10 Waralaba Restoran dengan Jaringan Terbesar di Dunia

Banyak kalangan menginvestasikan uang untuk bisnis waralaba karena dinilai sangat menjanjikan. Waralaba restoran mana saja yang memiliki jumlah gerai terbanyak?.

10 Waralaba Restoran dengan Jaringan Terbesar di Dunia Potret salah satu gerai waralaba restoran | AhBoon.Net/Shutterstock

Bisnis waralaba semakin marak saat ini. Banyak kalangan menginvestasikan uangnya untuk bisnis ini karena dinilai sangat menjanjikan. Cukup dengan mengeluarkan sejumlah dana, dan memenuhi persyaratan, seseorang sudah bisa memiliki toko waralaba dan meraup keuntungan.

Di dunia, bisnis ini pun sangat besar. Sebagai contoh, McDonalds. Siapa yang tak tahu restoran cepat saji yang unggul dari ayam goreng dan burgernya ini. Di Indonesia sendiri, restoran cepat saji ini sudah memiliki ratusan outlet yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bahkan di dunia, outlet McDonald's sudah mencapai puluhan ribu.

Mengutip dari situs All Top Everything, inilah daftar 10 waralaba restoran terbesar di seluruh dunia berdasarkan jumlah outlet yang dimiliki di seluruh dunia hingga tahun 2022.

10 waralaba restoran dengan jaringan terbesar di seluruh dunia | Fauziah Rizqi/GoodStats

1. McDonald’s

McDonald's dapat dilihat sebagai pemeran utama yang membentuk budaya makanan cepat saji di seluruh dunia. McDonald's pertama dibuka pada tahun 1940 oleh saudara Amerika Maurice dan Richard McDonald di San Bernardino, California, Amerika Serikat.

Pada tahun 1948, pengusaha Ray Kroc bergabung dengan perusahaan dan di bawah bimbingannya McDonald's berevolusi dari restoran hamburger lokal California menjadi waralaba besar restoran cepat saji global yang inovatif.

McDonald's akhirnya berkembang ke hampir setiap sudut dunia dan bahkan menjadi simbol globalisasi itu sendiri. Saat ini, McDonald's memiliki sekitar 38.700 waralaba di seluruh dunia. Perusahaan ini sekarang berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat. McDonald memimpin industri makanan cepat saji tidak hanya dengan jumlah lokasi, tetapi juga merupakan perusahaan makanan cepat saji terbesar berdasarkan pendapatan.

2. Subway

Subway adalah waralaba restoran cepat saji dengan makanan khas sandwichnya yang didirikan pada tahun 1965 di Bridgeport, Connecticut (AS) oleh sepasang teman Fred DeLuca dan Peter Buck.

Nama aslinya adalah "Pete's Super Submarines", tetapi diubah menjadi “Subway” pada tahun 1968. Subway dengan cepat berkembang di wilayah Amerika Utara. Sekarang, Subway memiliki sekitar 36.800 lokasi di seluruh dunia.

3. Starbucks

Didirikan pada tahun 1971, Starbucks kini menjadi merek waralaba makanan cepat saji dengan lokasi terbanyak ketiga di dunia. Starbucks tidak berfokus untuk menjual makanan cepat saji, melainkan minuman kopi.

Starbucks didirikan oleh Jerry Baldwin, Gordon Bowker, dan Zev Siegl, di Seattle, Amerika Serikat. Pada tahun 1987, ketiga pendiri tersebut menjual Starbucks kepada mantan CEO mereka Howard Schultz dan ia mulai memperluas jaringan Starbucks dengan agresif.

Starbucks turut merevolusi bisnis kopi dan budaya minuman. Saat ini, terdapat sekitar 33.800 cabang waralaba Starbucks di seluruh dunia.

4. KFC

Waralaba makanan cepat saji terbesar keempat di dunia juga termasuk merek restoran cepat saji tertua yang masih aktif di dunia. KFC adalah singkatan dari Kentucky Fried Chicken. KFC dibuka pada tahun 1930 oleh Harland Sanders di sebuah kota kecil bernama North Corbin, negara bagian Kentucky, Amerika Serikat.

Sanders adalah pensiunan tentara AS. Meskipun dia bukan seorang kolonel, "Kolonel Sanders" menjadi nama panggilannya yang membuatnya dikenal di seluruh dunia. Kini, KFC dimiliki oleh perusahaan makanan cepat saji Kentucky ‘Yum! Brands’ yang berkantor pusat di Louisville, Kentucky. Sekarang ada sekitar 24.100 lokasi KFC di seluruh dunia.

5. Pizza Hut

Pizza Hut adalah waralaba makanan cepat saji terbesar kelima berdasarkan jumlah lokasi. Restoran pizza ini pertama kali didirikan pada tahun 1958 oleh sepasang bersaudara Dan Darney dan Frank Darney di Wichita, Kansas, Amerika Serikat.

Saat ini, ada sekitar 18.700 tempat waralaba Pizza Hut di seluruh dunia, menjadikan Pizza Hut sebagai pembuat dan penjual pizza terbesar di dunia. Perusahaan waralaba pizza ini sekarang berbasis di Plano, Texas, Amerika Serikat. Sama seperti KFC, merek waralaba ini juga merupakan anak perusahaan dari ‘Yum! Brands’.

6. Burger King

Selanjutnya di urutan keenam adalah jaringan waralaba restoran cepat saji Burger King, restoran cepat saji yang menyajikan burger khas racikan mereka. Didirikan pertama kali tahun 1953 di Miami-Dade, Florida, AS, Burger King kini memiliki 17.800 lokasi restoran di seluruh dunia.

7. Domino’s

Domino’s menduduki urutan ketujuh dengan jumlah lokasi restoran waralabanya sebanyak 17.000 lokasi. Waralaba restoran pizza cepat saji itu pertama kali didirikan sejak tahun 1960 di Michigan, Amerika Serikat, oleh Russell Weiner.

8. Dunkin’ Donuts

Dunkin' Donuts adalah restoran waralaba makanan yang mengkhususkan diri menyajikan donat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1950 oleh William Rosenberg di Massachusetts, Amerika Serikat. Dunkin Donuts sekarang ini merupakan jaringan restoran donat terbesar di dunia, dengan sebanyak 12.900 lokasi restoran.

9. Hunt Brothers Pizza

Hunt Brothers Pizza adalah waralaba restoran pizza Amerika, yang didirikan pada tahun 1991 di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Lokasi restorannya umumnya berada di dalam minimarket di Amerika Serikat, dan hingga kini telah ada sekitar 8.000 lokasi restoran.

10. Baskin-Robbins

Baskin-Robbins menduduki urutan ke sepuluh, dengan total sebaran 7.700 lokasi restoran di seluruh dunia. Baskin-Robbins sendiri adalah waralaba restoran khusus es krim dan kue multinasional Amerika yang dimiliki oleh Inspire Brands. Berbasis di Canton, Massachusetts, Baskin-Robbins didirikan pada tahun 1945 oleh Burt Baskin dan Irv Robbins di Glendale, California, Amerika Serikat.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Indonesia Jadi Negara dengan Pengikut Influencer Medsos Terbanyak
Artikel Selanjutnya Gonjang-Ganjing Ekonomi Global, Bagaimana Perkembangan Inflasi di Indonesia?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook