 6,6 miliar jam untuk belanja online selama setahun terakhir.

E-commerce juga diproyeksi bakal menjadi penopang ekonomi Indonesia pada tahun 2023, seperti tahun-tahun sebelumnya. Ketua Dewan Pembina Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Rudiantara menyebut, ini sehubungan dengan besarnya dominasi sektor tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional.

“Lebih dari setengah ekonomi digital kita ini berasal dari e-commerce, sebetulnya. Bahkan tahun ini diperkirakan e-commerce bisa mencapai Rp600 - 700 triliun,” ungkapnya pada Senin, (23/1) lalu.

Adapun, data tersebut didapatkan berdasarkan proyeksi transaksi e-commerce oleh Bank Indonesia (BI) pada November 2022 silam. Diperkirakan, transaksi e-commerce pada tahun 2023 bisa mencapai Rp572 triliun.

5 situs e-commerce di Indonesia yang paling banyak dikujungi pada kuartal II-2022 | Goodstats

Berkaitan dengan hal itu, maka e-commerce mana saja yang paling populer di Indonesia? Selengkapnya, inilah daftar 5 situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di tanah air pada periode Kuartal II/2022 menurut laporan Statista.

1. Tokopedia

Ilustrasi logo Tokopedia | Tada Images/Shutterstock

Tokopedia merupakan e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia menurut data Statista. Hingga kuartal kedua tahun 2022, situs Tokopedia tercatat memperoleh sebesar 158,35 juta klik. Angka ini meningkat dari periode yang sama di tahun 2021 dengan jumlah klik sebesar 135,08 juta.

2. Shopee

Ilustrasi logo Shopee | Sergei Elagin/Shutterstock

Shopee menempati peringkat kedua dalam daftar menurut Statista. Situs Shopee berhasil memperoleh sebanyak 131,3 juta klik pada kuartal II-2022. Adapun, ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya pada periode yang sama dengan jumlah klik sebanyak 127,4 juta.

3. Lazada

Ilustrasi logo Lazada | Tada Images/Shutterstock

Menyusul Shopee, ada Lazada yang tercatat mendapatkan sebanyak 26,64 juta klik pada situsnya dalam periode kuartal II 2022 manurut data Statista. Angka ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya pada periode yang sama dengan jumlah klik mencapai 30,52 juta.

4. Bukalapak

Ilustrasi situs Bukalapak | Herwin Bahar/Shutterstock

Bukalapak mengalami penurunan peringkat dari posisi ketiga pada periode tahun 2021 menjadi peringkat keempat pada periode 2022. Menurut Statista, situs Bukalapak memperoleh jumlah klik sebanyak 21,3 juta pada kuartal II 2022.

5. Blibli

Ilustrasi logo Blibli | Poetra.RH/Shutterstock

Sementara itu, Blibli tetap menempati posisi kelima sejak tahun 2021 dalam daftar situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi berdasarkan laporan Statista. Pada kuartal kedua tahun 2022, jumlah klik dalam situs Blibli tercatat mencapai sekitar 19,74 juta klik.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Deretan Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia, Pernah Belanja di Sini?

Bisnis e-commerce semakin berkembang pesat di seluruh dunia. Lantas, perusahaan e-commerce mana yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar?

Tren Social Commerce Makin Populer, Masyarakat Kini Hobi Belanja di Media Sosial

Pendapatan dari social commerce akan mencapai 22% dari seluruh transaksi e-commerce pada tahun 2028. Bagaimana tren berbelanja di media sosial bisa populer?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X