5 Negara Tujuan Utama Ekspor Kopi Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam jajaran produsen sekaligus juga eksportir biji kopi terbesar di dunia.

5 Negara Tujuan Utama Ekspor Kopi Indonesia Ilustrasi biji kopi | FATIO/Shutterstock

Indonesia menjadi negara produsen kopi terbesar ke-4 di dunia. Indonesia tercatat memproduksi sebanyak 774,6 ribu metrik ton biji kopi sepanjang tahun 2021. Di samping itu, Indonesia juga tercatat menduduki peringkat ke-3 negara pengekspor biji kopi Robusta terbesar di dunia.

Adapun mayoritas produksi biji kopi Indonesia berasal dari Pulau Sumatra dengan Sumatra Selatan menjadi provinsi produsen biji kopi terbanyak di tanah air. Adapun produksi biji kopi Sumatra Selatan merjumlah sebanyak 198,9 ribu metrik ton pada tahun 2021.

Lampung menempati posisi ke-2 dengan total produksi biji kopi sebanyak 117,3 ribu metrik ton, diikuti Sumatra Utara dengan total 76,5 ribu metrik ton produksi biji kopi sepanjang tahun 2021.

Selain itu terdapat pula Aceh dan Bengkulu yang melengkapi daftar 5 provinsi produsen biji kopi terbesar di Indonesia dengan jumlah produksi masing-masing sebanyak 73,4 ribu dan 62,2 ribu metrik ton.

Mengutip laporan dari Discoffeer.com, Amerika menjadi negara tujuan utama ekspor biji kopi dari Indonesia pada tahun 2021. Adapun total biji kopi Indonesia yang diekspor ke negeri Paman Sam tersebut ialah sebanyak 57,6 ribu metrik ton.

5 negara tujuan utama ekspor biji kopi Indonesia tahun 2021 | GoodStats

Mesir menduduki posisi ke-2 dengan total sebanyak 48,5 ribu metrik ton ekspor biji kopi Indonesia. Beralih ke Malaysia di posisi ke-3 dengan raihan 29 ribu metrik ton ekspor biji kopi dari Indonesia.

Posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh Jepang dan Italia dengan total sebanyak 25,1 ribu dan 24,4 ribu metrik ton ekspor biji kopi dari Indonesia sepanjang tahun 2021. Raihan ini mengantarkan Indonesia sebagai negara eksportir biji kopi terbesar ke-6 di dunia dengan total biji kopi yang diekspor mencapai 380,1 ribu metrik ton pada tahun 2021.

Biji kopi Indonesia berhasil menarik perhatian warga mancanegara karena memiliki beragam rasa yang dihasilkan dari berbagai daerah di nusantara. Pertanian kopi berkontribusi bagi sosial ekonomi negara mulai dari mendukung mata pencaharian petani kecil hingga kedai kopi yang tersebar luas di negara ini.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Impor Daging Australia Terbanyak di Tahun 2023

Produksi daging dalam negeri belum mampu memenuhi permintaan yang terus meningkat. Akibatnya Pemerintah masih harus mengimpor komoditas ini.

Jadi Sumber Kalori Terbesar ke-2 di Indonesia, Terigu Terancam Langka

Terigu menjadi sumber kalori terbesar ke-2 bagi masyarakat Indonesia setelah beras, membuat krisis terigu menjadi sangat mengkhawatirkan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X