5 Pelabuhan dengan Kapasitas Terbesar di Asia Tenggara

Kegiatan perdagangan dan perekonomian tidak lepas dari perlunya pelabuhan, berikut adalah 5 pelabuhan dengan kapasitas terbesar di Asia Tenggara.

5 Pelabuhan dengan Kapasitas Terbesar di Asia Tenggara Ilustrasi pelabuhan | Avigator Fortuner/Shutterstock

Asia telah menjadi mesin ekonomi global pada abad ini dan telah menumbuhkan beberapa negara ekonomi besar dunia. Tentu saja ini berarti kegiatan perdagangan menjadi aspek yang sangat penting bagi banyak negara. Untuk mengakomodasi kegiatan perdagangan internasional itu, banyak negara di Asia menjadi rumah pelabuhan terbesar di dunia.

Kondisi geografis Asia Tenggara yang terletak di antara 2 samudera membuat banyak aktivitas perdagangan terjadi di wilayah ini. Banyak negara negara Asia Tenggara yang mendirikan pelabuhan serta meningkatkan kapasitas pelabuhan yang telah ada demi menikmati hasil dari perdagangan internasional yang terjadi di area itu.

Beberapa pelabuhan di negara-negara Asia Tenggara bahkan masuk ke dalam kategori salah satu  pelabuhan terbesar di dunia. Berikut ini adalah daftar 5 pelabuhan terbesar di Asia Tenggara, dari ukuran kapasitas twenty-foot equivalent unit (TEU), dilansir dari Lloyd’s List.

5 pelabuhan terbesar di Asia Tenggara | GoodStats

Pelabuhan Singapura, Singapura

Pelabuhan Singapura adalah fasilitas dan terminal kolektif yang melakukan perdagangan maritim, dan yang menangani pelabuhan dan pengapalan Singapura. Pelabuhan ini telah diberi peringkat sebagai pelabuhan maritim terbesar kedua di dunia, dengan kapasitas 37,19 juta TEU.

Pelabuhan Klang, Malaysia

Pelabuhan Klang, juga dikenal sebagai Port Klang, merupakan pelabuhan utama yang terletak di kota Klang, Selangor, Malaysia. Terletak di pertemuan sungai Klang dan Shah Alam, sekitar 35 kilometer barat daya Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia. Pelabuhan terbesar Malaysia ini memiliki kapasitas 13,58 juta TEU.

Pelabuhan Tanjung Pelepas, Malaysia

Tanjung Pelepas merupakan pelabuhan laut dalam yang terletak di negara bagian Johor, Malaysia, di ujung selatan Semenanjung Melayu. Letaknya sekitar 80 kilometer sebelah barat Singapura dan merupakan bagian dari kawasan pengembangan Iskandar Malaysia. Pelabuhan ini merupakan yang terbesar kedua di Malaysia dan memiliki kapasitas 9,10 juta TEU.

Pelabuhan Laem Chabang, Thailand

Laem Chabang adalah pelabuhan yang terletak di Provinsi Chonburi, Thailand. Terletak sekitar 100 kilometer tenggara Bangkok, ibu kota Thailand, dan merupakan pusat utama pengiriman dan logistik di wilayah tersebut. Pelabuhan ini berkapasitas 8,10 juta TEU

Pelabuhan Tanjung Priok, Indonesia

Tanjung Priok merupakan pelabuhan yang berada di wilayah Jakarta Utara, Jakarta, Indonesia. Terletak sekitar 15 kilometer timur laut dari pusat kota, pelabuhan merupakan pusat utama pengiriman dan logistik di Indonesia, dan memiliki kapasitas 7,60 juta TEU.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Maskapai Penerbangan dengan Wi-Fi Terbaik, Garuda Indonesia Nomor 1

Garuda Indonesia terpilih menjadi maskapai dengan wi-fi terbaik di dunia. Sayangnya, tidak ada bandara Indonesia yang masuk daftar bandara koneksi terbaik.

10 Negara dengan Miliarder Terbanyak di Dunia

China menjadi negara dengan miliarder terbanyak di dunia, totalnya mencapai 814 orang. Di sisi lain, New York menjadi kota dengan miliarder terbanyak saat ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook