10 Ritel dengan Nilai Konsumen Tertinggi di Indonesia 2021

Kesuksesan bisnis ritel tidak hanya ditentukan dari angka penjualan atau keuntungan. Nilai konsumen jadi salah satu bahan pertimbangan yang tak kalah penting.

10 Ritel dengan Nilai Konsumen Tertinggi di Indonesia 2021 Ilustrasi ritel | 1000 Words/Shutterstock

Kesuksesan bisnis utamanya bisnis ritel tidak hanya ditentukan dari angka penjualan maupun keuntungan yang diperoleh, melainkan dipengaruhi pula dari nilai konsumen. Nilai konsumen merujuk pada seberapa bernilai suatu produk atau tawaran jasa bagi seorang konsumen.

Nilai konsumen diperoleh melalui hasil selisih nilai konsumen total dan biaya konsumen total. Nilai konsumen total adalah sekumpulan manfaat yang diharapkan oleh konsumen dari produk atau jasa tertentu, sedangkan biaya konsumen total adalah sekumpulan biaya yang diharapkan oleh konsumen yang dikeluarkan untuk membeli produk dan jasa tertentu.

Tingginya nilai konsumen akan menciptakan loyalitas pada pelanggan. Hal ini kemudian menjadi dasar bagi konsumen untuk selalu kembali membeli produk atau jasa dari tempat yang sama serta enggan untuk beralih ke produk maupun perusahaan kompetitor lainnya.

Mengutip laporan Retail Rankings 2021 yang dirilis oleh YouGov, berikut merupakan daftar 10 ritel dengan nilai konsumen tertinggi di Indonesia pada tahun 2021.

10 ritel dengan nilai konsumen tertinggi di Indonesia tahun 2021 | GoodStats

1. Indomaret

Indoritel, Holding Entitas Indomaret, KFC, dan Sari Roti Milik Konglomerat  Anthony Salim Mampu Raup Pendapatan Rp488,89 Miliar di 2020
Gerai Indomaret | voi.id

Indomaret memuncaki klasemen ritel dengan nilai konsumen tertinggi di Indonesia pada tahun 2021. Perusahaan ritel milik Anthoni Salim tersebut meraih skor nilai konsumen sebesar 42,9 poin.

Indomaret juga menguasai pasar ritel tanah air dengan jumlah gerai terbanyak se-Indonesia. Presiden Direktur Indoritel Haliman Kustedjo mengungkapkan bahwa jumlah ritel Indomaret telah mencapai sekitar 20.200 gerai pada akhir semester I tahun 2022.

Lebih lanjut, Haliman mengungkapkan bahwa pihaknya bisa menambah jumlah gerai sebanyak 1.200 unit hingga akhir tahun 2022 mendatang.

2. Alfamart

Alfamart, Minimarket Indonesia - Belanja puas harga pas - Alfamart
Gerai Alfamart | alfamart.co.id

Bersaing secara ketat, Alfamart menduduki posisi ke-2 dengan raihan nilai konsumen sebesar 37,5 poin.

Perusahaan yang didirikan oleh Djoko Susanto ini memiliki 16.492 gerai di seluruh Indonesia pada tahun 2021, menduduki posisi kedua gerai ritel terbanyak setelah Indomaret.

3. Gramedia

Trans Studio Mall Bandung - Gramedia
Gerai Gramedia | bandung.transstudiomall.com

Posisi ke-3 diisi oleh Gramedia. Perusahaan ritel buku dan alat tulis ini berhasil meraih nilai konsumen sebesar 27,4 poin.

Dilansir dari Kompas.com, Gramedia sebagai anak perusahaan Kompas Gramedia mendominasi jaringan toko buku di Indonesia dengan total 121 toko buku yang tersebar di 52 kota.

4. Transmart Carrefour

Kenapa Chairul Tanjung Masih Pakai Nama Carrefour di Transmart?
Gerai Transmart Carrefour | tirto.id

Transmart Carrefour yang bergerak di sektor hypermarket, menduduki posisi ke-4 dengan skor nilai konsumen sebesar 23,5 poin.

Sejak tanggal 16 Januari 2013, kepemilikan saham PT Carrefour Indonesia sepenuhnya beralih ke tangan PT Trans Retail. Per tahun 2020, tercatat sebanyak 137 gerai Transmart Carrefour beroperasi di Indonesia.

5. ACE Hardware

Ace Hardware Mau Tutup Gerainya Lagi
Gerai ACE Hardware | money.kompas.com

Perusahaan ritel perkakas dan perabotan rumah tangga ACE Hardware menempati posisi ke-5 dengan skor nilai konsumen sebesar 20,1 poin.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1995 ini sekarang sudah memiliki 215 gerai yang tersebar di 50 kota seluruh Indonesia.

6. Hypermart

GoTo Masuk ke Hypermart, Begini Hasil Kolaborasi Keduanya
Gerai Hypermart | cnbcindonesia.com

Hypermart menduduki posisi ke-6 dengan total nilai konsumen sebesar 19,5 poin. Hypermart merupakan jaringan ritel di bawah naungan PT Matahari Putra Prima Tbk.

Berdiri sejak tahun 2004, Hypermart terhitung memiliki jumlah gerai mencapai 100 unit pada tahun 2021. Adapun Hypermart berfokus sebagai ritel modern yang menargetkan kelas menengah yang berkembang.

7. IKEA

Ini Rahasia Sukses IKEA Jadi Raja Furnitur di Dunia Halaman all - Kompas.com
Gerai IKEA | kompas.com

Posisi ke-7 diraih oleh ritel penyedia alat perabot rumah dan furnitur kantor asal Swedia yakni IKEA. Adapun IKEA meraih nilai konsumen sebesar 19,5 poin.

Gerai pertama IKEA di Indonesia dibuka pada 15 Oktober 2014 di Alam Sutera, Tangerang. IKEA telah membuka total 6 gerai yang beroperasi di Indonesia per April 2022.

8. Matahari

Berkah Lebaran untuk Matahari Department Store (LPPF)
Gerai Matahari Department Store | market.bisnis.com

Matahari Department Store menempati posisi ke-8 dengan raihan nilai konsumen sebesar 19,5 poin.

Didirikan sejak tahun 1958, hingga saat ini ada sekitar 148 gerai Matahari yang beroperasi di Indonesia pada tahun 2022.

9. Superindo

Katalog Promo Superindo Hari Minggu, Diskon Terakhir 28 Agustus 2022
Gerai Superindo | belanjaon.kontan.co.id

Sementara itu, posisi ke-9 diduduki oleh Superindo dengan total skor nilai konsumen sebesar 18,8 poin.

Supermarket yang telah berkembang sejak tahun 1997 ini kini memiliki 186 gerai yang beroperasi di Indonesia terhitung pada tahun 2021.

10. Alfamidi

Cara Jualan di Depan Alfamidi, Pahami Prosedur Sewa Teras Alfamidi Halaman  all - Kompas.com
Gerai Alfamidi | money.kompas.com

Menutup daftar klasemen, Alfamidi menduduki posisi ke-10 sebagai ritel dengan nilai konsumen tertinggi. Perusahaan yang masih satu manajemen dengan Alfamart ini berhasil mengumpulkan nilai konsumen sebesar 17,9 poin.

Di samping itu, Alfamidi memiliki 1.761 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia, menjadikannya berada di posisi ketiga perusahaan ritel dengan gerai terbanyak di Indonesia.

Keseluruhan peringkat ini diukur menggunakan YouGov Brand Index dengan menilai impresi, kualitas, nilai, kepuasan, dan rekomendasi dari responden. Hasil survei ini merepresentasikan populasi umum dewasa Indonesia berusia di atas 18 tahun.

Bisnis ritel yang menyajikan produk fast moving consumer goods (FMCG) mendominasi daftar klasemen. Jumlah penduduk Indonesia yang tinggi serta mayoritas berusia produktif menjadikan pertumbuhan ritel di bidang FMCG bertumbuh dengan pesat.

Tak dapat dipungkiri jika klasemen ritel dengan nilai konsumen tertinggi di Indonesia didominasi oleh kelompok pasar modern seperti minimarket, supermarket, dan hypermarket.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024

Berdasarkan hasil survei GoodStats pada Februari 2024, sebanyak 24% responden menempatkan Honda Supra sebagai motor bebek favoritnya.

18.000 Kasus Kanker Kulit Terjadi di Tanah Air, Berikut Daftar Tabir Surya Paling Favorit Indonesia

Kanker kulit menjadi ancaman masyarakat. Pemakaian tabir surya ampuh menjadi langkah preventif, berikut merek tabir surya penerima Top Brand Award 2023!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X