5 Negara dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia

5 negara ini memiliki tingkat kesejahtraan manusia yang tinggi, negara maju, dan teknologi modern. Dibalik kehebatannya, negara tersebut memiliki pajak tinggi.

5 Negara dengan Pajak Penghasilan Tertinggi di Dunia Finlandia menjadi negara dengan pajak tertinggi di dunia | Dokument by Reuters

Pajak merupakan dana yang harus dikeluarkan oleh setiap orang kepada negara berdasarkan pendapatan, kekayaan, atau transaksi tertentu.

Tujuan dari pajak adalah untuk mendanai pengeluaran pemerintah untuk program kerja yang akan dilakukan seperti membuat layanan publik, membuat jembatan, membuat jalan, hingga membiayai program-program sosial.

Pajak dapat berupa pajak penjualan, pajak penghasilan, pajak properti, dan masih banyak lagi, yang dikumpulkan oleh pemerintah pusat atau daerah untuk kemajuan bersama suatu negara.

Penerapan pajak sendiri berbeda-beda tergantung kebijakan di setiap negara tersebut. Ada yang ringan tapi juga ada yang tinggi.

Berbicara mengenai pajak, ternyata ada 5 negara dengan pajak tertinggi di dunia. 

1. Finlandia

Finlandia merupakan negara yang terletak di wilayah Skandinavia Utara di Eropa. Finlandia dikenal dengan memiliki sistem yang sangat baik mulai dari sistem pendidikan, kesehatan, hingga kesejahtraan sosial yang tinggi.

Finlandia memiliki populasi yang relatif kecil tetapi memiliki ekonomi yang baik, didukung dengan teknologi modern, industri, hingga manufaktur.

Dibalik kehebatan negara ini, ternyata Finlandia menduduki peringkat pertama negara dengan pajak tertinggi di dunia. Pemerintah Finlandia menetapkan pajak kepada masyarakatnya sebesar 56,95%.

2. Denmark

Denmark merupakan negara yang terletak di Eropa Utara. Sama dengan Finlandia, Denmark dikenal dengan kesejahtraan sosial yang tinggi, pendidikan yang berkualitas, dan gaya hidup yang diperhatikan antara kerja dan waktu luang.

Denmark dikenal juga sebagai negara yang memiliki desain arsitektur modern dan siklus kehidupan yang berkelanjutan.

Kehebatan negara ini tidak lepas dari sistem pajak yang diterapkan oleh pemerintah. Denmark menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan pajak tertinggi di dunia yaitu sebesar 56%.

3. Jepang

Jepang merupakan negara yang terletak di Asia Timur. Negara ini dikenal dengan kecanggihan teknologi, inovasi, dan kehidupan serba modern.

Jepang sendiri kaya akan tradisi seni dan nilai-nilia sosial seperti ramah, kerja keras, disiplin, hingga rakyatnya yang taat dengan mengantri.

Kemajuan dan inovasi yang selalu dilakukan oleh negara ini, ternyata Jepang tidak lepas dari pajak negara. Jepang menduduki posisi ketiga sebagai negara dengan pajak tertinggi di dunia mencapai 55,97%

4. Austria

Austri merupakan negara yang terletak di Eropa Tengah. Austria memiliki keindahan alam seperti Pegunungan Alpen dan warisan budayanya yang kaya.

Vienna merupakan ibu kota dari negara Austria yang terkenal dengan seni, musik klasik, dan arsitektur baroknya yang megah. Austria memiliki tingkat ekonomi yang maju, terutama dalam sektor pariwisata, manufaktur, dan layanan. 

Kehebatan negara Austria tidak lepas dari kontribusi masyarakat yang bayar pajak. Negara Austria menempati posisi keempat sebagai negara dengan tingkat pajak tertinggi di dunia yaitu mencapai 55%.

5. Swedia

Negara terkahir terletak di Eropa Utara yaitu Swedia. Swedia sama dengan negara-negara maju lainnnya seperti sistem kesejahtraan sosial yang tinggi, pendidikan yang berkualitas, dan kesetaraan gender yang sangat diperhatikan.

Swedia memiliki ekonomi yang maju didukung dengan teknologi informasi, hingga energi terbarukan.

Kehebatan negara Swedia ternyata sama dengan negara-negara lainnya yaitu sistem bayar pajak kepada pemerintah. Swedia menempati peringkat kelima sebagai negara dengan pajak tertinggi di dunia mencapai 52,3%.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Mengapa Fresh Graduate Sulit Dapat Pekerjaan?

BPS merilis bahwa mayoritas dari populasi pengangguran terbuka terdiri dari kelompok usia 20-24 tahun, yaitu sebesar 2,39 juta orang. Apa alasan dibaliknya?

5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA di Urutan Pertama?

Bank Central Asia (BCA) mendapatkan penghargaan setelah menyandang predikat sebagai bank terkuat di dunia dengan Brand Strength Index mencapai 93,8.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X