5 Pencetak Gol Terbanyak Liga 1 Indonesia Hingga Paruh Musim 22/23

David Da Silva telah mencatat 13 gol atau memiliki rerata 0,81 gol di tiap laganya sepanjang Liga 1 musim 22/23, sekaligus menjadikannya top skor terkini.

5 Pencetak Gol Terbanyak Liga 1 Indonesia Hingga Paruh Musim 22/23 David Da Silva kala menjamu Persija Jakarta di laga lanjutan Liga 1 musim 22/23 pekan ke-17 | Liga Indonesia Baru

Kompetisi sepak bola terbesar di Indonesia, BRI Liga 1 musim 22/23 resmi menyelesaikan paruh musimnya setelah ditutup dengan laga tunda "El-Classico Indonesia" antara Persib Bandung dengan Persija Jakarta pada Rabu (11/1). Laga yang dimenangkan Maung Bandung dengan skor tipis 1-0 tersebut resmi membuat seluruh klub genap bermain sebanyak 17 kali.

PSM Makassar berhasil menjadi jawara paruh musim dengan perolehan 34 poin. Menariknya, persaingan posisi papan atas dinilai cukup ketat hingga akhir paruh musim ini. Hal tersebut dibuktikan dari jarak poin antarklub pada posisi puncak hingga enam yang hanya berjarak dua poin saja.

Selain Juku Eja, posisi enam besar diisi oleh Bali United FC (33), Madura United (33), Persib Bandung (33), Persija Jakarta (32), dan Borneo FC Samarinda (32). Sementara itu tiga posisi terbawah dihuni oleh Barito Putera (15), Dewa United FC (14), dan Persik Kediri (10).

Sepanjang paruh musim, total 379 gol telah tercipta. Ini artinya, setidaknya terdapat minimal dua gol dalam tiap laganya, serta 34 gol dalam setiap gameweek-nya. Angka yang cukup positif dan kompetitif bagi keberlangsungan kompetisi. Dari seluruh gol yang bersarang tersebut, siapa saja yang saat ini berada dalam daftar lima besar pencetak gol terbanyak di Liga 1 musim 22/23.

Lima besar pencetak gol terbanyak di Liga 1 musim 22/23 hingga paruh musim | GoodStats

1. David Da Silva (Persib Bandung),13 gol

David Da Silva kala membela Persib Bandung saat melawan Persita pada pekan ke-18 Liga 1 musim 21/22 | Suci Rahayu/Kompas

Pemain yang telah mencatatkan 16 penampilannya bersama Maung Bandung di musim 22/23 ini telah mencatat 13 gol atau memiliki rerata 0,81 gol di tiap laganya. Sepanjang paruh musim, pemain bernama lengkap David Aparecido Da Silva ini telah mencatatkan total 31 tembakan dan 21 di antaranya sesuai target.

Dalam hal kedisiplinan, Da Silva telah melakukan 13 kali tekel, 4 kali intersep, dan 9 klirens. Pemain berumumr 34 tahun ini juga telah mengoleksi empat kartu kuning yang diciptakan dari 18 pelanggaran. Total, ia telah mencatat 74 penampilannya di Liga 1 Indonesia atas nama Persebaya Surabaya dan Persib Bandung sejak 2018 lalu.

2. Matheus Pato (Borneo FC Samarinda), 12 gol

Selebrasi Matheus Pato kala membela Borneo FC Samarinda di Liga 1 musim 22/23 | Liga Indonesia Baru

Pemain bernomor punggung tujuh ini telah mencatatkan 12 gol dari 16 penampilannya bersama Pesut Etam. 12 gol yang dicetaknya tersebut berasal dari total 36 tembakan dan 22 di antaranya sesuai target. Pemain bernama lengkap Matheus Antonio De Sousa Santos ini juga telah mencatatkan total satu asis.

Dalam hal kedisiplinan, Pato telah melakukan 14 kali tekel, 8 kali intersep, dan 7 klirens. Dari ragam aksi tersebut, ia harus mengoleksi satu kartu kuning dari total 16 pelanggaran yang ia lakukan. Saat ini, klub yang ia bela sedang menduduki posisi enam dengan koleksi 32 poin. Selanjutnya, Borneo FC akan menjamu Arema FC di pekan ke-18 Liga 1 musim 22/23 pada Minggu (15/1)

3. Rafael Silva (Barito Putera FC), 9 gol

Rafael Silva berselebrasi pada laga melawan Persela Lamongan 16/9 | PS Barito Putera

Sesuai dengan nomor punggungnya, pemain bernama lengkap Rafael Feital Da Silva ini telah mengoleksi 9 gol dari total 13 pertandingannya bersama PS Barito Putera. Ini artinya, rerata gol per pertandingan Rafael Silva berada di angka 0,69 per laganya atau lebih unggul dari dua pemain lain yang sama-sama mengoleksi 9 gol.

Sepanjang 13 pertandingan, ia telah membukukan 38 tembakan dan 17 di antaranya sesuai target. Saat ini, klub yang dibela pemain asal Brasil ini tengah berada di papan bawah dengan poin 15. Barito Putera baru menang tiga laga dan mencetak 20 gol serta kebobolan 30 gol. Itu artinya, 45 persen gol yang dicetak Barito Putera musim ini berasal dari tubuh Rafael Silva.

4. Lulinha Reis (Madura United FC), 9 gol

Pemain Brasil yang kini membela Madura United FC, Lulinha Reis | Instagram @lulilnha.official

Pemain bernama lengkap Luiz Marcelo Morais Dos Reis ini telah mencatat total 9 gol dari 14 pertandingannya bersama Madura United FC. Ini artinya, rerata gol Lulinha berada di angka 0,64 gol per laganya. Pemain berusia 33 tahun itu juga telah mencatatkan 25 tembakan dan 17 sesuai target sepanjang paruh musim Liga 1 22/23 ini.

Berbicara kedisiplinan, Lulinha pernah melakukan 13 tekel dan intersep sepanjang paruh musim. Dari seluruh aksi tersebut, 22 kali berakhir pelanggaran dan mengoleksi dua kartu kuning. Saat ini Madura United berada di posisi tiga besar dengan koleksi 33 poin atau sama dengan Bali United dan Persib Bandung. Namun, Madura United berhasil unggul produktivitas sebanyak 10 gol dari Persib dan kalah dari Bali United yang mengoleksi 15 gol.

5. Privat Mbarga (Bali United FC), 9 gol

Pemain asing andalan Bali United FC sejak putaran kedua Liga 1 musim 21/22, Privat Mbarga | Bali United

Pemain yang baru saja bergabung dengan Bali United pada putaran kedua Liga 1 musim 21/22 ini telah mengoleksi 9 gol dari total 17 pertandingannya bersama Bali United. Ini artinya, Privat terus dipercaya dan tidak pernah absen sejak laga pertama Serdadu Tridatu berlangsung. Sembilan gol yang ia cetak tersebut berasal dari 37 tembakan dan 24 di antaranya sesuai target.

Saat ini Bali United berada di posisi dua klasemen sementara Liga 1 musim 22/23 di bawah PSM Makassar. Anak asuh Coach Teco tersebut tengah bersiap untuk menjamu klub ibu kota, Persija Jakarta pada laga lanjutan Liga 1 musim 22/23 pekan ke-18 pada Minggu (15/1).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 5 Maskapai Penerbangan Paling On-Time Sedunia, Garuda Indonesia Puncaki Daftar
Artikel Selanjutnya Garuda Indonesia Rajai Daftar Maskapai Penerbangan Favorit Masyarakat 2023
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook