5 Kota dengan Gaji UMK Tertinggi di Jawa Barat 2024

Kota Bekasi menjadi daerah dengan UMK tertinggi di Jawa Barat pada 2024 yang mencapai Rp5.343.430.

5 Kota dengan Gaji UMK Tertinggi di Jawa Barat 2024 Ilustrasi mata uang Indonesia | Bank Indonesia

Ketentuan upah minimum tahun 2024 mulai diberlakukan di Indonesia. Besaran upah minimum berbeda-beda, tergantung kota dan kabupatennya. Upah minimum tersebut merupakan suatu kewajiban yang harus di bayar oleh suatu perusahaan ke pada pegawainya.

Peraturan upah minimum ini di adakan untuk kesejahteraan para buruh dan mencegah perusahaan memberikan gaji tidak sesuai dengan pekerjaan yang diberikan.

Upah minimun atau yang sering disebut gaji UMK ini memiliki perbedaan di setiap kota atau kabupatennya. Perbedaan jumlah tersebut memiliki beberapa faktor, salah satunya menyesuaikan harga kebutuhan pokok di setiap daerahnya.

Jika membicarakan gaji UMK, maka ada 5 daerah dengan gaji tertinggi di Jawa Barat di tahun 2024. Berikut daftarnya.

1. Kota Bekasi

Kota bekasi merupakan bagian dari kawasan metropolitan Jakarta yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat dengan banyaknya pusat industri, perdagangan, dan jasa.

Bekasi merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia, sehingga menarik banyak perusahaan dan investor. 

Sebagai kawasan dekat dengan DKI Jakarta, ternyata Kota Bekasi merupakan Kota dengan gaji UMK tertinggi di Jawa Barat yaitu mencapai Rp5.343.430.

2. Kabupaten Karawang

Kabupaten Karawang memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat sehingga membawa dampak positif pada pembangunan infrastruktur dan layanan publik. 

Selain sektor industri, karawang juga memiliki potensi yang baik dalam bidang pertanian dengan lahan subur yang mendukung pertumbuhan berbagai jenis tanaman. UMK Kabupaten Karawang mencapai Rp5.257.834 membuat kabupaten ini menempati posisi kedua sebagai daerah dengan UMK tertinggi di Jawa Barat.

3. Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Sama dengan Kota bekasi, kabupaten ini memiliki industri yang cukup baik dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan sehingga banyak perusahaan tertarik untuk berinvestasi di kabupaten tersebut.

Kabupaten Bekasi sendiri menempati posisi ketiga sebagai daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia mencapai Rp5.219.263.

4. Kota Depok

Kota Depok dikenal sebagai salah satu pusat pendidikan, dengan jumlah perguruan tinggi dan sekolah yang berlokasi di sana. Depok juga memiliki sejumlah fasilitas yang sudah mencukupi mengenai kesehatan, pusat perbelanjaan, dan sarana rekreasi.

Kota Depok menempati posisi keempat sebagai daerah dengan UMK tertinggi di jawa Barat yaitu mencapai Rp4.878.612.

5. Kota Bogor

Kota Bogor memiliki keindahan alam dan udara yang sejuk, membuat daerah tersebut sering menjadi daerah wisata populer. Selain memiliki Kebun raya Bogor, Kota ini juga memiliki Istana Bogor yang dulunya merupakan istana kediaman resmi presiden.

Dengan berbagai destinasi wisata dan keindahan alamnya, Kota Bogor menempati posisi kelima sebagai daerah dengan UMk tertinggi di Jawa Barat yaitu mencapai Rp4.813.988.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Editor

Konten Terkait

Punya Kekayaan Fantastis, Hartono Bersaudara Jadi Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Hartono Bersaudara merupakan pemilik klub sepak bola Serie B Italia, Como, yang berhasil mencatatkan total kekayaan senilai 47,3 miliar Euro.

10 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia

Kasus korupsi tata niaga komoditas timah diproyeksi menjadi kasus korupsi dengan potensi kerugian negara terbesar sepanjang sejarah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X