5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA di Urutan Pertama?

Bank Central Asia (BCA) mendapatkan penghargaan setelah menyandang predikat sebagai bank terkuat di dunia dengan Brand Strength Index mencapai 93,8.

5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA di Urutan Pertama? Gedung Bank BCA | Dokument by BCA

Perbankan merupakan industri yang bergerak dalam menyediakan berbagai layanan kuangan kepada masyarakat dan perusahaan. Penerimaan simpanan, pemberian pinjaman, pengelolaan investasi, proses pembayaran merupakan bentuk layanan yang di berikan perusahaan perbankan.

Tujuan utama dari perbankan yaitu untuk memfasilitasi aliran uang dan modal dalam perekonomian, serta menyediakan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan keuangan kepada masyarakat dan industri.

Perbankan juga memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keuangan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Membicarakan perusahaan perbankan, baru-baru ini Bank Central Asia (BCA) mendapatkan sebuah penghargaan sebagai brand perbankan terkuat di dunia tahun 2024 menurut data Brand Finance Banking.

BCA mendapatkan nilai BSI sebesar 93,8 dari 100 dan mendapatkan rating brand AAA+ yang dikategorikan sempurna.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi Skor  BSI ini, mulai dari reputasi perusahaan perbankan dimata publik, pelayanan dari suatu bank tersebut terhadap nasabah, inovasi produk, keamanan dan perlindungan terhadap nasabah.

Berbicara brand perbankan terkuat di dunia tahun 2024, ada 5  brand perbankan terkuat di dunia dengan nilai Brand Strength Index teratas.

1. BCA

Bank Central Asia (BCA) merupakan bank terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1957. Awalnya bank ini didirikan sebagai bank swasta pertama di Indonesia dan seiring berjalannya waktu, BCA berkembang menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia.

BCA dikenal dengan inovasi dalam teknologi perbankan yang terus meningkat seperti pengembangan fitur-fitur baru dalam internet banking, mobile banking, serta teknologi canggih dalam transaksi perbankan.

BCA menempati posisi pertama sebagai brand bank terkuat di dunia tahun 2024 dengan nilai BSI 93,8. Hal tersebut merupakan suatu kebanggaan karena dapat mengalahkan brand-brand bank terkenal di dunia.

2. Equity Bank

Equity Bank didirikan pada tahun 1984 oleh James Mwangi di Nairobi, Kenya. Bank ini dimulai sebagai sebuah proyek dengan tujuan untuk memberikan layaanan perbankan kepada para petani kecil di Kenya yang sebelumnya tidak memiliki akses ke layanan keuangan formal.

Awalnya bank tersebut fokus kepada pemberian pinjaman mikro dan produk keuangan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan dan kaum miskin di kenya. 

Seiring berjalannya waktu bank tersebut berkembang menjadi salah satu bank terkemuka di Kenya dengan jaringan cabang yang luas dengan berbagai layanan keuangan yang komprehensif.

Equity Bank menempati posisi kedua sebagai brand bank terkuat di dunia tahun 2024 dengan nilai BSI 92,5.

3. Banca Transilvania

Banca Transilvania didirikan pada tahun 1993 di Cluj-Napoca, Rumania. Pendiri dari bank ini adalah para pengusaha dan profesional dengan visi untuk mendirikan sebuah bank yang dapat melayani perbankan masyarakat di wilayah Transilvania.

Seiring berjalannya waktu, Banca Transilvania menjadi salah satu bank terbesar di Rumania dengan jaringan cabang yang luas dan berbagai layanan keuangan komprehensif.

Banca Transilvania menempati posisi ketiga sebagai brand bank terkuat di dunia dengan nilai BSI mencapai 92,3.

4. First National Bank

First National bank (FNB) didirikan pada tahun 1838 di Grahamstown, Afrika Selatan oleh sekelompok pengusaha yang dipimpin oleh Grahamstown Thompson. 

FNB awalnya didirikan sebagai bank komersial pertama di Afrika Selatan dan menjadi bagian penting dalam sejarah perkembangan ekonomi di negara tersebut.

First National bank menempati posisi keempat sebagai brand bank terkuat di dunia dengan nilai BSI mencapai 92,3.

5. Kenya Commercial Bank

Kenya Commercial bank (KCB) didirikan pada tahun 1896 di Mombasa, Kenya. Awalnya dikenal sebagai Bank Nasional Afrika Timur dan bank swasta pertama yang didirikan di Kenya.

Sejak didirikan, KCB menjadi salah satu bank terbesar dan terkemuka di Kenya dan Afrika Timur dengan layanan keuangan kepada nasabah perorangan, bisnis, da korporat,

KCB juga memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi Kenya di inklusi keuangan di negara tersebut.

Kenya Commercial Bank menempati posisi kelima sebagai brand bank terkuat di dunia dengan nilai BSI mencapai 91,5.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Negara Tercuan di Kripto Tahun 2023, Indonesia Masuk?

Indonesia masuk ke dalam 5 negara tercuan dalam kripto di dunia mengalahkan negara-negara eropa lainnya.

6 Restoran Cepat Saji Favorit Saat Berbuka Puasa 2024, Tahun Ini Banyak Perubahan

Hokben nomor satu tahun ini. Jawara sebelumnya yaitu McDonald's terjun ke nomor empat, turun 17,19% dibanding 2023.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X