GoodStats
Pencarian
Masuk

5 Pemain Sepak Bola dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022

Dalam rangka Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar, Forbes merangkum daftar pemain sepak bola dengan bayaran termahal per November 2022.

5 Pemain Sepak Bola dengan Bayaran Termahal di Piala Dunia 2022 Kylian Mbappé di Piala Dunia FIFA Rusia 2018 | Asatur Yesayants/Shutterstock

Piala Dunia FIFA saat ini tengah berlangsung di Qatar hingga 18 Desember 2022 mendatang. Turnamen sepak bola internasional empat tahunan paling bergengsi ini diikuti oleh 32 tim dan perhelatan Piala Dunia di Qatar menjadi yang terakhir menggunakan format ini.

Para peserta akan memperebutkan trofi beserta hadiah uang tunai dengan total mencapai 440 juta dolar AS atau setara dengan Rp6,91 triliun pada Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Juara I akan memperoleh hadiah dengan nominal mencapai 42 juta dolar AS.

Pemain sepak bola yang berkompeten menjadi aset utama setiap tim untuk dapat meraih gelar juara. Tak heran jika beberapa pemain unggulan memiliki bayaran yang sangat tinggi bahkan hingga mencapai triliunan rupiah.

Forbes merangkum sejumlah daftar pemain sepak bola dunia dengan bayaran termahal pada Piala Dunia FIFA per November 2022. Siapa sajakah pemain yang masuk dalam daftar tersebut?

5 pemain sepak bola dengan bayaran termahal di Piala Dunia 2022 | GoodStats

1. Kylian Mbappé

France v Austria: UEFA Nations League - League Path Group 1
Kylian Mbappé | Aurelien Meunier/Getty Images

Peringkat pertama pemain sepak bola dengan bayaran termahal di Piala Dunia FIFA Qatar 2022 diraih oleh Kylian Mbappé. Pemain sepak bola asal Prancis ini diperkirakan memperoleh bayaran hingga 128 juta dolar AS atau setara Rp2 triliun untuk musim 2022-2023.

Adapun rinciannya sekitar 110 juta dolar AS berasal dari perpanjangan kontrak 3 tahun dengan Paris Saint-Germain serta 18 juta dolar lainnya diperoleh setiap tahun dari endorsement dari sponsor di antaranya Nike, Dior, Hublot, Oakley, Panini, EA Sports, dan Sorare.

Mbappé merupakan pemain yang berhasil membawa Prancis jadi juara untuk pertama kalinya sejak tahun 1998 pada Piala Dunia 4 tahun lalu di Rusia.

Forbes menyebutkan bahwa Piala Dunia Qatar 2022 dapat menjadi momen yang menentukan bagi superstar berusia 23 tahun tersebut untuk meraih gelombang popularitas baru dan potensi bayaran yang lebih besar.

2. Lionel Messi

Jamaica v Argentina
Lionel Messi | Elsa/Getty Images

Sementara itu, peraih Ballon d’Or terbanyak sepanjang sejarah, Lionel Messi meraih peringkat ke-2 pemain sepak bola dengan bayaran termahal pada Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Adapun estimasinya mencapai 120 juta dolar AS atau setara dengan Rp1,9 triliun.

Pemain sepak bola asal Argentina ini diperkirakan memperoleh bayaran on-field sebesar 65 juta dolar AS diikuti oleh pendapatan off-field dari endorsement mencapai 55 juta dolar AS.

Lionel Messi berperan sebagai kapten tim nasional Argentina untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022. Messi menghabiskan seluruh karier profesionalnya bersama Barcelona, di mana ia berhasil memenangkan 34 piala.

3. Cristiano Ronaldo

Portugal v Spain: UEFA Nations League - League Path Group 2
Cristiano Ronaldo | Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images

Posisi ke-3 pemain sepak bola dengan bayaran termahal di Piala Dunia 2022 diraih oleh Cristiano Ronaldo dengan estimasi pendapatan mencapai 100 juta dolar AS atau setara dengan Rp1,6 triliun.

Bila dirinci, pendapatan Cristiano Ronaldo dari sepak bola ditafsir mencapai 40 juta dolar AS, diikuti dengan pendapatan off-field yang lebih tinggi yakni sebesar 60 juta dolar AS.

Cristiano Ronaldo berperan sebagai penyerang dan juga kapten tim nasional Portugal. Dalam perjalanan karirnya, Cristiano Ronaldo telah memenangkan 32 trofi termasuk 7 juara liga.

Debutnya secara internasional untuk Portugal berawal dari tahun 2003 di mana pada saat itu ia masih berumur 18 tahun.

4. Neymar Jr

Brazil v Tunisia - International Friendly
Neymar Jr | Marc Atkins/Getty Images

Sementara itu, Neymar Jr meraih posisi ke-4 pemain sepak bola dengan bayaran termahal. Pemain asal Brasil tersebut diperkirakan meraup bayaran sebesar 87 juta dolar AS atau setara dengan Rp1,4 triliun di Piala Dunia tahun 2022.

Pendapatan yang diperoleh on-field diestimasikan sebesar 55 juta dolar AS. Sementara itu, untuk pendapatan di luar sepak bola, angkanya ditafsir mencapai 32 juta dolar AS.

Pemain berusia 30 tahun ini ditempatkan sebagai penyerang dalam tim nasional Brasil pada Piala Dunia Qatar tahun 2022. Sementara itu, dalam 2 turnamen Piala Dunia sebelumnya, ia cenderung diberikan posisi penyerang sayap kiri.

5. Robert Lewandowski

Wales v Poland: UEFA Nations League - League Path Group 4
Robert Lewandowski | Visionhaus/Getty Images

Posisi ke-5 sekaligus terakhir dalam daftar ini diraih oleh Robert Lewandowski. Per November 2022, Forbes menafsir pendapatan yang diperoleh oleh Robert Lewandowski mencapai 35 juta dolar AS atau setara dengan Rp550,1 miliar.

Pendapatan yang diperoleh pemain asal Polandia tersebut di lapangan diestimasikan mencapai 27 juta dolar AS. Di samping itu, pendapatan off-field dari Robert Lewandowski ditafsir sebesar 8 juta dolar AS.

Pemain sepak bola berusia 34 tahun ini merupakan kapten tim nasional Polandia dalam perhelatan Piala Dunia FIFA Qatar tahun 2022.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Mengintip Nominal Hadiah Piala Dunia Qatar 2022
Artikel Selanjutnya Papua Kini Miliki 4 Provinsi Baru, Jumlah Provinsi di Indonesia Bertambah Menjadi 38
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook