140 Ribuan Mahasiswa Baru Diterima Lewat Jalur SNBP 2023, Ini Statistiknya

Tim SNPMB mengumumkan, terdapat 143.805 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur ini

140 Ribuan Mahasiswa Baru Diterima Lewat Jalur SNBP 2023, Ini Statistiknya Universitas Indonesia merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia | ipang budiarto/Shutterstock

Selasa (28/3) lalu, tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan hasil seleksi nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur prestasi (SNBP). Tim SNPMB mengumumkan, terdapat 143.805 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur ini.

Pada tahun ini, seleksi masuk PTN dibagi melalui tiga jalur, antara lain Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan jalur mandiri yang masing-masing memiliki kuotanya tersendiri. Adapun SNBP sendiri memiliki kuota sebanyak minimal 20% dari daya tampung PTN masing-masing.

Seleksi SNBP 2023 didasarkan pada nilai akademik atau prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN. Seluruh biaya seleksi ini ditanggung oleh pemerintah. Sementara itu, SNBT merupakan seleksi yang dilakukan berdasarkan pelaksanaan tes menggunakan komputer (UTBK).

Pada konferensi pers Rabu (27/3), Tim SNPMB 2023 memaparkan bahwa terdapat 663.181 siswa yang mendaftar SNBP pada tahun ini. Angka tersebut naik sekitar 8,3% dari total pendaftar tahun lalu (masih bernama SNMPTN) yakni sebanyak 612.049 siswa.

Statistik penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP 2023 | GoodStats

Dari total pendaftar tersebut, sekitar 28,9%-nya merupakan pendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Angka ini naik dari jumlah pendaftar SNBP tahun lalu yang menggunakan KIP Kuliah sebanyak 24,7% dari total pendaftar.

Tak hanya jumlah pendaftar yang meningkat, angka keterlibatan PTN pada SNBP kali ini juga bertambah sebanyak 12 dari angka tahun lalu (125 PTN) menjadi 137 PTN. Seluruh PTN tersebut terdiri atas 76 PTN Akademik, 18 PTKIN, dan 43 PTN Vokasi.

Dari 660 ribu siswa terdaftar tersebut, jumlah siswa yang diterima hanya berjumlah 143.805 orang atau memiliki persentase ketetatan di angka 21,68%. Mayoritas pendaftar diterima di PTN pilihan pertama yakni 128.045 siswa, sementara hanya 15.760 siswa yang diterima di pilihan keduanya.

Pengumuman hasil SNBP 2023 sudah dapat diakses melalui laman pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau 38 laman mirror lainnya yang telah disediakan masing-masing PTN. Siswa hanya perlu mengisi nomor pendaftaran dan tanggal lahir untuk melihat hasil pengumuman.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Kalahkan Changi, Seokarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk Selama Arus Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan data dari OAG Aviation Worldwide, kapasitas kursi penerbangan Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3,34 juta selama angkutan Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X