10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara 2022, 2 dari Indonesia

Lewat penghargaan Travel and Leisure Asia's Best Awards 2022, 2 pulau asal Indonesia berhasil dinobatkan sebagai pulau terbaik di kawasan Asia Tenggara.

10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara 2022, 2 dari Indonesia Pesisir pantai di Lombok, Indonesia | soft_light/Shutterstock

Situs Travel and Leisure baru-baru ini merilis penghargaan Asia’s Best Awards 2022: Best Islands in Southeast Asia pada 27 Juni 2022. Hasilnya, 2 pulau dari Indonesia berhasil masuk dalam daftar 10 pulau terbaik yang ada di Asia Tenggara pada tahun 2022.

10 pulau terbaik di Asia Tenggara tahun 2022 | Agaphier/GoodStats

Dalam penghargaan ini, Phuket dari Thailand berhasil menyabet peringkat pertama pulau terbaik di Asia Tenggara tahun 2022. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila Phuket menerima sambutan yang sangat baik dari para wisatawan pasca pandemi Covid-19. Kemudahan akses menuju pulau serta beragam hiburan unik yang melimpah mendorong Phuket untuk memenangkan kategori ini.

Sementara itu, masih dari Thailand, Koh Samui berhasil menempati posisi ke-2 kategori pulau terbaik di Asia Tenggara.

Posisi ke-3 berhasil diraih oleh Bali, Indonesia. Melansir dari situs Baliprov.go.id, membaiknya situasi pasca pandemi Covid-19 serta tingginya capaian vaksinasi booster telah menciptakan suasana yang nyaman, aman, dan kondusif bagi kunjungan wisatawan ke Bali. Hal ini mendorong peningkatan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Bali.

Per 15 Juni 2022 sudah ada 19 maskapai yang melayani penerbangan internasional ke Bali. Sementara itu ada total 351 pesawat dengan jumlah penumpang wisatawan mancanegara sebanyak 76.770 orang dengan rata-rata jumlah penumpang per hari sebanyak 5.905 orang. Adapun kedatangan wisatawan mancanegara pada Juni 2022 meningkat sebesar 41 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Di sisi lain, jumlah penerbangan domestik ke Bali hingga pertengahan Juni 2022 tercatat ada sebanyak 1.200 pesawat dengan total penumpang sebanyak 145.254 orang. Rata-rata kedatangan wisatawan domestik ke Bali yakni sebanyak 11.173 orang per hari.

Berikutnya, Phu Quoc di Vietnam meraih posisi ke-4 dan Langkawi di Malaysia berada di posisi ke-5.

Posisi ke-6 kembali diraih oleh pulau asal Indonesia yakni Lombok. Lombok sering digadang-gadang sebagai salah satu pulau tropis terbaik yang dimiliki Indonesia. Pemandangan Lombok menyuguhkan kekayaan alam yang menakjubkan seperti pantai, gunung, bukit, hingga air terjun.

Adapun secara berurutan di posisi ke-7 hingga ke-10 pulau terbaik di Asia Tenggara tahun 2022 diraih oleh Palawan di Filipina, Penang di Malaysia, Koh Phi Phi di Thailand, dan terakhir Con Dao di Vietnam.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Cina Jadi Negara dengan Perluasan Kawasan Reforestasi Hutan Terbesar di Dunia

Cina masuk dalam daftar pertumbuhan kawasan hutan terbesar, Indonesia justru masuk dalam daftar penurunan terbesar di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X