5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia

Kekuatan militer merupakan hal wajib yang harus di miliki suatu negara untuk mempertahankan kemerdekaan suatu negara dari serangan eksternal maupun internal.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia Ilsutasi Pasukan Militer | Dokument by Boombastis

Kekuatan milliter merupakan bentuk pertahanan yang wajib dimiliki oleh setiap negara di dunia. Fungsi kekuatan militer sendiri yaitu untuk melindungi negara dari ancaman eksternal berupa agresi militer dari negara lain atau ancaman dari teroris, siber, dan lainnya.

Kekuatan militer ini sangat penting bagi setiap negara untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara dari ancaman internal dan eksternal. Hal ini mencakup melawan invasi negara asing, mempertahankan perbatasan, dan menghadapi pemberontakan yang akan merugikan negara.

Membicarakan kekuatan militer, ternyata ada lima negara yang menempati posisi teratas sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. 

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan negara dengan kekuatan militer terkuat berdasarkan data global fire power dengan PwrIndx mencapai 0.0699.

Kekuatan militer Amerika Serikat merupakan salah satu yang terbesar dan paling canggih di dunia. Dengan pasukan terlatih, peralatan modern, teknologi militer terbaru, membuat negara ini memiliki kemampuan proyeksi global yang luas.

Anggaran pertahanan Amerika juga sangat besar sehingga membuat negara ini terus menambah kekuatan militer berupa peralatan canggih seperti pesawat tempur, tank tempur dan masih banyak lagi.

2. Rusia

Di posisi kedua sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia yaitu Russia dengan PwrIndx mencapai 0.0702.

Kekuatan militer Rusia merupakan salah satu yang terbesar setelah Amerika Serikat. Memiliki pasukan terlatih dengan peralatan tempur modern seperti  pesawat tempur, kapal perang, dan rudal balistik membuat negara ini disegani oleh negara lain.

Rusia juga memiliki beberapa pengalaman dalam berperang seperti di perang dunia kedua, konflik di suriah dan Ukraina, membuat pengalaman tersebut memeberikan kesempatan bagi militer Rusia untuk menguji dan meningkatkan kemampuan tempur mereka.

3. China

Di posisi selanjutnya ada negara China dengan kekuatan militer terkuat di dunia dengan PwrIndx mencapai 0.0706.

China memiliki jumlah pasukan militer terbesar di dunia, dengan investasi besar dalam teknologi militer termasuk peswat tempur, kapal perang, dan senjata canggih lainnya.

Kekuatan militer China juga terbilang sangat pesat dalam perkembangannya karena memiliki anggaran pertahanan yang banyak untuk melakukan moderenisasi militernya.

Pertahanan wilayah, peningkatan militer, serta kemampuan cyber dan ruang angkasa, membuat negara ini menjadi faktor penting dalam geopolitik regional dan global.

4. India

Posisi keempat sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia yaitu India dengan PwrIndx mencapai 0.1023.

India memiliki jumlah populasi yang sangat banyak sehingga berpengaruh terhadap jumlah pasukan militer yang mereka miliki dalam pertahanan negara.

Menjalankan kerjasama dengan negara-negara lain membuat kekuatan militer India sangat pesat dalam perkembangannya. 

Negara ini juga mampu memproduksi sejumlah besar senjata dan peralatan militer seperti pesawat tempur, kapal perang, dan alat tempur canggih lainnya.

5. Korea Selatan

Korea Selatan menempati posisi kelima sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dengan PwrIndx mencapai 0.1416.

Kekuatan militer Korea Selatan merupakan salah satu yang terbesar dan paling canggih di Asia Timur. Pasukan militer terlatih serta peralatan militer yang mendukung seperti peswat tempur, kapal perang, dan rudal, membuat Korea Selatan masuk kedalam lima besar negara dengan pasukan militer terkuat di dunia.

Korsel juga memiliki hubungan militer dengan Amerika Serikat, termasuk adanya pasukan Amerika yang ditempati di negara itu.

Doktrin militer Korea Selatan bertujuan untuk menjaga stabilitas di Semenanjung Korea dan merespon ancaman dari Korea Utara.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar!

Dari kartu hingga jersey, apa saja memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah?

Indonesia Jadi Negara dengan Bahasa Daerah yang Paling Terancam Punah

Selain Indonesia, beberapa negara yang paling terancam rupanya adalah negara-negara maju.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X