5 Negara Monarki Tertua yang Masih Berdiri Sampai Saat Ini

Banyak yang salah sangka menganggap Kerajaan Inggris adalah kerajaan tertua di dunia. Nyatanya, masih ada kerajaan lain yang lebih tua dari Kerajaan Inggris.

5 Negara Monarki Tertua yang Masih Berdiri Sampai Saat Ini Buckingham Palace│Ferdinand Stöhr/Unsplash

Di antara banyaknya negara modern yang menganut sistem republik saat ini, masih ada negara-negara monarki yang masih mempertahankan tradisi pemerintahan kerajaannya. Salah satu negara dengan sistem pemerintahan monarki yang cukup terkenal adalah Kerajaan Inggris.

Sistem pemerintahan monarki adalah bentuk pemerintahan yang muncul di era pra-modern. Setelah memasuki era modern, banyak negara yang akhirnya mengganti sistem pemerintahannya menjadi sistem pemerintahan modern seperti pemerintahan republik.

Namun, negara kerajaan yang masih bertahan di masa modern ini tidak hanya Kerajaan Inggris saja. Setidaknya masih ada 4 negara berbentuk kerajaan lainnya yang masih bertahan dari masa abad pertengahan hingga masa modern saat ini. 

Ini dia daftar 5 negara monarki tertua yang masih berdiri hingga saat ini

5. Kerajaan Inggris

Bendera Kerajaan Inggris│Aleks Marinkovic/Unsplash

Seperti yang sebelumnya sedikit disinggung, Kerajaan Inggris adalah salah satu negara berbentuk kerajaan tertua yang ada di dunia saat ini. Awal mula berdirinya Kerajaan Inggris berdiri dimulai pada sekitar abad ke-9. Pada saat itu Raja Egbert mendirikan kerajaan Anglo-Saxon yang menjadi cikal bakal berdirinya Kerajaan Inggris.

Selama telah berdiri selama lebih dari 1.000 tahun, Kerajaan Inggris telah berganti penguasa selama 62 kali. Mendiang Ratu Elizabeth II menjadi penguasa terlama di Kerajaan Inggris dengan berkuasa selama 70 tahun. Saat ini, Kerajaan Inggris dipimpin oleh Raja Charles III yang naik tahta setelah Ratu Elizabeth II meninggal pada bulan September tahun ini.

4. Kerajaan Maroko

Bendera Maroko│Tigmi Moiz/Unsplash

Kerajaan Maroko adalah sebuah negara berbentuk kerajaan yang terletak di Benua Afrika. Kerajaan Maroko modern yang berdiri saat ini berawal dari Dinasti Idrisiyyah, yang pertama kali didirikan oleh Idris Ibn Abdillah pada sekitar tahun 700 Masehi.

Saat ini, Kerajaan Maroko dikuasai oleh Dinasti Alawi yang memegang tampuk kekuasaan Kerajaan Maroko sejak tahun 1666. Kerajaan Maroko telah berusia kurang lebih 1300 tahun dihitung sejak awal berdirinya Dinasti Idrisiyyah. 

Meski Kerajaan Maroko berbentuk kerajaan Islam, pemimpin Kerajaan Maroko tidak bergelar Sultan, melainkan Raja. Negara yang berada di kawasan Maghreb ini mayoritas dihuni oleh Etnis Arab dan Berber.

3. Kesultanan Oman

Bendera Oman│Maxim Studio/Shutterstock

Monarki Oman pertama kali didirikan pada tahun 751 Masehi dengan pemimpin pertamanya Al-Julanda bin Masud. Pada masa awal berdirinya, Kesultanan Oman berbentuk Imamah, dan pemimpinnya disebut sebagai Imam. Sistem pemerintahan seperti mirip dengan sistem pemerintahan kekhalifahan yang dipimpin seorang Khalifah.

Hampir genap 1000 tahun monarki ini berdiri, akhirnya Monarki Oman berubah menjadi Kesultanan Oman pada 1749. Pada saat itu, Dinasti Al Bu Sa’id sebagai pemegang kekuasaan merubah sistem pemerintahan Oman menjadi Kesultanan, dan berlaku hingga sekarang. Ahmad bin Said al-Busaidi adalah Sultan pertama yang memimpin Oman di era Kesultanan Oman.

2. Kerajaan Kamboja

Bendera Kamboja│Creative Photo Corner/Shutterstock

Kerajaan Kamboja adalah negara berbentuk kerajaan tertua yang ada di wilayah Asia Tenggara. Kerajaan Kamboja didirikan oleh Ratu Soma pada tahun 68 Masehi. Kerajaan Kamboja sudah berusia hampir 2000 tahun hingga saat ini

Layaknya sebuah negara monarki, pewaris kekuasaan Kerajaan Kamboja adalah keturunan langsung dari penguasa sebelumnya. Hingga akhirnya pada tahun 1993, penerus takhta Kerajaan Kamboja ditentukan oleh Dewan Takhta Kerajaan Kamboja. 

Kerajaan Kamboja pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina pada masa Kekaisaran Khmer. Salah satu daya tarik wisata dari Kamboja adalah Angkor Wat, yaitu sebuah bangunan keagamaan terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-12 di era Kekaisaran Khmer.

1. Kekaisaran Jepang

Bendera Jepang│Roméo A./Unsplash

Kaisar Jimmu, Kaisar pertama Jepang, mendirikan cikal bakal Kekaisaran Jepang pada tahun 660 Sebelum Masehi. Kekaisaran Jepang masih berdiri hingga saat ini sebagai Monarki tertua di dunia yang berusia lebih dari 2.500 tahun. 

Hingga saat ini, kekuasaan Kekaisaran Jepang masih dipegang oleh garis keturunan Kaisar Jimmu. Banyak ahli sejarah yang mempertanyakan kepastian kapan Kekaisaran Jepang terbentuk. Namun, Kekaisaran Jepang sendiri mengakui 11 Februari 660 SM sebagai tanggal resmi berdirinya monarki mereka.

Saat ini, Kekaisaran Jepang dipimpin oleh Kaisar Naruhito. Kaisar Naruhito merupakan kaisar ke-126 Kekaisaran Jepang, yang naik tahta pada tahun 2019 lalu.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Negara Mana yang “Ideal” Bagi Para Pekerja?

Seperti apakah bare minimum negara ideal untuk para pekerja?

Negara yang Berganti Nama, Alasannya karena Mirip Nama Burung?

Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut, seperti perayaan merdeka dari kolonialisme hingga koersi yang dilakukan pemimpin diktator.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X